follow us

Sistem Pendidikan Israel Yang Harus Kamu Ketahui Asal- Usulnya

Pilihan Pembaca

Gambaran Umum Dan Sejarah Israel

Israel (bahasa Ibrani מדינת ישראל Medinat Yisra‘el, Arab دولة إسرائيل Dawlat Isrā'īl) adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain. 

sistem pendidikan di israel


Pendirian negara modern Israel berakar dari konsep Tanah Israel (Eretz Yisrael), sebuah konsep pusat Yudaisme sejak zaman kuno, yang juga merupakan pusat wilayah Kerajaan Yehuda kuno. Setelah Perang Dunia I, Liga Bangsa-Bangsa menyetujui dijadikannya Mandat Britania atas Palestina sebagai "negara orang Yahudi". Pada tahun 1947, PBB menyetujui Pembagian Palestina menjadi dua negara, yaitu satu negara Yahudi dan satu negara Arab. Pada 14 Mei 1948, Israel memproklamasikan kemerdekaannya dan ini segera diikuti oleh peperangan dengan negara-negara Arab di sekitarnya yang menolak rencana pembagian ini. Israel kemudian memenangkan perang ini dan mengukuhkan kemerdekaannya. 

Akibat perang ini pula, Israel berhasil memperluas batas wilayah negaranya melebihi batas wilayah yang ditentukan oleh Rencana Pembagian Palestina. Sejak saat itu, Israel terus menerus berseteru dengan negara-negara Arab tetangga, menyebabkan peperangan dan kekerasan yang berlanjut sampai saat ini. Sejak awal pembentukan Negara Israel, batas negara Israel beserta hak Israel untuk berdiri telah dipertentangkan oleh banyak pihak, terutama oleh negara Arab dan para pengungsi Palestina. Israel telah menandatangani perjanjian damai dengan Mesir dan Yordania, namun usaha perdamaian antara Palestina dan Israel sampai sekarang belum berhasil.

Sistem Pendidikan di Israel


Pendidikan di Israel mengacu pada sistem pendidikan yang komprehensif, Israel. Sistem pendidikan terdiri dari tiga tingkatan: pendidikan dasar (kelas 1-6, sekitar usia 6-12), sekolah menengah (7-9, nilai usia sekitar 12-15) dan sekolah tinggi (kelas 10-12, sekitar usia 15-18). Pendidikan wajib berlangsung dari TK sampai kelas 12.  tahun sekolah dimulai pada tanggal 1 September, berakhir untuk murid-murid SD pada 30 Juni, dan untuk sekolah menengah dan sekolah tinggi murid pada 20 Juni. Budaya Israel dilihat lebih tinggi pendidikan sebagai kunci untuk mobilitas yang lebih tinggi dan status sosial ekonomi dalam masyarakat Israel.  selama ribuan tahun abad pertengahan Eropa antisemitisme sering melarang orang-orang Yahudi memiliki tanah dan pertanian, yang terbatas pilihan karir mereka untuk membuat kehidupan yang layak.

Ini memaksa orang-orang Yahudi untuk menempatkan premi yang lebih tinggi pada pendidikan yang memungkinkan mereka untuk mencari pilihan alternatif karir yang melibatkan kewirausahaan dan kerah putih kegiatan profesional seperti pedagang perdagangan, ilmu, Kedokteran, hukum, akuntansi, dan moneylending sebagai profesi ini diperlukan tingkat melek verbal, matematika, dan ilmiah yang lebih tinggi. penekanan pendidikan dalam masyarakat Israel berakar modern setidaknya sejak diaspora Yahudi dari Renaissance dan pencerahan gerakan semua jalan ke akar Zionisme di tahun 1880-an. Komunitas Yahudi di Levant yang pertama memperkenalkan pendidikan wajib yang diselenggarakan komunitas, tidak kurang dari orang tuanya, telah bertanggung jawab untuk pendidikan generasi berikutnya. dengan penekanan kuat budaya kontemporer Yahudi, promosi beasiswa pembelajaran dan kecenderungan kuat untuk mempromosikan budidaya kegiatan intelektual serta bangsa tinggi Universitas pencapaian pendidikan tingkat mencontohkan bagaimana sangat Nilai-nilai masyarakat Israel pendidikan tinggi

Sistem pendidikan Israel memiliki program wajib belajar bagi anak-anak berumur antara tiga sampai dengan delapan belas tahun. Tahapan-tahapan sekolah dibagi menjadi tiga tahap: sekolah dasar (tingkat 1-6), sekolah menengah pertama (tingkat 7-9), dan sekolah menengah atas (tingkat 10-12). Tahapan sekolah berakhir dengan ujian akhir nasional yang disebut Bagrut. Pendidikan tinggi di Israel didesain sebagai pendidikan pasca skunder atau pendidikan tinggi. Beberapa program pasca-sekolah menengah non gelar sarjana diawasi oleh Departemen Pendidikan & Kebudayaan. Sedangkan Pendidikan Tinggi adalah di bawah pengawasan Dewan untuk Pendidikan Tinggi dengan tiga tipe institusi: (1) lembaga non-universitas menawarkan perkuliahan seperti bidang teknologi, seni, dan pelatihan mengajar, (2) perguruan tinggi regional, dan (3) universitas. Semua lulusan Perguruan tinggi Israel diakui setara oleh PT Amerika Serikat.

Tingkatan Pendidikan di Israel

1. Taman Kanak-Kanak 

Pendidikan di Israel mulai diwajibkan bagi anak berusia 5 tahun, namun banyak pula orangtua yang menyekolahkan anaknya ketika masih berusia 3 atau 4 tahun. Anak-anak yang sekolah di TK swasta dipungut biaya, sementara mereka yang bersekolah di sekolah umum digratiskan. Diperkirakan lebih dari 50% dari anak berusia 3 tahun dan 75% dari anak berusia 4 tahun telah memasuki TK. TK memberi kesempatan pada anak untuk belajar mengenal angka dan abjad Ibrani.

 2. Pendidikan Dasar 

Semua sekolah dasar menawarkan program 8 tahun (hingga sebelum 1969-an, ada yang mengatakan 1975). Pasca 1969, sekolah dasar kemudian menawarkan program 6 tahun, begitu pula untuk tingkatan yang lebih tinggi dari sekolah dasar, yakni 3 tahun untuk sekolah menengah dan 3 tahun untuk menengah atas. Terdapat pemisahan sekolah bagi anak Yahudi dan Arab. Kurikulum dasar di sekolah Yahudi dan Arab relatif sama. Membaca, menulis, aritmatika dan kegiatan terkait diajarkan dalam dua tahun/kelas pertama, dan setelah dua tahun awal ini kemudian ditambahkan geografi, sejarah, sains, bahasa asing, dan lain-lain. Bahasa asing di sekolah-sekolah Yahudi menggunakan bahasa Inggris atau Prancis. Pelatihan bahasa asing dimulai di kelas enam. Di sekolah Arab, semua siswa mulai belajar Ibrani di kelas tiga. Bahasa asing kedua seperti bahasa Inggris atau Perancis dapat ditambahkan di kelas enam. Studi agama dibutuhkan dalam semua jenis sekolah. Metode pengajaran ditentukan oleh kepala sekolah, guru, dan otoritas lokal, namun isi dari kurikulum keseluruhan secara ketat di bawah pengawasan Departemen Pendidikan. 

3. Pendidikan Khusus 


Sekolah khusus diperuntukkan bagi anak-anak cacat, orang-orang dengan ketidakmampuan belajar dan terdapat program khusus bagi anak-anak imigran dengan kebutuhan khusus. Ada juga sekolah dasar khusus untuk anak-anak yang lebih tua antara usia 14-17. Sekolah-sekolah tipe ini menonjolkan kepedulian Israel dengan menyerap para imigran dan menjembatani kesenjangan pendidikan orang-orang Yahudi Eropa dengan penduduk asli non-Eropa. 

4. Pendidikan Skunder/Lanjutan 

Pendidikan menengah di Israel didasarkan pada model Eropa, sebagian besar karena masuknya Eropa Timur setelah Perang Dunia II dan Inggris yang sebelumnya menduduki Palestina. Untuk tahun-tahun pendidikan menengah, siswa dikelompokkan ke dalam jalur akademik maupun jalur kejuruan. Tiga tahun terakhir (kelas sepuluh sampai dua belas) adalah tidak wajib atau bebas. Di sekolah-sekolah akademik, siswa mengambil materi umum dan kemudian mengkhususkan diri selama dua tahun terakhir mereka. Di sekolah kejuruan, siswa terlibat dalam studi-studi tentang teknik, maritim, rumah tangga atau bisnis. Isi kurikulum ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga, meskipun ada rentang yang lebih di sekolah menengah daripada di tingkat primer. 

5. Ujian Bagrut 

Ujian nasional kelulusan di Israel disebut dengan Ujian Bagrut, di mana kemudian menyebabkan keluarnya surat mandat bagi siswa kelas XII, yang menjadi syarat untuk masuk pendidikan tinggi. Kandidat yang lulus pada sejumlah ujian tertentu dan memenuhi syarat yang telah ditentukan akan diberikan sertifikat matrikulasi. Hampir semua lulusan sekolah akademik dan sekolah pertanian menggunakan ujian Bagrut, di mana bisa dibandingkan dengan ujian kematangan di Eropa. Normalnya, lulusan sekolah kejuruan tidak menggunakan ujian Bagrut, meskipun ada pengecualian. Sebagai catatan, bahwa setelah lulus pendidikan menengah, Pemerintah Israel juga menerapkan program wajib militer, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Wajib militer berlangsung 3 tahun bagi laki-laki dan dua tahun bagi perempuan. Namun, program wajib militer ini hanya berlaku bagi seluruh penduduk Yahudi dan Druz, sedangkan bagi penduduk muslim, Kristen dan Sirkasian bersifat pilihan. 

6. Pendidikan Tinggi 

Pendidikan tinggi di Israel didesain sebagai pendidikan pasca skunder atau pendidikan tinggi. Beberapa program pasca-sekolah menengah tidak mengarah pada gelar kesarjanaan dan diawasi oleh Departemen Pendidikan & Kebudayaan. Sedangkan Pendidikan Tinggi adalah di bawah pengawasan Dewan untuk Pendidikan Tinggi. Pendidikan tinggi ditawarkan oleh tiga tipe institusi: (1) lembaga non-universitas menawarkan perkuliahan seperti bidang teknologi, seni, dan pelatihan mengajar, (2) perguruan tinggi regional, dan (3) universitas. Pendidikan tinggi mendukung 12 tahun pendidikan dasar dan pendidikan lanjutan. Ada delapan universitas di Israel, semuanya merupakan lembaga otonom tetapi diakui oleh Dewan Pendidikan Tinggi. Universitas diatur oleh dewan pengatur mereka sendiri. Menteri dan Dewan tidak secara langsung terlibat dalam menjalankan institusi ini. Gelar di Israel tidak menjadi masalah khusus bagi petugas perizinan Amerika, karena penamaannya sama, dengan satu pengecualian: gelar profesional adalah gelar pertama di Israel, bukan gelar kedua, misalnya, LLB di Israel dan JD di Amerika Serikat. Derajat dasar pertama adalah B.A. dan B.Sc., diikuti oleh M.A., M.Sc. dan Ph.D. Kredensial/surat mandat dikeluarkan dalam bahasa Inggris oleh universitas-universitas Israel, terutama diperlukan jika siswa akan mendaftar ke universitas AS. Universitas di Israel memiliki pengalaman tinggi dalam memasok informasi seperti transkrip nilai untuk lembaga AS. Sebagaimana dengan kebanyakan universitas asing, transkrip biasanya diproses lebih cepat ketika lembaga AS, bukan mahasiswa, meminta mereka. 

7. Program Sarjana 

Penyelesaian Bagrut, pemeriksaan psikometrik dan kemungkinan wawancara pribadi diperlukan untuk pertimbangan penerimaan ke gelar sarjana. Gelar ini dirampungkan di universitas dan lembaga berwenang lainnya di bawah Dewan Pendidikan Tinggi. Gelar ini memberikan akses untuk belajar ke jenjang lanjutan. Kebanyakan gelar program sarjana diberikan setelah selesainya tiga hingga empat tahun kuliah. Program Sarjana untuk bidang seni dan sains sering didasarkan pada kurikulum tiga tahun, tapi program empat tahun juga ada di bidang ini. Program ini juga mencakup program-program gelar profesional dalam disiplin-disiplin ilmu seperti pertanian, hukum dan keperawatan. Gelar Sarjana merupakan pencapaian tingkat pendidikan yang sebanding dengan gelar sarjana di Amerika Serikat. Skala penilaian dapat dinyatakan dalam huruf, angka atau kata-kata, dan semua skala tiga disediakan dalam dokumentasi universitas. Yang paling umum adalah skala 0-100 dengan tanda lulus dari 50, 55 atau 60. 

8. Program Master 

Gelar Master memerlukan dua tahun waktu perkuliahan dan penelitian di luar gelar sarjana. Penerimaan mahasiswa baru untuk gelar master menyaratkan gelar sarjana, nilai rata-rata kelas 75-80 (dalam beberapa kasus), ujian masuk dan wawancara. Beberapa lembaga memiliki dua urutan/jalur di program master mereka. Jalur A menyaratkan kuliah dan tidak memberikan akses ke studi Ph.D. Jalur B menyaratkan kuliah dan tesis dan memungkinkan akses ke program doktor. Gelar Master di Israel merupakan pencapaian tingkat pendidikan yang sebanding dengan gelar master di Amerika Serikat. Gelar Master ditawarkan dalam kebanyakan bidang akademik. Gelar ini menyaratkan penyelesaian kuliah dan, dalam beberapa kasus juga mensyaratkan tesis. 

9. Program Doktor 

Program Doktor ini biasanya diperuntukkan bagi mereka yang telah mendapatkan gelar master, ditambah dua sampai tiga tahun studi postsecondary. Doktor di Israel merupakan pencapaian tingkat yang sebanding dengan gelar doktor yang diperoleh dalam pendidikan Amerika Serikat. Doktor adalah gelar penelitian yang diberikan untuk penelitian asli sebagaimana ditunjukkan dalam disertasi. 

10. Pelatihan Guru 

Pelatihan guru di Israel ini dicapai melalui program pelatihan guru pada kampus atau universitas yang memiliki fakultas pendidikan. Pelatihan di perguruan tinggi dilaksanakan selama dua atau tiga tahun program. Guru dengan orientasi TK atau pendidikan dasar harus menyelesaikan program dua tahun. Sedangkan guru dengan orientasi pendidikan menengah harus menyelesaikan tiga tahun program. Horahah Teudat adalah seorang guru yang berkualifikasi/bersertifikat terbaik yang setara dengan dua tahun belajar di universitas Amerika Serikat. Ia merupakan kualifikasi minimum untuk guru di pusat-pusat penitipan anak dan taman kanak-kanak. Teudat Horaha Bachir adalah seorang guru senior yang memenuhi syarat sertifikat/guru yang sebanding dengan ijazah hasil tiga tahun studi di universitas Amerika Serikat. Guru menengah bawah dapat menyelesaikan tiga tahun program dan memenuhi syarat untuk mengajar kelas TK hingga kelas sepuluh, atau mereka dapat mengambil program terpadu empat tahun di sekolah pelatihan guru, baik mendapatkan gelar sarjana dan diploma guru. Guru sekolah menengah atas harus mengambil kedua gelar sarjana di universitas dalam suatu bidang selain pendidikan dan guru diploma, yang dapat diselesaikan baik dalam satu tahun-program disertai dengan penghargaan dari gelar sarjana atau dari program terpadu empat tahun.
























Sumber:

http://handouts.aacrao.org/am08/finished/T1100a_T_Schumacher.pdf, http://dewipuspitasari18.blogspot.co.id
http://atoyisme.blogspot.co.id
https://en.wikipedia.org

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar