follow us

5 Rahasia Manfaat Membaca Buku=Mengenal Dunia

Pilihan Pembaca

MEMBACA BUKU, MENGENAL DUNIA

5 Rahasia Manfaat Membaca Buku=Mengenal Dunia - Bagaimana hubungan kita dengan buku di era sekarang? Ketika gadged telah menyediakan segalanya. Kapan terakhir kali kita membaca buku? Atau mungkin kebiasaan membaca buku telah terganti dengan membaca facebook, twitter, instagram, dan media social lainnya. Padahal buku berperan penting untuk menambah wawasan.

Seperti kutipan yang sering kita dengar dan tak lagi asing ditelinga tentang

“buku adalah jendela dunia”

Kutipan itu tidak akan berarti dan hanya akan menguap percuma bila kita tidak membaca. Darimana jendelanya apabila buku sama sekali tidak dibaca. Tidak harus lama, cukup luangkan waktu 15 menit perhari sebagai asupan nutrisi ilmu dalam keseharian.

Banyak manfaat yang didapat saat membaca buku, antara lain:

1.      Menambah wawasan

Dengan membaca buku, sudah pasti wawasan kita bertambah. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula yang diketahui. Karena buku adalah sumber ilmu. Seperti mata air jernih dihulu sungai. Dengan membaca, kita telah membuka tirai jendela jendela selebar-lebarnya.

2.      Meningkatkan kecerdasan

Manfaat ini hubungannya erat sekali dengan yang pertama. Kecerdasan otak tidak. akan didapat bila tidak dilatih. Pisaupun bila dibiarkan begitu saja tanpa dipakai, tetap akan tumpul dan bahkan berkarat. Begitu pula dengan otak, yang dibiarkan tanpa dilatih. Dan membaca buku adalah latihan paling sederhana.

3.      Menambah kosakata

Buku terdiri dari kumpulan kata yang disusun semenarik mungkin yang menjadi magnet bagi pembaca-pembacanya. Bila kita banyak membaca buku, ucapan akan tertata rapi, terlihat berkharisma dan mengenal sopan santun. Bandingkan saja orang yang gemar membaca buku dan tidak, kita akan tahu perbedaannya dari caranya berkunikasi dengan lawannya. Orang yang gemar membaca buku, paham cara berkomunikasi yang baik dengan lawannya.

4.      Menghilangkan stress

Menurut penelitian membaca buku dapat membantu kita menyegarkan otak setelah lelah dengan aktvititas yang cukup menguras tenaga. Biasanya, buku-buku fiksi sangat membantu dalam hal ini. Karena buku fiksi, menggunakan bahasa bebas dan tidak baku dan tentu saja lebih menarik dengan buku-buku lainnya.

5.      Keterampilan menulis

Membaca karya yang diterbitkan, sangat berpengaruh pada seseorang. Selain membaca buku, kita juga bisa melatih diri sendiri untuk menulis. Sebagai sumber inspirasi dari tulisan-tulisan. Jangan dikira penulis-penulis yang telah menerbitkan karya-karyanya tidak membaca, justru penulis diuharuskan untuk membaca karya-karya orang lain pula. Sebagai inspirasi dan menjadi tolok ukur kemampuan kita dalam menulis.

Mulai saat ini jadikanlah buku sebagai kawan akrab. Jangan memusuhinya, karena dengan membaca kita bisa membuka jendela dunia selebar-lebarnya. Mari membaca buku:)

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar