follow us

Kenali Karakteristik Pendidikan di Sekolah Berbasis Pesantren di Indonesia

Pilihan Pembaca

Kenali Karakteristik Pendidikan di Sekolah Berbasis Pesantren di Indonesia


Kenali Karakteristik Pendidikan di Sekolah Berbasis Pesantren di Indonesia - Indonesia dengan segala keaneka ragaman budaya, bahasa, agama dan ras menjadikan Indonesia salah satu negara demokrasi yang paling dilirik dunia karena harmonisasi budayanya dengan prinsip "Bhinneka Tunggal Ika" berbeda-beda namun satu jua.

Berbicara Sekolah berbasis Pesantren, turut mewarnai pendidikan di Tanah Air. Sejarah didirikannya Sekolah maupun Universitas yang melesat saat ini dimulai dari zaman KH. Ahmad Dahlan sebagai perintis Pendidikan Islam pertama di Indonesia. KH. Ahmad Dahlan merupakan pendiri Muhammadiyah yang merupakan pencetus dunia pendidikan pertama di tanah air. 

Seiring berjalannya waktu, makin menjamurlah Sekolah berbasis Pesantren yang manajemennya sangat berkualitas. Siswa/i di didik untuk bisa mengatur waktu sedemikian rupa agar bisa mengikuti kegiatan belajar dan mengaji. Keistimewaan Pendidikan berbasis Pesantren ini adalah menyatukan dualisme pendidikan agama dan umum. Siswa/i ditekankan mempelajari adab/akhlak yang paling utama, kecerdasan intelektual bisa mengikuti sambil belajar berperilaku sopan, baik, ramah dan hal-hal positif lainnya.

Semakin banyak Pesantren yang ada di Indonesia, masing-masing mempunyai keunggulannya. Berikut ini karakteristik Sekolah berbasis Pesantren di Indonesia.


1. Pesantren Salafi, biasanya Pesantren Salafi ini hanya menerapkan sistem mengaji, mengutamakan mengaji dan mengkaji kitab kuning, pelopor Pesantren Salafi adalah KH. Hasyim Asy'ari yang notabene sahabat KH. Ahmad Dahlan sendiri. Sejak abad 20, Pesantren Salafi mulai menerapkan Sekolah formal, banyak Pesantren-Pesantren keren yang melahirkan alumni-alumni keren dibidangnya masing-masing.

2. Pesantren Modern, berkembangnya dunia pendidikan dari masa ke masa, membuat Pesantren-pesantren modern mengikuti zaman dengan menerapkan sistem pendidikan mengaji, belajar, berkreasi dan berbisnis. Banyak sekali Pesantren Modern yang unggul di bidang Bahasa, Kewirausahaan, Pertanian/Perkebunan, dll. Manajemen setiap Pesantren Modern berbeda-beda. Justru karena keunggulan masing-masing inilah memberi warna yang baik bagi perkembangan Pesantren di Indonesia.

3. Pesantren Khusus Tahfidz, disini pelajar akan digembleng dengan hafalan Qur'an, Pesantren khusus tahfidz ini banyak sekali diminati orang tua maupun pelajar. Biasanya, Pesantren Tahfidz ini berada di lingkungan yang asri, sejuk dan tenang, karena sebagai penunjang untuk pelajar dalam menghafal Qur'an. Walaupun zaman sekarang, sistem wajib hafal Qur'an sudah banyak diterapkan di Pesantren Salafi & Modern, namun Pesantren khusus Tahfidz ini lebih mengutamakan menghafal Qur'an 30 Juz, bahkan disertai menghafal kitab-kitab lainnya.

Oh ya, kalau teman-teman ingin cari tau informasi Pesantren Salafi bisa cek di website ayomondok.com, kalau Pesantren Modern atau Pesantren Khusus Tahfidz Qur'an, teman-teman bisa langsung browsing di Google.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar