follow us

Ternyata Begini Sistem Pendidikan Kuwait Saat ini

Pilihan Pembaca


Profil Negara Kuwait

​Profil  ekonomi Kuwait pada tahun 2017 cukup baik, ditengah-tengah situasi dan kondisi sebagian negara-negara Arab yang dilanda krisis, akibat pergolakan politik dalam negeri masing-masing, yang dikenal dengan istilah "Arab Spring", dan menurunnya harga minyak dunia, Kuwait dapat mempertahankan dan meningkatkan kondisi ekonominya. Menurut situs HowMuch.net, Kuwait berada di urutan keenam di antara 100 negara dalam mengekspor minyak yang menghasilkan US$ 30,7 Milyar pada tahun 2016 dengan market sharing 4,5 persen. Dengan tingkat produksi saat ini, cadangan minyak tersebut dapat bertahan hingga 90 tahun. Perekonomian Kuwait sangat bertumpu pada sektor minyak. Sektor minyak menyumbang sekitar 90% total penerimaan Pemerintah dan 95% total ekspor Kuwait. Kapasitas produksi minyak Kuwait saat ini berkisar 3 juta barrel per hari, namun Pemerintah Kuwait telah menargetkan untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga 4 juta barrel per hari pada tahun 2020. 

Selama 15 tahun berturut-turut, tingginya rata-rata harga minyak dunia di atas US$100 barrel telah menyebabkan Kuwait selalu mengalami surplus anggaran. Pada tahun fiskal 2013-2014, surplus anggaran Kuwait mencapai US$45 milyar. Pada tahun fiskal 2012-2013, surplus anggaran mencapai US$45,3 milyar, dan pada tahun fiskal 2011-2012 surplus anggaran mencapai US$47 milyar. 

Tahun fiskal Kuwait dimulai pada tanggal 1 April dan berakhir pada tanggal 31 Maret. Merosotnya harga minyak juga membuat Pemerintah Kuwait membahas kemungkinan langkah-langkah kebijakan yang lebih luas untuk mengurangi ketergantungan atas minyak antara lain mereview mekanisme penetapan harga barang dan jasa umum, mereview biaya yang diberlakukan oleh Pemerintah untuk jasa, menarik pajak keuntungan dari perusahaan nasional yang selama ini hanya berlaku untuk perusahaan asing, mempertimbangkan pemberlakuan sebagian bentuk pajak tidak langsung atas konsumsi barang-barang yang tidak primer serta memberlakukan tarif penggunaan sebagian ruas jalan utama. Gerak Kuwait ke arah diversifikasi ekonomi ditandai dengan pencanangan visi Emir Kuwait, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, untuk menjadikan Kuwait sebagai hub perdagangan dan keuangan dunia pada tahun 2025. 

Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam rencana pembangunan lima tahunan yang dimulai dengan Rencana Pembangunan 2010-2014 kemudian dilanjutkan dalam Rencana Pembangunan 2015/2016-2019/2020. Beberapa Proyek Utama Kuwait diantaranya: Proyek Produksi Bahan Bakar Lingkungan senilai US$ 16 Milyar; Kilang Zour Baru senilai US$ 4,2 Milyar; Al - Abdaliah Integrated Solar Station dengan Shared Cycle System senilai US$ 720 Juta; 

Pengembangan kedalaman Ladang Faris untuk Minyak Berat - Tahap I seniai US$ 4,2 Milyar; Perluasan Kompleks Al Shaqaya untuk Energi Terbarukan senilai US$ 643 juta; Proyek Zour 2030 senilai US$ 7 Milyar; Pusat Perakitan no. 32 di Ladang Burgan senilai 1,3 Milyar; Proyek Pembangkit Listrik Al-Sabia - Tahap III senilai US$ 208 Juta; Proyek konversi stasiun Zour Selatan - Tahap III senilai US$ 200 Juta; Proyek Energi surya Dabdaba untuk Sektor Minyak senilai US$ 1,2 Milyar.

Sistem Pendidikan di Negara Kuwait 

Pendidikan dasar 

Kuwait adalah negara Teluk Arab yang mana kuwait akan memberikan pendidikan gratis yang cukup luas untuk semua anak, terlepas dari jenis kelamin, kelas sosial, atau kebutuhan khusus. Program terdiri dari Taman kanak-kanak, sekolah dasar, menengah dan sekolah menengah, diikuti oleh pendidikan tinggi yang bebas juga. Mengikuti periode pra-sekolah orientasi, jenis kelamin terpisah pendidikan dasar dimulai pada usia 5, dan berlangsung selama 5 tahun.

Pendidikan menengah 

Jangka waktu 4 tahun sekolah menengah mengikuti selama waktu siswa beradaptasi di lingkungan yang satunya. Di sini mereka melanjutkan dengan kurikulum akademik yang tetap, selama tahap pendidikan wajib sekolah mereka.

Pendidikan menengah 

Di Kuwait, sekolah menengah yang sukarela tapi gratis berlangsung selama 3 tahun. Siswa terus mengikuti kurikulum sama meskipun, karena keputusan mereka akademik / teknis harus menunggu untuk tingkat tersier.

Pendidikan kejuruan 

Pelatihan kejuruan peluang tersedia sepanjang kehidupan dewasa seseorang di Kuwait, melalui persembahan oleh otoritas publik negara untuk diterapkan pendidikan dan pelatihan. Ini adalah kebijakan resmi bahwa semua warga negara mengambil manfaat dari kesempatan ini, tidak hanya untuk memenuhi tuntutan untuk tenaga kerja yang terampil, tetapi juga untuk aktualisasi diri mereka sendiri.

Pendidikan tersier 

Pendidikan Kuwait terdiri dari 4 lembaga pendidikan tinggi yang didanai negara di Kuwait, yaitu Kuwait University, perguruan tinggi pendidikan dasar, dan lembaga tinggi teater dan seni musik. Kuwait University didirikan pada tahun 1966 sebagai lembaga Ko-edukasi dan telah berkembang menjadi 12 Fakultas di kampus 5. Medical School menikmati reputasi baik, diakui secara internasional. Rencana baik di tangan untuk menyelesaikan kota universitas baru, ultra modern 2014.
















Sumber: Unesco, Scholaro.com. Kementrian Luar Negeri Kuwait

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar