follow us

Fakta LUAR BIASA jurusan PGSD yang Tidak di Temukan di Jurusan Lain

Pilihan Pembaca

Fakta LUAR BIASA jurusan PGSD yang Tidak diTemukan di Jurusan Lain

Fakta LUAR BIASA jurusan PGSD yang Tidak diTemukan di Jurusan Lain - Jurusan PGSD - Kamu pasti pernah dengar jurusan PGSD kan? Kalau belum, ayo kita kenalan dengan jurusan yang satu ini. Jurusan yang di kata orang punya prospek bagus di masa depan.

Bagi yang kurang tahu pasti berfikir jurusan apa ini ? Dan kuliahnya ngapain aja. PGSD, merupakan singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bisa dibilang ini jurusan untuk lulusan-lulusan yang berminat ngajar anak SD, bisa masuk di Jurusan ini. PGSD dulunya tidak ada, karena sudah ada SPG alias Sekolah Pendidikan Guru. mulai tahun 90an. Jurusan PGSD mulai didirikan. Namun, masih dengan kuliah D2 alias diploma 2. Pada awal berdirinya jurusan ini memang hanya membuka 2 tahun perkuliahan sehingga masih D2. Nah, baru sekitar tahun 2007 atau 2008. Jurusan ini mulai diberlakukan standar S1 bagi setiap universitas yang ingin mendidirikan jurusan ini. Demi meningkatkan kualitas calon-calon guru SD di masa mendatang. yang dituntut untuk dapat mengajar dan mendidik anak-anak SD. Belangkangan ini, jurusan ini menjadi populer. Karena peminat jurusan ini semakin tahun semakin meningkat, terutama di universitas-universitas negeri. Baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN jurusan ini selalu menempatkan ribuan pendaftar dan hanya menerima sekitar 100-200 mahasiwa. Jadi jelas jurusan ini memiliki daya saing yang cukup ketat untuk dapat diterima di jurusan ini.Lantas, apa saja yang diajarkan di jurusan yang

Mengapa sekarang PGSD menjadi jurusan yang favorit bagi para calon mahasiswa? ada beberapa faktor memang. Salah satunya prospek kerja yang bagus di masa yang akan datang. Hal ini tidak dapat kita pungkiri lagi. Dengan banyak Sekolah Dasar yang ada di Indonesia pasti membutuhkan tenaga pendidik untuk mengajar di sekolah. Mereka membutuhkan guru-guru yang profesional sesuai dengan bidangnya. Saat ini masih ada SD yang tenaga pendidiknya bukan dari jurusan S1 PGSD. Jadi tentunya mereka membutuhkan lulusan yang memang sesuai dengan bidangnya. Namun, yang menjadi masalah memang ketika nanti lulusan PGSD menjadi tenaga pengajar di SD, tidak langsung di angkat menjadi PNS karena memang tidak setiap tahun pendaftaran CPNS dibuka. Jadi sebelum itu. Para lulusan masih sebagai guru honorer dengan gaji seadanya. ada yang satu bulan 50 ribu sampai 100 ribu. Jelas kurang dalam mencukupi kehidupan sehari-hari. Di banyak daerah hal tersebut masih terjadi. Akan tetapi, memang ada pemkot yang memberikan gaji kelayakan bagi para lulusan PGSD tetutama guru honorer. Salah satunya pemkot Surabaya yang memberlakukan gaji standar UMR untuk para guru honorer di Surabaya. Jadi, merupakan salah satu contoh pemkot yang baik dalam menghargai kinerja dari guru honorer.

Itu dulu yang perkenalannya dengan jurusan PGSD, minggu depan akan ada bahasan dan fakta menarik tentang jurusan PGSD yang jarang diketahui orang. Jadi tetap update terus ya!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar