follow us

Tujuan Pendidikan Adalah untuk Saling Mengasihi

Pilihan Pembaca

Tujuan Pendidikan Adalah untuk Saling Mengasihi

Tujuan Pendidikan Adalah untuk Saling Mengasihi- Sering kali, jika ditanya mengapa kita butuh untuk bersekolah setinggi mungkin, maka sangat beragam jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut seperti untuk mendapatkan pekerjaan, untuk mendapatkan pengakuan di lingkungan masyarakat, bahkan untuk mendapatkan jodoh yang sepantasnya. Apakah alasan tersebut salah? Jawabannya adalah tidak salah. Kita tidak perlu munafik untuk menyanggah jawaban - jawaban tersebut.

Penulis ingin mengajak pembaca untuk berpikir di sisi yang berbeda tentang tujuan pendidikan yaitu untuk saling mengasihi. Para guru dan orangtua terlalu sibuk menanamkan bahwa pendidikan  untuk mendapatkan masa depan lebih baik. Padahal tanpa menanamkan kasih, pendidikan itu sia-sia bahkan menjadi boomerang bagi semua manusia.

Penulis memberikan gambaran sebagaiberikut. 
Ketika seorang manusia telah menyelesaikan jenjang pendidikannya yang tidak ditanamkan untuk saling mengasihi sesama umat manusia, maka manusia itu akan bertumbuh menjadi seorang yang egois. Dunia pekerjaan sebagai ajang persaingan jabatan dengan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkannya sekalipun harus menyakiti sesama rekan kerjanya bahkan masyarakat. Korupsi, kolusi, dan nepotisme sangat marak terjadi sebagai ajang pemuasan nafsu belaka tanpa memperhatikan dampak pemerosotan kualitas negara. Negara menjadi budak untuk kepuasan nafsu pribadi setiap orang yang dapat kita rasakan saat ini yaitu banyaknya tuntutan kepada pemerintah untuk sempurna dalam memanjakan setiap masyarakat.

Sementara, ketika manusia diajarkan untuk saling mengasihi maka yang terjadi adalah manusia akan melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, negara, dan yang terpenting kepada Tuhan. Maka setiap manusia akan berusaha untuk berjuang memperbaiki kecerdasan intelektual, moral, karakter, dan spiritual untuk mempersembahkan yang terbaik dalam hidupnya. Tidak ada tuntutan pemuasan nafsu pribadi karena hal itu akan menjatuhkan harga diri manusia yang paham akan kasih. Sehingga, negara menjadi maju dan makmur.

Pendidikan yang bertujuan untuk saling mengasihi bisa ditanamkan dengan cara menyadarkan umat manusia sejak dini bahwa Tuhan terlebih dahulu mengasihi kita maka kita sepatutnya mengasihi sesama manusia untuk kemuliaan nama Tuhan. Ajarkan bagaimana pendidikan sebagai sarana untuk saling tolong – menolong sesama umat manusia tanpa pandang bulu, bersaing dengan kualitas hidup bukan dengan kuantitas manusia, mendukung secara objektif setiap manusia apapun jabatannya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat dan negara, dan filosofi tentang apa yang bisa kita perbuat untuk negara bukan apa yang bisa diperbuat negara untuk kita, masyarakat.

Hal-hal tersebut jika berhasil ditanamkan, niscaya akan menghasilkan sumber daya manusia yang maju dan negarapun menjadi maju dan sejahtera.


Harapan penulis semoga kita bersama-sama untuk menanamkan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengasihi sesama manusia tanpa pandang bulu untuk kebaikan kita bersama dan kemuliaan nama Tuhan.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar