follow us

Tilik Kesuksesan Pendidikan Zaman "Doeloe"

Pilihan Pembaca

Tilik Kesuksesan Pendidikan Zaman "Doeloe"


  TILIK PENDIDIKAN JAMAN "DOELOE" -Pendidikan jaman sekarang jika dibedakan dengan pendidikan pada jaman dahulu memang sudah sangat jauh berbeda.Mulai dari media pembelajaran,alat tulis yang digunakan, tempat yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan lain sebagainya.Jika kita lihat media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada waktu itu masih banyak menggunakan papan tulis dilengkapi kapur sebagai alat tulisnya.Tidak jarang juga beberapa siswa yang masih menggunakan batu tulis sebagai pengganti buku tulis.

  Dahulu, beberapa murid hanya memakai sandal atau bahkan bertelanjang kaki untuk pergi ke sekolah.Mereka pun biasanya hanya menggunakan satu buku sebagai buku catatan beragam materi pelajaran yang diwadahi dalam kantong plastik atau dimasukkan pada saku celana.Keadaan Sekolah mereka pada waktu itu masih sangat sederhana dengan penerangan seadanya dan fasilitas yang sangat terbatas.

  Bisa kita lihat contohnya ada dalam Film yang berjudul "Laskar Pelangi" yang disutradarai oleh Riri Riza yang sempat booming pada tahun 2009.Film ini menggambarkan tentang kesederhanaan pendidikan di sebuah daerah di Belitung yang pada saat itu fasilitas nya masih jauh di atas kata layak.Walaupun demikian, para murid tetap semangat dalam bersekolah guna mewujudkan impian mulia mereka.

  Hal ini jika dibandingkan dengan pendidikan jaman sekarang, tentunya jauh sangat berbeda.Bagaimana tidak ? siswa jaman sekarang sudah sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas modern baik dari sekolah maupun fasilitas pribadi.Berangkat sekolah jadi dimudahkan dengan adanya motor pribadi,mobil pribadi, ataupun kendaraan umum.Sesampainya di sekolah, mereka kembali di manjakan dengan Gedung Sekolah yang megah beserta fasilitas-fasilitas memadai di dalamnya seperti AC dan Komputer.Media pembelajaran lebih sering menggunakan LCD Proyektor sebagai pengganti dari white board.Terkadang, para siswa hanya tinggal menggunakan fasilitas berupa internet untuk mengunduh materi pembelajaran dan menyimpannya pada ponsel mereka masing-masing tanpa harus menulis ulang pada buku.

  Alangkah disayangkan karena generasi muda jaman sekarang tidak terlalu memikirkan tentang pentingnya pendidikan, sehingga mereka cenderung bosan jika berada di sekolah.Membolos saat jam pelajaran, tidak berangkat sekolah tanpa keterangan yang jelas,tawuran, membangkang kepada Guru sudah menjadi hal yang lazim terjadi di kalangan pelajar.

  Sebagai pelajar yang baik, sudah seharusnya kita banyak belajar dari kegigihan dan ketekunan para pelajar terdahulu yang sangat berjuang demi memperoleh ilmu pengetahuan dan pendidikan yang layak.Oleh karena itu mari kita manfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya agar kita menjadi generasi yang cerdas dan berprestasi.Karena Bangsa ini tergantung pada para Generasi muda nya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar