follow us

Top 11 Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia ...

Pilihan Pembaca

Setiap orang menyadari bahwa Pendidikan adalah salah satu jalan untuk merubah nasib. Pendidikan  adalah salah satu jalan untuk menuju kesuksesan. Semakin banyaknya lembaga Pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah, maka tidak ada alasan untuk tidak belajar di lembaga Pendidikan maupun keagamaan. Pelopor didirikannya lembaga Pendidikan di Indonesia itu adalah Pesantren, Pesantren merupakan cikal bakal sistem Pendidikan berbasis agama. Maka menjamurlah Sekolah maupun Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia, Perguruan Tinggi Islam banyak sekali peminatnya, dikarenakan Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia banyak sekali santri-santri yang berkompeten yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 


Berikut ini beberapa rangking Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Indonesia yang harus kita ketahui:

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

uin jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Cemp. Putih, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Kampus Islam Negeri terbaik se-Indonesia ini mempunyai beberapa Fakultas diantaranya: Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Syariah & Hukum, Fakultas Adab & Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Psikologi, Fakultas Ilmu Kedokteran & Ilmu Kesehatan. Didekat Kampus ini pun terdapat banyak sekali Pondok Pesantren, diantaranya Ponpes Darus Sunnah, Ponpes Sabilussalam, Ponpes Al-Umm, Ponpes Darul Hikam, Ponpes Madinatul Qur'an, Ponpes Baitul Qura', dll. Banyak sekali Mahasiswa/Mahasiswi yang kuliah sambil mengemban ilmu agama di beberapa Ponpes tersebut.

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kampus ini terletak di Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Depok, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, di Kampus ini, ada Fakultas Adab & Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah & Komunikasi, Fakultas Syariah & Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran ISlam, Fakultas Sains & Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial & Humaniora, serta Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam.

3. UIN Sunan Ampel Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya

Kampus ini terletak di Jalan Ahmad Yani No, 117, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60237. Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya  Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

4. UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo Semarang

Kampus ini terletak di Jl. Walisongo No.3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50185. Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kampus ini terletak di Jalan Gajayana No.50, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144. Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Humaniora.

6. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Kampus ini terletak di Jl. A.H. Nasution No.105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614. Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Psikologi, Sains dan Teknologi, serta Fakultas Ilmu Sosial, Politik dan Ekonomi.

7. UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar

Kampus ini terletak di Jalan Sultan Alauddin No.63, Romangpolong, Somba Opu, Romangpolong, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92113, Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Filsafat, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

8. UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara

Kampus ini terletak di  Jalan Williem Iskandar Pasar V, Kenangan Baru, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Sumatera Utara, 20371, Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Fakultas Syariah, Dakwah dan Komunikasi, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Sains dan Teknologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

9. UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru

UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru

Kampus ini terletak di Jalan Raya Pekanbaru - Sungai Pagar, Rimba Panjang, Tambang, Kabupaten Kampar, Riau 28293, Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Pertanian dan Peternakan yang konsen pada kajian bidang peternakan dan pertanian. Selain itu, ada pula Fakulas Syariah dan Ilmu Hukum, Tabiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Psikologi, serta Ekonomi dan Ilmu Sosial.

10. UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Fatah Palembang

Kampus ini terletak di Jl. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri, Pahlawan, Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151, Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis Islam, Ilmu Sosial dan Politik, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

11. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Kampus ini terletak di JL. Ibnu Sina, No. 2, Darussalam, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, Kampus ini terdiri dari beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Ushuluddin dan Filsafat, Ekonomi dan Bisnis Islam, Psikologi, Sains dan Teknologi, serta Fakultas Sosial dan Ilmu Pemerintahan.


Itulah referensi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar