follow us

Kenapa Pelajar Indonesia Tertarik Belajar di Uludag University Turki ?

Pilihan Pembaca

Kenapa Pelajar Indonesia Tertarik Belajar di Uludag University Turki ?

Kenapa Pelajar Indonesia Tertarik Belajar di Uludag University Turki ? - Pesona Turki yang sarat akan budaya, pemerintahannya yang maju, pemimpinnya yang bijaksana dan religius, keindahan alam yang eksotis serta mempunyai 4 musim. Turki juga seringkali dijadikan destinasi pariwisata islam, wisata religi tambahan setelah umroh yang disebut Umroh  Plus Turki.

Berbicara tentang kuliah di Turki, Uludag University merupakan salah satu kampus hits di Turki. Lokasi Uludag University berada di Bursa. Bursa adalah kota yang marak akan industri, khususnya tekstil dan otomotif. Lembaga ini memiliki antara lain 14 Fakultas, dua Sekolah Tinggi, 15 Sekolah Vokasi, dan empat Institut.

Fakultas-fakultas itu meliputi Ilmu Kedokteran; Ekonomi dan Ilmu Administrasi; Teknik; Kedokteran Hewan; Pertanian; Ilmu Pendidikan; Teologi Islam; Seni dan Sains; Hukum; Seni Rupa; Arsitektur; Ilmu Olahraga; dan Administrasi Bisnis. Dua Sekolah Tinggi milik Uludag University yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa-bahasa Asing. Empat institut Uludag University mencakup: Institut Sains Alam; Ilmu Kesehatan; Ilmu Sosial; dan Ilmu Pendidikan. Selain itu ada 21 pusat riset terapan di Kampus ini.

Uludag University berasa di kawasan yang didominasi hutan sejuk dan indah di Bursa. Luas kompleks Uludag University mencakup 1.700 hektare. Kampus ini terdiri berbagai fasilitas seperti puluhan gedung perkuliahan, Perpustakaan, Rumah Sakit Universitas, dan asrama Mahasiswa berkapasitas 15 ribu orang. Ada juga Social Life Center yang dilengkapi sarana edukatif dan rekreasi, seperti Bioskop, Gedung Teater, Arena Bowling, Restoran, serta pusat perbelanjaan.

Menurut Wakil Rektor Uludag University, Prof Alper, Uludag University mrmiliki cukup banyak keunggulan dibandingkan Universitas – Universitas lainnya di Turki. Misalnya, dalam hal studi Teologi Islam, Uludag University merupakan yang terbaik di Turki. Prof Alper menjelaskan, Pemerintah Turki menyediakan beasiswa bagi Mahasiswa yang berminat belajar di Turki. Informasinya bisa diakses pada www.turkiyeburslari.gov.tr.

Kuliah di Uludag University cukup terjangkau bila dibandingkan dengan kampus-kampus dalam negeri Indonesia. Tidak ada uang pangkal untuk mengawali studi, mellainkan hanya membayar SPP (tuition fees) yang cukup terjangkau. Data lengkap uang kuliah di Uludag University dapat diakses pada http://kuliahditurki.com/wp-content/uploads/2017/01/biaya-kuliah-diturki.jpg)

Pendaftaran pun cukup mudah, karena WNI tidak usah pergi ke Turki karena tes bisa dilakukan di Jakarta. Hal ini merupakan hasil kerja sama antara Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki dengan Uludag University. Para peminat tidak diminta beberapa persyaratan semisal wawancara, nilai TOEFL/IELTS, dan esai. Mereka hanya perlu lolos ujian masuk agar bisa kuliah di Uludag University.

Kehidupan Mahasiswa di Bursa sangat nyaman dengan berbagai fasilitas, kabar baiknya, pihak Uluudag University menyediakan fasilitas yang menghemat living cost Mahasiswa. Disekitar Kampus, ada perdedsaan yang menyediakan kos dengan harga terjangkau. Bursa merupakan sebuah kota di Turki dengan fasilitas yang taerlengkp dan modern. Untuk sarana rekreasi murah meriah, misalnya di Utara Bursa ada Pantai Laut Marmara yang indah, sedangkan di selatan Bursa ada resor tempat bermain ski salju yang menyenangkan. Bursa dekat dengan Istanbul, namun biaya hidup di Bursa jauh lebih murah.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar