follow us

Fakta Menarik Dari Sistem Pendidikan Iran

Pilihan Pembaca

Sistem Pendidikan di Iran
Sistem Pendidikan di Iran


Sistem Pendidikan di Iran 

Iran adalah salah satu negara tertua di dunia, dengan sejarah kembali puluhan ribu tahun. Kota besar yang pertama di negara Iran, Susa, dibangun di dataran tinggi tengah sekitar 3200 B.C. Iran (diucapkan ee-RAHN), sebelumnya dikenal sebagai Persia, terletak di persimpangan dari Asia Tengah, Asia Selatan, dan negara-negara Timur Tengah. Nama "Iran" berarti "tanah Aryan Iran adalah Republik di Asia Tengah, berbagi perbatasan dengan tujuh negara: Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Pakistan, Irak, Turki dan Turkmenistan. Telah secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Iran sejak kejatuhan Shah pada tahun 1979. Iran adalah negara Muslim Syiah, namun sebagian besar dari orang-orang Persia, tidak Arab. Ibu Kota Iran adalah Tehran Iran memiliki populasi sebesar 80,840,713 (Usia rata-rata 28) dan meliputi daerah yang 636,372 mil persegi (1,648,195 kilometer persegi), sedikit lebih kecil daripada Alaksa. 

Bahasa resmi instruksi di Iran adalah bahasa Persia Persia. Bahasa Inggris dan/atau Perancis diajarkan di sebagian besar sekolah swasta. Menurut perkiraan tahun 2015, tingkat melek huruf dari total penduduk usia 15 dan lebih dari adalah 86.8% dan 92,1% laki-laki dan 82,5% perempuan. Menurut laporan 2013, Iran menghabiskan 3.7 PDB untuk pendidikan. Dimulai dengan kelas 7, Inggris diajarkan sebagai bahasa kedua di semua sekolah umum dan wajib selama bertahun-tahun tingkat menengah. SD ini disebut "Dabestan" dan mencakup nilai 1 sampai 5 (usia 6-11). Pada akhir tahun ke-5, siswa mengambil ujian nasional yang mereka harus melewati untuk terus siklus berikutnya. 

Sekolah menengah yang disebut Rahnamaei yang juga dikenal sebagai sekolah menengah rendah (bimbingan) dan mencakup kelas 6 sampai 8 (usia 11-14). Pada akhir tahun ke-3 sekolah menengah, siswa mengambil ujian seluruh wilayah yang dikelola oleh lokal sementara Dewan Pendidikan yang mereka harus melewati untuk terus siklus berikutnya. Sekolah menengah disebut Dabirestan dan mencakup kelas 9-12 (usia 14-17). Tahun 4 kelas 12 termasuk setahun persiapan perguruan tinggi yang dikenal sebagai Pish-daneshgahi. Di dabirestan, siswa memilih mata pelajaran dari salah satu dari dua lagu: jalur 1) akademik/umum yang mencakup] fisika-matematika, b] sosio-ekonomi, c] sastra dan budaya, dan ilmu d] eksperimental; atau 2) teknis/kejuruan trek di bidang-bidang seperti bisnis dan pertanian. 

Setelah Anda menyelesaikan studi (Grade 11) selama 3 tahun, siswa menerima ijazah mereka sebelum mereka ditentukan memenuhi syarat untuk melanjutkan ke studi 12 tahun (kelas 12) pish-daneshgahi. Pra-Universitas atau Pish-Daneshgahi adalah 4 tahun ekstensi (12 kelas) untuk SMP dan satu tahun terakhir. Ini adalah tahun yang intensif studi yang ditujukan untuk mempersiapkan siswa untuk ujian masuk Universitas Nasional yang dikenal sebagai Concour. Concour menentukan siswa kesempatan untuk memasuki Umum dan beberapa perguruan tinggi swasta di Iran. Ini adalah sebuah pemeriksaan yang sangat menantang dan hanya segelintir mahasiswa yang mengambil itu sukses secara sepintas. Di tingkat pendidikan tinggi, Iran memiliki Universitas berafiliasi pribadi, Umum dan negara. 

Universitas, Institut Teknologi, sekolah-sekolah kedokteran dan perguruan membuat sektor pendidikan tinggi. Kecuali sekolah kedokteran, semua negara dijalankan Universitas berada di bawah pengawasan langsung dari Iran Kementerian Sains, riset dan teknologi. Sekolah-sekolah kedokteran berada di bawah pengawasan Departemen Kesehatan, pengobatan, dan pendidikan kedokteran. Saat ini, ada lebih dari 50 Universitas dan lembaga-lembaga publik yang lebih dari 40 Berspesialisasi dalam penelitian medis dan 200 postsecondary institusi swasta di Iran. Kuliah di Universitas-universitas umum secara gratis. 

Lembaga swasta membebankan biaya. Lembaga swasta terbesar di Iran adalah Universitas Islam Azad. Kaum perempuan membuat lebih dari 60 persen dari populasi perguruan tinggi di Iran tapi kurang dari 20 persen dari penduduk bekerja. Dari 1.176 juta orang terdaftar untuk pendidikan tinggi di Iran tahun ajaran 2012-2013, wanita menyumbang 522,248 (44.38 persen) sementara berbagi pria berdiri di 654,593 (55.62 persen). Jumlah mahasiswa perempuan juga meningkat hampir dua kali lipat dari 1,231,035 pada tahun akademik Iran 2005-2006 untuk 2,106,639 di 2012-2013. Tingkat pembelajaran jarak jauh program disediakan terutama oleh University of darizuliyandi-e-jam Gelar universitas di Iran meliputi: 

• Kardani (sebelumnya Fogh-melanjutkan) – 2 tahun program setara dengan gelar Associate; 
• Karshenasi (sebelumnya lisensi)-program 4 tahun yang setara dengan gelar sarjana; 
• Karshenasi Arshad (formerly Fogh-lisensi) – 2 tahun program luar Karshenasi setara dengan gelar Master; 
• Doctora (doktor) derajat-program 3 tahun; memerlukan master's degree (Karshenasi) untuk masuk dan diberikan pada penyelesaian 60 unit semester dan melewati ujian komprehensif sebelum memasuki tahap penelitian program, selama mereka mempersiapkan dan mempertahankan disertasi mereka. 
• Khusus doktor-gelar dalam kedokteran gigi, Kedokteran, farmasi, Kedokteran diberikan setelah 6 tahun penelitian dan tesis dan memerlukan selesai tahun Pra-Universitas untuk masuk. 

Sistem pada dasar melalui Universitas grading berdasarkan skala 0-20. Pada tingkat dasar, menengah, dan tingkat sarjana, nilai rata-rata 10 diperlukan untuk promosi untuk nilai akademis berikutnya. Lulusan tingkat rata-rata angka minimum adalah 12 dan dalam program doktor rata-rata minimal adalah 14. Setiap tahun sekitar 150.000 Iran yang sangat berbakat emigrasi di apa Dana Moneter Internasional panggilan brain drain tertinggi di dunia.

















Sumber: acei-global.blog

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar