follow us

Tips Menumbuhkan Gemar Baca dan Tulis pada Generasi Muda

Pilihan Pembaca

Tips Menumbuhkan Gemar Baca dan Tulis pada Generasi Muda

Tips Menumbuhkan Gemar Baca dan Tulis pada Generasi Muda - Ada pepatah mengatakan "Dengan menulis maka kita akan dikenal dunia, dan dengan membaca maka kita akan mengenal dunia". Ya, ini merupakan pepatah yang mempunyai makna sangat dalam. Dengan menulis maka akan dikenal dunia. Artinya bahwa semua orang akan mati, namun karyanyalah yang akan abadi. Dan dengan membaca maka akan mengenal dunia.

Artinya bahwa ketika kita membaca maka sama halnya kita telah membuka jendela dunia dan akan mengenal dunia kita. Namun, budaya gemar membaca dan menulis sepertinya semakin lama semakin menurun. Kita lihat saja fenomena yang terjadi saat ini, mulai dari anak kecil saja sekarang lebih asyik bermain game dengan gadget canggihnya daripada membaca buku. Akhirnya, kebiasaan yang terus diulang-ulang tersebut akan terbentuk dan tertanam dalam diri hingga dewasa. Karena Habits is Power. Kebiasan yang diulang-ulang adalah sebuah kekuatan.

Lalu, bagaimana caranya agar Budaya Membaca dan Menulis tetap dapat dilestarikan nantinya untuk mewujudkan generasi muda yang cerdas akalnya. Ya, ini beberapa tips untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan melestarikan budaya Membaca dan Menulis.

1. Melatih diri

    Dalam hal ini, melatih diri untuk menumbuhkan budaya gemar Membaca dan Menulis sangatlah perlu untuk dilakukan. Pada anak usia dini, melatih diri ini dengan tuntunan fan arahan dari orang tua. Baik orang tua di sekolah maupun di rumah. Pada anak usia dewasa, melatih diri ini diperankan oleh diri pribadi masing-masing. Dimana melatih sedikit demi sedikit untuk membiasakan membaca/menulis. Sehingga, waktu yang produktif tidak terbuang dan tergantikan dengan kebiasaan yang konsumtif.

2. Membiasakan diri

    Dalam hal ini membiasakan untuk membaca/menulis juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat membaca dan menulis. Habit is power. Suatu kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang maka akan menjadi suatu kekuatan. Maka, biasakanlah untuk berani memulai. Mulai dari sekarang dan saat ini juga. Untuk anak usia dini, membiasakan diri ini dimulai dari anak masuk sekolah yang dituntun oleh orang tua dan guru. Sedangkan untuk orang dewasa, membiasakan diri ini dilakukan oleh masing-masing pribadi.

3. Memaksa diri

    Memang cara ini terkesan seperti hal yang tragis hehehe. Tapi jangan salah, hal ini merupakan cara yang sangat ampuh. Karena memaksa diri sendiri untuk memulai, maka jika diulang-ulang akan membentuk suatu kebiasaan. Maka mulailah untuk memaksa diri untuk membaca/menulis.

Selamat mencoba kawan :-)
Selamat menulis, maka kelak kamu akan dikenal dunia..
Selamat membaca, maka kelak kamu akan mengenal dunia..

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar