follow us

Fakta Menarik Cewek Elektro SMKN 3 Kendal

Pilihan Pembaca

Fakta Menarik Cewek Elektro SMAN 3 Kendal

Fakta Menarik Cewek Elektro SMKN 3 Kendal  -   Jika mendengar kata Elektro,hal yang pasti terbayang adalah alat-alat elektronik,Teknisi, lampu dan hal-hal lain yang berhubungan dengan listrik.Tapi sebenarnya apa itu Teknik Elektro? 

Pada dasarnya, Teknik Elektro adalah Ilmu Teknik yang mempelajari tentang dunia kelistrikan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Ahli di bidang Elektronika disebut dengan Electrical engineer.Ilmu Teknik Elektro sendiri dibagi menjadi dua:

1. Arus kuat : Ilmu yang mempelajari tentang tenaga listrik bertenaga tinggi.
2. Arus lemah : Ilmu yang mempelajari tentang tenaga listrik bertegangan rendah.

  Jika dikaitkan dengan jurusan di sekolah atau perguruan tinggi, maka Elektro adalah jurusan yang kebanyakan peminat nya adalah kaum laki-laki.Tapi siapa sangka perempuan juga bisa mahir Elektro.
  Di SMKN 3 Kendal, salah satu SMK jurusan teknik favorit di Kendal yang salah satu jurusan nya adalah Teknik Elektronika Industri, peminat nya bukan hanya dari kaum laki-laki, melainkan juga kaum perempuan.

  Hebat bukan ? walaupun siswa perempuan nya masih tergolong sedikit, tapi ini justru membuka kesempatan kerja yang cukup luas bagi mereka.
Serunya belajar Teknik Elektronika di SMKN 3 Kendal
  Dunia Elektronika sebenarnya sangat seru dan menarik,tidak serumit kelihatan nya jika kita bersungguh sungguh dalam mempelajari nya.Bagaimana tidak? hampir semua alat yang kita gunakan sehari-hari adalah berupa mesin atau robot yang tidak akan lepas dari kelistrikan.Tidak dapat dipungkiri,bahwa penggunaan mesin atau robot sebagai pengganti pekerjaan manusia terlihat lebih efektif dan efisien.Hal ini tentu akan jadi lebih menyenangkan jika kita bisa menciptakan mesin-mesin dan robot-robot itu sendiri tanpa harus membeli dengan harga yang mungkin 2x lebih mahal ketimbang membuat sendiri.

  Di SMKN 3 Kendal, siswa jurusan Teknik Elektronika Industri dituntut untuk bisa berkreasi dalam membuat sebuah alat elektronik.Mulai dari perencanaan sampai perancangan nya.Dan secara tidak langsung, siswa juga dituntut untuk bisa menghafal komponen-komponen Elektronika yang dibutuhkan.

  Seru bukan? 
 Apalagi jika praktek membuat  robot,maka kita bisa berkreasi sebebas mungkin dalam perancangan model robot nya.Kita bisa membuat robot berkaki, robot beroda, flying robot, underwater robot, robot Humanoid,dll.Kita bisa mengontrol nya secara manual menggunakan saklar atau remote control,bisa juga lewat program contohnya Arduino.

Bekal ilmu Elektronika ini sangat bermanfaat saat nanti lulus dari SMK.Bagi para penghobi Elektronika sekaligus berjiwa wirausaha maka tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan lampu-lampu LED untuk merancang nya menjadi lampu hias berbagai design lalu menjualnya.Untuk tingkata lebih tinggi,kita bisa merancang sebuah aplikasi sensor, aplikasi aktuator dan aplikasi PLC untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

Bagaimana ? masih menganggap belajar Teknik Elektronika itu sulit? yang ada belajar Teknik Elektronika itu sangat seru.Baik untuk laki-laki maupun perempuan,semua bisa jadi Teknisi.
  Sekian dan terima kasih.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar