follow us

Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Pilihan Pembaca


Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Bagaimana Implementasi Teknologi dalam dunia pendidikan ?
Sudahkah terealisasi dengan cukup baik?


Pendidikan dari tahun ketahun tampaknya akan tetap menjadi pusat perhatian baik dari kalangan pemerintah maupun masyarakat sipil.
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang perlu di capai. Entah dari kalangan atas atau bawah maupun dari tua dan muda.

Pendidikan kini menjadi tolak ukur dari kesuksesan seseorang. Terutama masyarakat awam yang mepresepsikan bahwa pendidikan tinggi akan menjadikan seseorang memiliki masa depan yang cerah. Oke, mungkin pendapat itu bisa kita terima. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak sedikit masyarakat yang mengartikan dari aspek material, bahwa masa depan yang cerah adalah masa dimana seseorang memiliki uang yang banyak, harta yang banyak jabatan yang tinggi dan lain sebagainya. Perlu kita luruskan bahwa kata "cerah" disini adalah   suatu masa depan yang mampu mengalahkan kebodohan dunia yang masih menipu generasi hingga saat ini.
Buktinya apa? Banyak. Mungkin kita bisa mengambil contoh untuk penggunaan media yang dulu hingga  sekarang menjadi suatu kebutuhan yang bahkan sangat di butuhkan. Namun apa yang terjadi. Lihat!! karena teknologi yang disalahgunakan para generasi muda membuat kita sebagai orang tua merasa khawatir terhadap perilaku dan tingkah laku sang anak yang cenderung mengikut budaya luar. Bukan bermaksud untuk menyalahkan teknologi secara penuh. Tapi implementasi teknologi dalam pendidikan sudah tidak benar-benar di galakkan untuk sepenuhnya di realisasikan dalam pendidikan.
Seharusnya IPTEK yang popular saat ini harus menjadi wadah yang benar. Wadah dimana para pendidik mampu mengemban informasi-informasi yang ada diluar sana.
Dengan begitu, apa yang kita dapatkan dari teknologi mampu memberikan pengaruh positif yang lebih terhadap perkembangan otak anak. Mungkin sebagian dari anda sudah cukup awam mendengar kalimat ini.

 Berbicara mengenai teknologi dan pendidikan tentu kita berbicara Bagaimana peran penting suatu teknologi terhadap pendidikan masa kini.
 Perlu kita ketahui bahwa pendidikan zaman modernisasi pada saat ini mampu memberikan suatu dampak yang positif bagi para pengajar terutama para guru, yang merupakan suatu referensi yang berguna bagi sang anak.
 Mungkin kita bisa berkaca dari masa lalu di mana media yang digunakan untuk mencari ilmu yaitu seorang guru. Dimana guru di sini berperan penting dalam proses suatu pengajaran. Namun apabila kita lihat dari segi perkembangan zaman guru mungkin bukan salah satu media yang digunakan sebagai penyampai informasi.

 Salah satu peran penting teknologi dalam pendidikan yaitu pertama, penggunaan media belajar. penggunaan media belajar di sini masih memerankan seorang guru. Walaupun berbicara tentang teknologi, guru tidak bisa ditinggal dalam hal segi apapun. Karena guru lah yang mengenalkan kita pada peran dan fungsi dari suatu teknologi , nah kembali lagi dalam penggunaan media belajar. Dimana penggunaan media ini masih dilakukan oleh guru sebagai pengantar pelajaran yang akan di terapkan melalui alat bantu seperti LCD proyektor.

Selain itu peran teknologi yang kedua yaitu penggunaan internet sebagai suatu wawasan yang sangat luas  dalam dunia pendidikan.  Penggunaan internet merupakan salah satu dari sekian banyak media yang mampu memberikan suatu wawasan yang cukup luas yang dapat dijangkau para peserta didik tanpa harus mengunjungi suatu tempat yang akan diamati.
 Adanya salah satu teknologi ini mampu memberikan peserta didik mengetahui banyak informasi-informasi,baik yang ada di luar maupun di dalam Negeri.

 Namun perlu kita sadari dan kita telaah kembali bahwa penggunaan teknologi dalam pendidikan perlu direalisasikan secara penuh terhadap pemerintah. karena pendidikan yang berbasis teknologi di sini mampu memacu siswa untuk berkelakuan yang mungkin kita sendiri tidak mampu menjangkau pemikiran dari siswa tersebut.

 Kita perlu mengimplementasikan bahwa peran teknologi dalam pendidikan Harus benar-benar diperhatikan. Dengan begitu kita mampu memberikan suatu dampak yang positif bagi peserta didik yang akan datang.

Sekian dari artikel saya, semoga bermanfaat :)

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar