follow us

Pendidikan Eropa Timur - Sistem Pendidikan Latvia yang Perlu di ketahui

Pilihan Pembaca

pendidikan di latvia


Sistem Pendidikan di Latvia


Sistem pendidikan di Latvia, seperti budayanya, paling baik dicirikan oleh keterbukaannya terhadap pengaruh dari luar. Peserta aktif dalam kolaborasi internasional seperti pendirian Area Pendidikan Tinggi Eropa, yang mendukung pertukaran staf dan siswa aktif di dalam dan luar Eropa. Sistem pendidikan di Latvia juga sangat terlibat dalam kerja sama multi-nasional di bidang pendidikan dan penelitian, dengan tujuan untuk lebih mengembangkan daya saing siswa di pasar kerja lokal dan internasional.

Sistem pendidikan Latvia terdiri .dari pendidikan pra-sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan umum di Latvia Total berlangsung 12 tahun yang terdiri dari 9-tahun wajib pendidikan dasar dan pendidikan menengah 3-tahun. Selain itu pra-sekolah pendidikan usia 5-6 wajib di Latvia. Tahap pendidikan dasar terdiri dari pendidikan dasar Umum (kelas 1-9) dan kejuruan dasar. Tahap pendidikan menengah terdiri dari pendidikan sekolah menengah umum, kejuruan pendidikan menengah dan kejuruan. Pendidikan tinggi terdiri dari kedua program studi akademik dan profesional.

Sistem pendidikan tinggi Latvia mengikuti proses Bologna, di mana ada tiga siklus studi, yaitu gelar Bachelor, Master dan PhD. Program Bachelor dapat diselesaikan dalam 3-4 tahun, Master dalam 1-2 tahun, dan Doktor dalam 3-4 tahun


Skema Sistem Pendidikan di Latvia 

sistem pendidikan di latvia
Sumber : http://www.aic.lv

Pendidikan Pra-Sekolah di Latvia (Preschhol Education)

Pendidikan prasekolah wajib di Latvia. Itu ditujukan fasilitasi anak pembangunan dan persiapan anak untuk sekolah dasar. Di Latvia, program-program pendidikan prasekolah yang disediakan oleh sekolah dan Taman kanak-kanak. Lembaga-lembaga pendidikan ini mungkin municipal dan Pribadi. Untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus pendidikan prasekolah disediakan khusus institusi pendidikan prasekolah. Anak-anak di Latvia memperoleh pendidikan prasekolah wajib pada usia 5 dan 6, meskipun seseorang dapat mulai menghadiri TK lebih awal-pada usia 1.6 tahun. 

Penyediaan municipal lembaga pendidikan prasekolah atau taman kanak-kanak adalah tanggung jawab kotamadya di mana Anda tinggal. Pendidikan gratis di lembaga-lembaga pendidikan ini, tetapi orangtua harus menutupi biaya katering (biaya katering adalah 1,3-2.1 EUR setiap hari). Untuk menghadiri Taman kanak-kanak atau lembaga pendidikan prasekolah lainnya yang Anda harus pergi ke Taman kanak-kanak yang disukai atau sekolah dan: 
 · Menyerahkan fotocopy akte kelahiran anak · mengirimkan pernyataan yang menyatakan tempat tinggal; 
· hadir paspor orang tua. 
Seorang anak mungkin juga elektronik terdaftar dalam antrian gratis di portal E-Riga (di Latvia) dimana salah satu juga dapat mengikuti bagaimana antrian kemajuan. Kadang-kadang anak diterima di TK municipal dua sampai tiga tahun setelah aplikasi oleh karena itu disarankan untuk meminta anak dengan Taman kanak-kanak segera setelah kelahiran anak.

Pendidikan Dasar dan Menengah di Latvia 

Pendidikan dasar wajib di Latvia, karena ini adalah salah satu persyaratan dalam mayoritas tawaran pekerjaan. Untuk mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah orang tua harus mengajukan permohonan dan hadir akte kelahiran anak atau dokumen yang berisi nomor pribadi anak dan sebuah dokumen yang menyatakan kepribadian dari orang tua (untuk guardian-keputusan yang menegaskan fakta pembentukan perwalian). Anak harus terdaftar di sekolah pada usia 5. Anak-anak di Latvia mulai menguasai program pendidikan dasar di usia 6 atau 7. Pendidikan dasar wajib di Latvia dan durasi daripadanya adalah 9 tahun. 

Program-program pendidikan dasar yang disediakan oleh municipal dan sekolah swasta. Pendidikan gratis di municipal sekolah. Biaya tahunan di sekolah dasar pribadi rata-rata adalah 1000-1200 EUR. Informasi sekolah pendidikan umum swasta di Latvia juga tersedia di sini (di Latvia). Ada dua jenis program-program pendidikan menengah di Latvia: program-program pendidikan sekunder sekunder dan profesional umum. Program-program pendidikan sekolah menengah umum berorientasi akademis dengan tugas utama mereka menjadi persiapan untuk studi lebih lanjut di sekolah-sekolah tinggi sementara program-program pendidikan menengah profesional lebih terfokus pada akuisisi profesional kualifikasi. Program-program pendidikan sekolah menengah umum dibagi dalam: · Pendidikan Umum daerah (sekolah menengah dan gimnasium), · sekolah menengah dengan fokus pada humaniora dan sosial area, matematika, ilmu pengetahuan alam dan teknologi. 

Program-program pendidikan menengah profesional (sekolah kejuruan dan sekolah-sekolah menengah kejuruan) memberikan fokus profesional mengenai, misalnya seni, musik, bisnis atau obat. Kurikulum pendidikan lanjutan masing-masing berisi 8 mata kuliah wajib dan opsional 3-6 subyek. Sekolah mungkin menawarkan studi yang mendalam tentang beberapa mata pelajaran opsional. Sekolah kejuruan tidak menyediakan pendidikan menengah yang lengkap, tapi mereka menawarkan akuisisi profesi tertentu. 




Kepala sekolah wajib menerima seorang mahasiswa yang telah belajar di luar negeri. Namun, kepala sekolah dapat meminta Anda untuk menyajikan sebuah dokumen yang menegaskan isi studi diakuisisi oleh anak Anda dan evaluasi prestasi anak Anda. Apabila diperlukan, sekolah dapat memeriksa anak pengetahuan untuk menentukan tahun di mana anak dapat diterima. 

Oleh perjanjian dengan orang tua anak sekolah dapat menentukan kegiatan tambahan harus diambil untuk memastikan kelanjutan sukses pendidikan anak di Latvia, misalnya, tutorial individu atau dukungan untuk belajar bahasa. Jika anak Anda mempunyai persyaratan khusus yang ia akan memiliki untuk mengunjungi negara Komisi pedagogis medis dan menghadiri, seperti yang disarankan oleh Komisi, lembaga pendidikan khusus yang disesuaikan untuk siswa dengan gerakan, mendengar, visual dan bahasa masalah.

Pendidikan Tinggi di Latvia 

Jenis program pendidikan tinggi di Latvia 

Pendidikan tinggi di Latvia membedakan antara pendidikan tinggi akademik dan profesional. Mayoritas institusi akademik Latvia menawarkan kedua gelar tersebut. 

  • Akademik - program dalam kategori ini berfokus pada peningkatan keterampilan riset seseorang, sekaligus memberikan latar belakang teoritis untuk karir mereka. Ini dibangun berdasarkan sains fundamental dan / atau terapan dan umumnya memerlukan tesis di akhir setiap tahap, yang mengarah ke gelar Bachelor atau Master. 
  • Profesional - program ini cenderung lebih kejuruan, dengan fokus pada penyediaan pengetahuan mendalam untuk mempersiapkan siswa di bidang-bidang seperti peningkatan sistem dan teknologi, serta pencarian penelitian dan pengajaran yang kreatif di bidang mereka. 

Institusi pendidikan tinggi Latvia menawarkan beragam kursus, dengan yang paling populer di bidang Perawatan Kesehatan, Teknik, Matematika, Ilmu Komputer, dan Bisnis dan Administrasi. Tahun Akademik Latvia Di sebagian besar institusi pendidikan tinggi, tahun akademik Latvia terdiri dari 40 minggu, dibagi menjadi dua semester, dengan semester pertama dimulai pada bulan September. SEMESTER MUSIM GUGUR: 

  • Kuliah: September - Desember 
  • Ujian: Desember atau Januari 
  • Istirahat liburan: Waktu natal 

SEMESTER MUSIM SEMI 

  • Kuliah: Februari sampai akhir Mei 
  • Ujian: Mei atau Juni 
  • Istirahat liburan: Juli sampai Agustus

Diploma : Pengakuan diploma dan akreditasi lembaga pendidikan tinggi 

Diploma yang diterima di Latvia diakui oleh negara atau oleh lembaga pendidikan tinggi. Hanya diakui negara Diploma internasional diterima, meskipun pasti pekerjaan seorang majikan pribadi mungkin menerima karyawan dengan ijazah yang diakui oleh lembaga pendidikan tinggi. Diploma diakui negara ini ditinjau hampir di mana-mana di luar negeri dan kesimpulan yang beralasan disediakan mengenai pengakuan dan keselarasan diploma, sementara itu mungkin diploma yang tidak diakui oleh negara yang tidak ditinjau sama sekali. Untuk memperoleh ijazah negara-diakui lembaga pendidikan tinggi dan cabang, dan program studi harus diakreditasi. Anda dapat menemukan informasi mengenai apakah program yang telah Anda pilih terakreditasi dan/atau berlisensi di pusat evaluasi kualitas pendidikan tinggi. 

Ijazah yang diakui oleh lembaga pendidikan tinggi yang diterima ketika perguruan tinggi terakreditasi sementara program studi hanya berlisensi. Perizinan adalah langkah pertama menuju akreditasi dan mungkin bahwa program akan terakreditasi selama studi Anda. Lisensi ini dengan izin yang diberikan oleh negara untuk menerima dan mengajar siswa, sementara akreditasi adalah jaminan kualitas studi berjudul mengeluarkan Diploma diakui negara negara. 

Jika lembaga pendidikan tinggi maupun program studi terakreditasi, diploma melanggar hukum. Anda dapat menemukan informasi tentang pengakuan akademik asing (termasuk Latvia) dokumen pendidikan di negara-negara lain di pusat informasi pengakuan diploma nasional dari negara tertentu cabangnya ENIC / NARIC. Untuk sebuah negara tanpa cabangnya ENIC NARIC informasi secara tradisional tersedia dari Departemen Pendidikan negara. Sebelum Anda meninggalkan Latvia, harap mengetahui di Departemen urusan luar negeri dari lembaga pendidikan Anda apakah hal ini diperlukan untuk sertifikasi keabsahan Anda ijazah di Latvia agar diploma diakui di negara Anda. Sertifikasi tersebut dapat diperoleh dari 

Departemen Konsuler Departemen luar negeri. Pengakuan kualifikasi profesional yang diperoleh di Latvia ini juga diperlukan jika profesi tertentu diatur di negara menerima (bahkan jika itu tidak diatur di Latvia). Daftar diatur profesi Uni Eropa dan berwenang yang relevan tersedia di database profesi diatur dari Komisi Eropa. Hal ini juga dianjurkan untuk menghubungi pusat informasi negara masing-masing.

Pendidikan Lanjutan di Latvia

Warga negara ketiga yang resmi terdaftar sebagai pengangguran di Latvia berhak untuk kelayakan, bahasa dan lainnya bebas dari biaya kursus diatur oleh negara Employment Agency. Anda berhak untuk menerima dukungan yang diberikan bahwa Anda: · telah memperoleh ijin tinggal permanen di Latvia; · adalah suami atau istri dari warga negara Latvia atau non-warga negara dan bahwa Anda memiliki tempat tinggal sementara izin untuk tinggal di Latvia; · telah memperoleh ijin tinggal residentof jangka panjang Uni Eropa atau Anda pasangan orang tersebut; 
· telah memperoleh ijin tinggal sementara terkait dengan kegiatan-kegiatan ilmiah di Latvia; 
· adalah pemegang kartu biru Uni Eropa (untuk tinggi-terampil profesional).















Sumber: 
http://www.integration.lv 
https://id.educations.com


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar