follow us

Bagaimana Sistem Pendidikan Negara Arab Saudi Saat Ini?

Pilihan Pembaca

Sistem Pendidikan negara Arab Saudi
Sistem Pendidikan negara Arab Saudi


Latar Belakan Pendidikan Arab

Arab Saudi mencakup sebagian besar Semenanjung Arab. Dari luas semenanjung Arab yang mencapai kurang lebih 3 juta kilometer persegi 2.200.000 kilometer persegi merupakan daerah Arab Saudi. Negara ini berbatasan dengan telik Persia, Qatar, dan Negara persatuan Emirat Arab di sebelah Timur dengan Negara Oman dan Yaman si Selatan laut merah dan Teluk Aqabah di sebelah Barat dan dengan Jordan, Iraq dan Quait disebelah Utara. Arab Saudi berpenduduk kurang lebih 32.28 Bilion Data menurut Word Bank pada tahun 2016 43% diantaranya berusia dibawah 15 tahun, dan 2,5% berusia di atas 65 tahun. 

Nama resmi negara ini adalah Kerajaan Saudi Arabia (The Kingdom of Saudi Arabia) yang berdiri pada tahun 1932. Awal lahirnya negara ini ketika Abdul-Azeez Ibn Abdur-Rahman al-Saud dan Sultan Najd dan pengikutnya menyatukan kedua bagian negaranya dibawah satu administrasi dan satu nama. Kata Saudi itu sendiri berasal dari nama rumah Saud yang berkuasa

Menurut munir Mursyi, pendidikan di negeri-negeri Arab sebelum Islam, dilaksanakan melalui peniruan dan cerita. Anak-anak kecil tumbuh dan berkembang dengan meniru dan mendengar hikayat orang-orang dewasa. Suatu kabilah dan keluarga mengajarkan nilai-nilai yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai kemasyarakatan yang berlaku dalam kabilahnya. Kaum Arab mengekpresikan dan membanggakan nilai-nilai kemasyarakatan dalam kabilahnya melalui syair-syiar

Sampai sekarang di bawah kerajaan Salman bin Abdul Aziz al-Saud, pendidikan di Arab Saudi masih menjadikan banyak minat untuk menuntut ilmu di sana. Apalaggi ilmu agama yang merupakan ilmu yang berkembang di Arab Saudi. Siswa internasional akan menemukan lingkungan yang ramah di Arab Saudi, dan pemerintah bahkan menyediakan program beasiswa khusus untuk mahasiswa non-Saudi. 

Arab Saudi adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk program master dalam studi Islam. Belajar di negara ini juga menyediakan pencelupan budaya dan bahasa Arab penuh bagi siswa tidak dari Timur Tengah atau non-penutur asli Arab. Selain studi Islam, lembaga Saudi modern yang menyediakan berbagai macam program gelar master dalam seni, ilmu pengetahuan, teknik, pertanian, kedokteran, pendidikan, ilmu komputer dan ilmu informasi. Banyak program gelar master yang diajarkan dalam bahasa Inggris, terutama di bidang teknis seperti teknik

Sistem Pendidikan Arab Saudi

Walapun badan yang mengelola pendidikan di Arab Saudi beragam dan independen antara yang satu dengan yang lainnya, namun rencana dasar program-program pendidikan hamper sama. Sekolah dasar terdiri dari 6 tahun yang dimulai setelah anak berusia 6 tahun. Sesudah itu sekolah menengah pertama selama 3 tahun, diikuti 3 tahun sekolah menengah tingkat atas. Siswa yang melanjutkan pendidikannya ke tingkat pendidikan tinggi memerlukan rata-rata 4 tahun untuk mendapatkan sarjana muda dalam bidang ilmu-ilmu sosial atau seni, atau rata-rata 5 tahun untuk sarjana muda bidang ilmu-ilmu eksakta


1. Pendidikan Dasar

Pada Pendidikan Dasar anak-anak mulai masuk sekolah pada usia 6 – 12 Tahun Kurikulum atau mata pelajaran yang ada di pendidikan dasar adalah sebagai berikut: Bahasa Arab, Pendidikan seni, Geografi, Sejarah, Ekonomi rumah (untuk anak perempuan ), Matematika, Pendidikan Jasmani (untuk anak laki-laki), Studi islam dan Sain. Sertifikat: shahadat Al Madaaris Al Ibtidaa’iyyah (Umum Elementary School Certificate).

2. Pendidikan Menengah

Pada Pendidikan Menengah anak-anak mulai masuk sekolah pada usia 12 – 14 tahun. Kurikulum yang ada di pendidikan menengah adalah sebagai berikut: Bahasa Arab, Pendidikan seni, Geografi, Sejarah, Ekonomi rumah (untuk anak perempuan), Matematika, Pendidikan Jasmani (untuk anak laki-laki), Studi Islam dan Sain dan bahasa, Tambahannya adalah bahasa Inggris. Sertifikat: shahadat Al-Kafa’at Al-Mutawassita (Intermediate School Certificate).

Pendidikan Lanjutan (Secondary Education), terdiri dari:

  •  Pendidikan Lanjutan Umum 

Durasi: 3 tahun (umur 15 – 18 tahun). Pelajaran wajib: selama tahun pertama mendapat pelajaran umum yang sama, 2 tahun terakhir dibagi menjadi sains dan sosial (literacy). Siswa yang mempunyai grade 60% atau lebih boleh memilih keduanya, sedangkan yang kurang 60% harus memilih sosial. Pelajaran umum: Bahasa arab, biologi, kimia, bahasa inggris, geografi, sejarah, ekonomi rumah tangga (khusus perempuan), matematika, pendidikan fisika (khusus laki-laki), dan pendidikan agama.


  • Pendidikan Lanjutan Agama 


Durasi: 3 tahun (umur 15 – 18 tahun). Bahasa arab dan literature, bahasa Inggris, kebudayaan umum, geografi, sejarah, dan pendidikan agama.

  • Pendidikan Lanjutan Teknik 

Ada tiga tipe pendidikan lanjutan teknik yaitu teknikal, komersial, dan agrikultural. Durasi: 3 tahun (umur 15 – 18 tahun). Kurikulim 3 tipe lanjutan teknik yaitu: 
1) Teknikal: gambar arsitektur, otomotif, elektrikal, mekanika mesin, mekanika metal, radio dan televisi. Dengan pelajaran tambahan bahasa Arab, kimia, bahasa Inggris, matematika, pendidikan fisika, fisika, dan pendidikan agama. 
2) Komersial : bahasa Arab, akuntansi dan pembukuan, korespondensi komersial, ekonomi, bahasa Inggris, matematika ekonomi, matematika umum, geografi, manajemen dan kesekretariatan, dan pendidikan agama. 
3) Agrikultural: ekonomi agrikultur, agronomi, perkembangbiakan hewan, biologi terapan, kimia terapan, matematika terapan, fisika terapan, bahasa Arab, bahasa Inggris, manajemen pertanian dan lahan, holtikultura, pendidikan agama, pemasaran, dan nutrisi pangan.


Pendidikan Tinggi (Higher Education) 

Pendidikan tinggi atau universitas di Arab Saudi terbagi menjadi dua bagian utama yakni Pendidikan Agama dan Pendidikan Umum. Namun demikian, sekarang sudah sangat banyak universitas yang menggabungkan keduanya. Jenis perguruan tinggi di Arab Saudi adalah universitas, institut untuk perempuan (college for women), institut administrasi publik (institute of public administration) dan institut keguruan (teacher training college). Semua universitas berada di bawah supervisi Kementerian Pendidikan Tinggi (Ministry of Higher Education) kecuali Universitas Islam Madinah (Islamic University of Medinah), Universitas terbaik di Arab Saudi untuk pendidikan agama Islam, yang berada di bawah supervisi dewan menteri (Council of Ministers). Untuk memasuki perguruan tinggi di Arab Saudi, calon mahasiswa harus memenuhi tes masuk perguruan tinggi (General Secondary Education Certificate Examination) atau Tawjihi. Untuk pendidikan tinggi universitas, tingkatannya sama seperti universitas pada umumnya, yaitu: Strata 1 (Bachelor), Strata 2 (Master), dan Strata 3 (Doctor). 

Untuk S1, waktu yang dibutuhkan adalah 4 tahun (minimal), tetapi untuk teknik, medis, dan farmasi dibutuhkan minimal 5 tahun untuk menyelesaikannya. 

Untuk S2 (Master) dibutuhkan minimal 2 tahun untuk menyelesaikannya dengan syarat harus sudah menyelesaikan S1. Ada dua jalur untuk S2, dengan tesis (by thesis) atau dengan kuliah (by course). Apabila kita mengambil jalur tesis, maka setelah menyelesaikan mata kuliah yang sudah ditentukan, kita harus menyelesaikan tesis kurang lebih selama satu tahun (2 semester), sedangkan untuk jalur kuliah, kita hanya perlu menyelesaikan seluruh mata kuliah yang telah ditentukan, namun dengan jumlah mata kuliah yang lebih banyak. 

Untuk S3, lama waktu yang dibutuhkan adalah 3 tahun setelah menyelesaikan S2. untuk S3, kita harus menyelesaikan mata kuliah dan mengumpulkan disertasi yang merupakan hasil riset independen yang telah dilakukan. Selain itu, tambahan syarat kadang-kadang diperlukan, seperti: minimal mempublikasikan jurnal internasioanl atau konferensi internasional. Sebagai tambahan, ada beberapa universitas khusus untuk perempuan yang sebagian besar berfokus kepada ilmu pendidikan. Jenjang yang tersedia untuk universitas khusus perempuan ini mulai dari S1 sampai S3. 

Universitas besar di Arab Saudi di antaranya King Saud University, King Fahd University of Petroleum and Mineral, King Abdul Aziz University, King Faisal University, dan Universitas King Abdullah University of Science and Technology (KAUST).































Sumebr: bebememe.wordpress.com

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar