follow us

10 Jurusan Pertanian di PTN Indonesia Memiliki Prospek Masa Depan Cemerlang

Pilihan Pembaca

10 Jurusan Pertanian di PTN Indonesia Memiliki Prospek Masa Depan Cemerlang
     Hai sahabat shalaazz, masih ingat dengan tulisan saya tentang petani muda ?. Kemarin saya sudah bahas tentang keberanian menjadi petani muda, menghilangkan segala rasa takut dan malu. Kali ini saya akan membahas jurusan pertanian di sejumlah PTN ternama di Indonesia. PTN ternama bukan hanya mengunggulkan jurusan kedokteran saja. Pertanian menjadi salah satu jurusan yang bergengsi juga karena memasuki jurusan pertanian saat ini sangat ketat. Banyak sekali yang daftar, tapi hanya seperempat atau bahkan kurang dari itu yang diterima. Lalu, nikmat Tuhan mana yang bisa saya dustakan saat ini ?. Puji syukur pada Allah SWT yang telah memberikan saya kesempatan menjadi mahasiswi pertanian. Sungguh tidak malu, bahkan bangga karena akan mewujudkan cita-cita mulia sebagai pejuang pangan masa depan. Semua profesi butuh pangan, jadi jangan minder untuk masuk fakultas pertanian. 

     Berikut pilihan PTN yang memiliki fakultas pertanian ternama di Indonesia. Sudah tidak perlu diragukan lagi, karena berdirinya fakultas pertanian di kampus ternama ini sudah lama juga. Berarti masalah kemajuan riset, teknologi dan sumber daya manusianya sudah maju. Bahkan ada hal yang unik dari kampus saya, umur fakultas pertanian lebih tua daripada universitasnya. Penasaran ???.

Yuk, langsung simak aja di bawah ini:

1.  IPB


     Wah, ini kiblatnya kampus pertanian di Indonesia. Dari namanya saja sudah diketahui  IPB (Institut Pertanian Bogor) merupakan kampus pertanian yang tua di Indonesia terletak di Bogor Jawa Barat. Mulai dari S1-S3 tersedia lengkap dengan berbagai jurusan pertanian. Bagi kalian yang ingin belajar sunda dan menikmati panorama alam di puncak bogor, bisa jadi IPB adalah pilihan lanjut studi.

2. UGM


       Kampus yang selalu menjadi Top 3 PTN terbaik di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi. Jurusan pertaniannya juga sudah lama berdiri, dilengkapi dengan laboratorium yang memadai. Terletakbfi Yogyakarta yang penuh dengan wisata keraton, museum, candi dan lainnya. Bagi kalian yang ingin merasakan jadi anak patih, masuk UGM (Universitas Gajah Mada). Hehe

3. UNPAD


      Kembali lagi ke Jawa Barat yang terletak di Bandung. UNPAD (Universitas Padjajaran) memiliki lingkungan yang asri, cocok untuk belajar pertanian disini.

4. UB

        Sekarang menuju ke Jawa Timur, ada UB (Universitas Brawijaya) yang menjadi salah satu kebanggaan PTN di Malang. Bagi kalian yang suka udara sejuk dan dingin, bisa jadi UB jadi pilihan lanjut studi.

5. UI

       Kembali lagi ke Jawa Barat yang terletak di Depok. UI (Universitas Indonesia) selama ini banyak yang mengira tidak ada jurusan pertanian, padahal banyak yang tidak tahu kalau ada jurusan "Teknologi Bioproses". Meskipun pilihan jurusan pertaniannya tidak sebanyak kampus lain, namun tidak perlu diragukan lagi kualitasnya seperti UGM yang masuk Top 3 PTN terbaik di Indonesia.

6. UNS


          Lokasinya masih di Jawa, tepatnya di Solo. Ada UNS (Universitas Sebelas Maret) yang mempunyai jurusan pertanian juga. Jangan heran ya putri dari No 1 di Indonesia saja alumni dari almamater ini.

7. UNDIP


            Lokasinya di semarang yang terkenal dengan lumpia dan kuliner wisata lainnya. Fakultas Pertanian di UNDIP (Universitas Diponegoro) bergabung dengan Fakultas Peternakan, biasa disingkat FPP.  

8. UNSOED


   
    Nah, ini kampus kebanggaan saya. Selamat datang di tanah ngapak, tepatnya di Banyumas Purwokerto Jawa Tengah. Setahun sebelum berdirinya UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) sudah berdiri Fakultas Pertanian yang merupakan cabang dari UNDIP, namun sekarang sudah berdiri sendiri. Ada 6 jurusan: S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Ilmu Teknologi Pangan, S1 Teknik Pertanian, D3 Perencanaan Sumber Daya Lahan, D3 Agrobisnis. Selama 4 tahun saya tinggal di Purwokerto, terkenal biaya hidup disana murah dan terdapat banyak wisata alam yang membuat takjub.

9. UDAYANA


          PTN yang terdapat di Pulau Dewata (Bali). Kalau kuliah disini seperti pepatah "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui". Bonusnya adalah liburan di pantainya yang indah. Kota ini menjadi tempat wisata para turis. Jadi, membuka peluang kerja juga bagi mahasiswa yang berminat jadi Tour Guide.

10. USU


    Keluar dari Pulau Jawa ada USU (Universitas Sumatera Utara) yang mimiliki Fakultas Pertanian juga.

Lalu, apa saja prospek kerjanya ???.

Simak pembahasan di bawah ini.

1. Akademisi

   Kalau kamu lanjut S2 bisa menjadi peluang berkarir menggantikan posisi dosen di kampus almamater. Atau bisa jadi seorang peneliti di Laboratorium atau Balai Penelitian Tanaman. 

2. Praktisi

         Jika tidak suka di bidang akademik, kalian bisa langsung turun ke lapang. Misalnya kerja di pabrik makanan, PTPN Kelapa Sawit (menjadi mandor kebun, Manager Trainee dan bagian Marketing). Jangan takut capek, gaji praktisi juga menggiurkan loh. Lumayan untuk tabungan masa depan.

3. Enterpreneur

     Wanita yang memilih menjadi Ibu Rumah Tangga saja bisa menjadi pengusaha di bidang pertanian dari rumah. Misal, berbudidaya tanaman hidroponik dan menjual souvenir tanaman hias. Jadi, ilmu pertaniannya masih diterapkan.

4. Penyuluh

              Bagi yang punya hobi jalan-jalan dan suka bergaul dan berkomunikasi dengan petani bisa memilih profesi sebagai penyuluh pertanian.

5. Kerja di Pemerintahan

      Bisa kerja di BUMN atau bahkan menjadi Menteri atau staf di Kementerian Pertanian.

6. BANK

             Hampir semua jurusan bisa kerja di BANK, termasuk sarjana pertanian. Mungkin nanti kerjanya di bagian peminjaman modal koperasi kelompok petani.



Itu hanya sebagian yang dapat saya jelaskan. Semoga bisa membuka pandangan kalian tentang pertanian, terutaman calon mahasiswa yang masih galau dengan pilihan hidupnya. 

Semoga bermanfaat 😊



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar