follow us

Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak dengan metode BARU

Pilihan Pembaca

Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak dengan metode BARU

Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak dengan metode BARU - Membaca, kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Mengingat pada era ini budaya membaca telah menurun. Melalui semboyan "membaca membuka jendela dunia" kini diupayakan untuk menumbuh kembangkan daya minat membaca. Bukan hanya dari anak, namun juga dari berbagai kalangan tidak tua maupun muda. Untuk menumbuhkan minat membaca akan lebih mudah bila diawali dari lingkungan sekolah. Di sekolah dalam setiap kegiatan yang dilakukan pasti bersinambungan dengan membaca. Oleh sebab itu, berikut langkah-langkah menumbuhkan minat membaca anak diantaranya :

1.      Mengenalkan pada anak bahwa buku bukan sesuatu hal yang membosankan

Kesan pertama anak ketika mendengar kata buku adalah bosan. Anak memiliki anggapan bahwa buku adalah suatu hal membosankan, apalagi bila untuk membacanya. Sebelum diminta membaca anak pasti akan lari atau memberikan berbagai alasan agar tidak diminta untuk membaca. Oleh karena itu, kita kenalkan buku yang sesuai dengan usia mereka. Buku-buku yang memiliki kalimat pendek, menarik dan juga bergambar. Anak diminta untuk melihat terlebih dahulu isinya tanpa membaca. Karena dengan melihat akan timbul rasa penasaran untuk membacanya. Melalui hal kecil tersebut anak akan menghilangkan pemikiran bahwa buku bukan suatu hal yang membosankan.


2.      Mengajarkan pada anak bahwa buku adalah teman

Mendengar kata teman yang akan muncul dalam bayangan adalah orang. Namun bukan hanya orang yang bisa menjadi teman, tetapi buku juga termasuk teman. Denagn membawa buku kemanapun pergi sudah termasuk mejadikan buku sebagai teman. Buku dapat memberikan banyak wawasan yang dibutuhkan. Maka anak perlu tahu seberapa besar arti dari buku sebagai teman untuk mereka.

3.      Memberikan buku yang memiliki cerita menarik untuk anak

Salah satu ciri anak pada sekolah dasar utamanya pada kelas 1 dan 2 adalah mudah bosan dengan sesuatu hal yang sama atau monoton. Anak lebih suka dengan buku yang memiliki gambar yang menarik daripada dengan hanya yang berisikan barisan huruf. Oleh sebab itu diberikan buku cerita dan memiliki gambar yang menarik untuk menumbuhkan minat anak dalam membaca. Sebab ketika anak memiliki rasa senang akan suatu hal, anak akan terus melakukannya. Begitu pula terjadi pada membaca, bila anak telah menyukai buku tersebut maka secara tidak langsung anak akan suka membaca. Anak akan melalukak kegiatan tersebut tanpa adanya paksaan.

4.      Menanamkan rasa untuk selalu dekat dengan buku


Tanamkan bahwa buku adalah sahabat bagi siswa. Jadikan buku sebagai teman untuk berbagi. Berbagi ilmu, berbagi cerita dan berbagi dunia luar. Bawalah buku kemanapun dan dimanapun, dengan begitu mereka akan dekat dengan buku.

Beberapa langkah di atas diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca anak. Sebab membaca memiliki dampak yang luar biasa untuk untuk anak. Jangan pernah ada kata bosan untuk membaca, jangan ada kata menyerah untuk menuntun membuka jendela dunia orang lain, karena dunia tak kan melihat kita tanpa kita melihat dunia.

Itulah beberapa Cara Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak dengan metode BARU semoga bermanfaat.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar