follow us

13+ Universitas Terbaik Indonesia tahun 2019 TERBARU!

Pilihan Pembaca

      
 10 Universitas Terbaik Indonesia tahun 2018 TERBARU!

10 Universitas Terbaik Indonesia tahun 2018 TERBARU! - Setiap siswa pasti menginginkan universitas yang terbaik buat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, memilih universitas yang berkualitas, dan punya potensi yang nyata di kedepannya. Nah, Kementrian riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) baru-baru ini kembali mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018 . Jadi, makin semangat dong yah? denger berita yang kita cari-cari selama ini.

Singkat cerita dulu saya juga seperti itu, sebelum masuk ke kelas 3 SMA saya suka cari berita PTN mana yang menjai incaran atau favorite siswa-siswi di Indonesia.Nah, pastinya juga setiap tahun itu pasti memiliki perbedaan. Dari tahun ke tahun  masing  masing universitas memiliki kualitasnya masing masing. Dilihat dari INDIKATOR PENILAIANNNYA, pada tahun 2018 ini, terdapat penambahan satu komponen utama penilaian yaitu kinerja inovasi . Oleh karena itu, komponen utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi Indonesia mencakup 5 (lima) komponen utama, yaitu :

1.Kualitas SDM, yang mencakup prosentase jumlah dosen yang berpendidikan S3, prosentase jumlah rector kepala dan guru besar, dan rasio Mahasiswa terhadap Dosen.

2.Kualitas kelembagaan, yang mencakup akredetasi institusi dan program studi, jumlah program studi terakredetasi internasional, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah kerja sama perguruan tinggi.

3.Kualitas kegitan kemahasiswaan, yang mencakup kinerja kemahasiswaan

4.Kualitas penelitian dan pengabdian pada Masyarakat, yang mencakup kinerja penelitian, kinerja pengrabdian pada masyarakat , dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus perjumlah dosen.

5.Kualitas inovasi, yang mencakup kinerja inovasi.

   Selanjutnya dilihat dari LIMA PENGELOMPOKKAN PERINGKAT, dari hasil analisis pada pangkalan data Pndidikan tinggi, diperoleh 5 (lima) klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisinya :

Klaster 1 berjumlah 14 perguruan tinggi
Klaster 2 berjumlah 72 perguruan tinggi
Klaster 3 berjumlah 299 perguruan tinggi
Klaster 4 berjumlah 1470 perguruan tinggi
Klaster 5 berjumlah 155 perguruan tinggi

Nah ini dia, Universitas terbaik Indonesia tahun 2018 menurut berdasarkan data laman resmi kemenristekdikti , perguruan tinggi nonvokasi yang masuk pada Klaster 1 terurut sesuai dengan skornya adalah sebagai berikut :

1.Universitas Teknologi Bandung (3,57)

2.Universitas Gadjah Mada (3,54)

3.Universitas Pertanian Bogor (3,41)

4.Universitas Indonesia (3,28)

5.Universitas Diponegoro (3,12)

6.Institut Teknologi Sepuluh November (3,10)

7.Universitas Airlangga (3,03)

8.Universitas hassanudin (2,99)

9.Universitas Padjajaran (2,95)

10.Universitas Andalas (2,88)

11.Universitas Negeri Yogyakarta (2,83)

12.Universitas Brawijaya (2,82)

13.Universitas Pendidikan Indonesia (2,70)

14.Universitas Negeri Malang (2,61)

Nah, itu dia 10 Universitas terbaik Indonesia tahun 2018 ! Buat kamu, yang bingung mau pilih jurusan apa nantinya, saran aku sih dari sekarang tentuin, karna apa? Nanti pas mau daftar kalian malah bingung mau dimana sangking banyaknya universitas yang ada di Indonesia.

Apalagi adik-adik yang mau ikut jalur SNMPTN, SBMPTN harusnya dari sekarang yah kalian tentuin! mau dijurusan apa, dan universitas apa, sesuai usaha dongyah, mau dapat universitas terbaik yang saya sebutin , pastinya usahanya mau dapetin itu pasti lebih ekstra dalam belajar.

Tetap semangat dan teruslah menggapai impian, walaupun orang sering bilang mimpi kita terlalu tinggi untuk dapetin ini itu. Memang ga mudah, tapi kalo dibarengi dengan usaha dan doa, insyaallah yakinlah pada Allah bahwa semua yang dikehendaki-Nya tak ada tak yang mungkin. Karena semua sudah diaturnya :)


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar