follow us

Bagaimana Sistem Pendidikan di Nepal Saat Ini?

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan di nepal

Profil Singkat Nepal

Nepal adalah sebuah negara kecil dari 29 juta orang di seluruh dunia. Terhimpit di antara negara-negara mega Cina dan India, Nepal adalah rumah bagi delapan dari sepuluh pegunungan tertinggi di dunia, termasuk Gunung Everest. Daerah pegunungan negara berbatasan menyajikan tantangan luar biasa untuk pengembangan sosial ekonomi dan membuatnya sulit dan mahal untuk memperluas infrastruktur di Nepal. Pada tahun 2015, Nepal tetap salah satu negara berkembang di Asia dan peringkat 144th dari 188 negara di Indeks Pembangunan Manusia PBB. Menurut Bank Pembangunan Asia, sekitar 25 persen dari populasi yang ada di kurang dari USD $1 per hari di 2010/11.

Sistem Pendidikan di Nepal Saat Ini


Sistem Pendidikan di Nepal baru-baru ini telah meningkat dan terus berkembang. Dengan bantuan dari beberapa organisasi internasional, sistem pendidikan yang dibantu. Hal ini penting untuk kemajuan pendidikan dan pengembangan untuk mengurangi tingkat kelangkaan serta untuk mempromosikan perbaikan komunitas.

Karena kerusakan yang dikenakan pengelolaan administrasi sebelumnya dalam sistem pendidikan mereka, pemerintah Nepal mencoba untuk membatalkan dan membuat proposisi yang unggul untuk pendidikan untuk menjadi lebih baik.

Sebelum pendidikan modern dimulai di negara, sekolah telah dibatasi dan kelas hanya elit istimewa, sementara sisa orang-orang tinggal terutama buta huruf dan membisikan. Kemudian, ketika era baru diperkenalkan, pendidikan ditawarkan hanya untuk anak-anak kelas atas. Perempuan yang jarang menerima pendidikan.

Pendidikan dasar 

Sampai 2016, pendidikan dasar di Nepal berlangsung selama lima tahun – dari kelas 1 sampai kelas 5 (usia lima sampai sembilan). Namun, undang-undang pendidikan baru disahkan pada 2016 diperpanjang pendidikan dasar siklus dan mendirikan suatu sistem baru wajib belajar pendidikan dasar yang dimaksudkan untuk dapat diakses oleh setiap anak di Nepal gratis di sekolah umum.

Wajib belajar pendidikan dasar sekarang berlangsung delapan tahun (kelas 1-8). Selain itu, anak-anak memiliki opsi untuk mendaftar di umum 'dini pengembangan pusat' atau taman kanak-kanak pribadi sebelum memasuki sekolah dasar pada usia lima tahun. Akses ke pendidikan anak usia dini, bagaimanapun, tetap bermasalah di banyak negara dan tingkat partisipasi rendah.

Pendidikan menengah 

Sebelum hari reformasi, sistem sekolah menengah dibagi menjadi dua tahun lebih rendah pendidikan menengah (Grade 9 dan 10) dan dua tahun lebih tinggi pendidikan menengah (kelas 11 dan 12), dengan segmen kedua menyimpulkan dengan terpisah ujian nasional.

Di bawah sistem saat ini, kedua tahapan tersebut telah digabungkan ke dalam siklus bersatu 4 tahun pendidikan menengah. Lama sertifikat meninggalkan sekolah (SLC) ujian nasional yang diselenggarakan pada akhir kelas 10 sekarang akan diselenggarakan di tingkat regional dan telah diubah namanya menjadi "Sekunder pendidikan pemeriksaan" (Lihat). Secara nasional, akan ada hanya satu final Nasional sekolah ujian pada akhir kelas 12. Perubahan ini telah dalam pembuatan untuk beberapa waktu, tetapi akhirnya masuk ke dalam hukum pada tahun 2016 dan saat ini sedang dilaksanakan.

Teknis dan pendidikan kejuruan dan pelatihan (langkah) 

Ada berbagai program langkah formal dan informal ditawarkan dalam sistem pendidikan di Nepal. LANGKAH sangat penting untuk pengembangan sumber daya manusia di Nepal, terutama dalam kaitannya dengan negara menjulang "pemuda pengangguran bom waktu." Pemuda pengangguran meningkat dengan cepat, dan banyak pemuda Nepal memasuki pasar tenaga kerja tanpa keterampilan dipasarkan (atau keluar bermigrasi dari Nepal).

Oleh karena itu pemerintah secara aktif mempromosikan perluasan sektor langkah. CTEVT, otoritas peraturan untuk langkah, sekarang langsung beroperasi 31 sekolah teknis dan Politeknik dan telah terakreditasi ratusan penyedia langkah swasta afiliasi. Program yang ditawarkan dalam berbagai bidang, mulai dari teknologi laboratorium medis untuk pertanian, keperawatan, seni kuliner, teknologi otomotif, teknologi manajemen atau komputer hotel. Jenis yang paling umum dari program-program yang tersedia.

















SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar