follow us

Bingung Perbedaan IELTS dan TOEFL? Ini Penjelasannya LENGKAP

Pilihan Pembaca

Bingung Perbedaan IELTS dan TOEFL? Ini Penjelasannya LENGKAP
Perbedaan IELTS dan TOEFL


Bingung Perbedaan IELTS dan TOEFL? Ini Penjelasannya LENGKAP- Kamu mau kuliah ke luar negeri ?Bisa, tapi baca artikel ini dulu ya. Mungkin sebagian orang kuliah di luar negeri merupakan salah satu option yang paling interest  dan di gandrungi para pelajar khususnya. Namun semua butuh proses, salah satunya tes kemampuan bahasa inggris yang dikenal sebagai IELTS dan TOEFL. 

Tes IELTS dan TOEFL sangat berguna untuk melanjutkan studi Pascasarjana atau Master, baik dalam negeri ataupun universitas di luar negeri, persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya ialah tes kemampuan bahasa Inggris. Tes tersebut bisa berupa TOEFL atau IELTS. Hal ini bertujuan agar mahasiswa nantinya mampu berkomukasi dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Mungkin masih ada juga yang masih bingung, apa sih bedanya TOEFL dan IELTS? Nah, mari kita simak.
  1. TOEFL


    TOEFL merupakan salah satu tes ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan aksen Amerika. Ujian biasanya diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh di dunia. Biasanya tes TOEFL diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

    Semua jawaban pada tes TOEFL ini menggunakan Internet Based Test, untuk tesnya sekitar 4 jam yang terdiri dari 4 section, yakni reading section, speaking section, writing section dan listening section. Dari semua section memiliki total nilai 120.
  2. IELTS


    IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris dengan logat Inggris Britania atau logat British. Pada umumnya, IETLS digunakan pada universitas di negara Australia dan Selandia Baru. Adapun durasi tesnya sekitar 2 jam 45 menit.

    Berbeda dengan TOEFL, dalam tes IELTS semua jawaban ditulis tangan. Section nya sama seperti TOEFL yakni 4 section, yaitu, reading, writing, speaking dan listening. Serta pada akhir tes akan ada skala dari 0-9.
Jadi gimana temen-temen? udah tau bedanya kan? Jadi mau lanjut S2 dimana?

Semoga bermanfaat.


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar