follow us

Penerapan Sistem Pendidikan Rumania

Pilihan Pembaca


Rumania (juga dieja Romania; bahasa Rumania: România) adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara Semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam. Hampir seluruh delta sungai Donau terletak di wilayah Rumania. Untuk Lebih lengkapnya simak Profil negara rumania dibawah ini.

sistem pendidikan di rumania

Profl Lengkap Negara Rumania


1. Nama Resmi Negara : Romania 
2. Lokasi : Eropa Tenggara 
3. Luas wilayah : 238.391 km2 
4. Ibukota : Bucharest 
5. Jumlah Propinsi : 41 wilayah 
6. Bentuk Negara : Republik 
7. Bendera : 3 bagian horizontal , Biru ; Kuning ; Merah 
8. Lagu Kebangsaan : Desteapta-te Romania (Bangkitlah Romania) 
9. Hari Nasional : 1 Desember 
10. Kepala Negara : Presiden Traian Basescu (sejak April 2004) 
11. Kepala Pemerintahan : PM Victor Ponta ( Sejak 07 Mei 2012 ) 
12. Ketua Parlemen : Crin Antonescu 
13. Ketua Majelis Rendah : Valeriu Zgonea 
14. Bergabung ke Uni Eropa : 1 Januari 2007 
15. Agama : Orthodoks (86,6%), Roma-Katolik (5%), Muslim (0,3%), dll 
16. Bahasa Nasional : Bahasa Romania 
17. Mata Uang : Lei – Kurs US$1= + 3,20 (Januari 2013) 
18. Penduduk : 19.71 Juta pada tahun 2016 
19. Income perkapita : US$ 9.474.13 (th.2016) 
20. Laju Inflasi : 1,1% (Desember th.2017)


Sistem Pendidikan di Rumania


Di Rumania, seperti di semua negara Eropa Timur, banyak perubahan terjadi dengan berakhirnya era komunis. Sistem pendidikan Rumania telah mengalami banyak perubahan, yang dimulai dengan penghapusan pendidikan politik pada tahun 1990. Namun, dalam hampir 20 tahun, telah ada sedikit stabilitas atau konsensus mengenai bagaimana pendidikan harus dijalankan. Setiap tahun membawa perubahan besar itu, kadang-kadang, membalikkan perubahan hanya beberapa tahun sebelumnya.

Taman kanak-kanak 

Anak-anak mulai masuk TK.awal tiga tahun dan bisa tinggal sampai mereka berusia enam atau tujuh tahun. Tidak seperti Taman kanak-kanak umum, Taman kanak-kanak pribadi banyak menawarkan program-program khusus seperti bahasa asing (terutama bahasa Inggris, Perancis atau Jerman), olahraga dan program tari. Anak-anak perlu menghadiri satu tahun TK sebelum memasuki sekolah umum. Di TK, siswa minoritas dapat memulai belajar dalam bahasa ibu mereka sendiri. 

Taman kanak-kanak yang umum gratis, sementara Taman kanak-kanak pribadi cukup mahal untuk keluarga rata-rata. Biasanya, anak-anak menghabiskan tiga sampai empat jam sehari di Taman kanak-kanak. Ada beberapa taman kanak-kanak umum yang menyediakan makanan (yang harus dibayar untuk), dan periode tidur setelah makan siang. Beberapa taman kanak-kanak memiliki program sepanjang hari, jika mereka melakukan sebagian besar merupakan institusi swasta.


Sekolah dasar dan sekolah menengah 

Pendidikan di Rumania wajib sampai usia 16 tahun. Dalam prakteknya, mengingat bahwa kebanyakan orang Rumania mulai sekolah pada usia 6 tahun, sepuluh tahun pertama telah dibuat wajib oleh Kementerian. Selain sistem pendidikan resmi, dan setara pribadi yang baru saja ditambahkan, ada hukum semi, informal, sepenuhnya-swasta Les sistem. Les sebagian besar digunakan sebagai suplemen untuk membantu mempersiapkan untuk berbagai pemeriksaan, yang sangat sulit. Les luas, dan hal ini dapat dianggap sebagai bagian dari sistem pendidikan.

Sekolah tinggi 

Ini adalah langkah terakhir sebelum mendaftar ke Universitas. Selama sekolah tinggi, siswa memilih spesialisasi: seni (filologi, bahasa asing), ilmu (matematika, fisika, Informatika), militer college, perguruan tinggi ekonomi atau sekolah profesional.

Universitas 

Proses pendaftaran berbeda antara universitas dan tidak ada sistem disinkronkan. Sebagian besar Universitas akan memberikan "admission exam" dalam subjek sekolah tinggi yang sesuai terbaik untuk pelatihan yang ditawarkan oleh Universitas. Beberapa orang, karena kurangnya relevansi dari sistem, telah mulai menerapkan skema yang berbeda berdasarkan pada esai, wawancara, dan penilaian kinerja. Universitas swasta melakukan pekerjaan yang baik bersaing dengan orang-orang yang umum. Universitas sedang mengembangkan program mereka dan struktur menurut sistem Bologna, yang berarti tiga tahun panjang bagi sebagian besar Universitas jurusan diikuti oleh dua tahun untuk Magister dan tiga tahun untuk gelar Doktor (Ph.d.) yang lain.

Master dan doktor studi 

Ini berkembang terutama di Universitas umum. Ada juga program pertukaran internasional yang tersedia selama Universitas seperti Erasmus, Lingua, dll.






















Sumber : justlanded ; kemenlu.go.id

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar