follow us

Sistem Pendidikan Qatar yang Menakjubkan!, Ada Persamaankah dengan Indonesia?

Pilihan Pembaca

Sekilas Mengenai Qatar


Qatar merupakan semenanjung kecil dengan luas sekitar 11.437 km2 di teluk Arab dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Halul,Sharaauh, kepulauan hawar dan alBasyria,al Safiliya dan al aliya.Jumlah penduduk sekitar2.57 juta orang pada tahun 2016 dengan pertumbuhan rata-rata 10 % pertahun.Sebagian besar penduduk tinggal di Doha sebagai ibukota Negara dengan dikelilingi kota kecil seperti Messaid dan Wakrah, Raslafan, Alkhor dan Dukhan. 

Penduduk asli disebut Qatari dengan jumlah sekitar 350.000 orang diikuti expatriate India yang hampir mengisi seluruh lini kehidupan Qatar (termasuk Pakistan, Srilangka, Bangladesh dan Nepal), negara Arab lain seperti Mesir Libanon, Palestina, Sudan, dll , Philipina, dan Negara lain dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Jumlah orang Indonesia sekitar 30.000 orang didalamnya termasuk pekerja professional seperti di perminyakan dan non professional seperti PRT dan pekerja bangunan.

Iklim di Qatar memiliki dua musim yaitu musim panas pada bulan Mei s/d Oktober dan musim dingin dari bulan November s/d April. Maksimum tempertur pada musim panas sekitar 50 0C dengan kelembaban bisa mencapi 90 %! Bagi yang kena asma bisa sangat menyesakkan.Dan temperatur pada musim dingin bisa mencapai 4 0C! Biasanya disertai dengan angin kering sehingga kulit bisa pecah-pecah. Waktu Qatar adalah GMT + 3 jam atau 4 jam duluan Indonesia. 

Bahasa yang digunakan adalah Arab dan Inggris, jangan heran orang Qatar lebih jago Inggrisnya daripada kita, ada kursus (lembaga pendidikan) gratis yang mengajarkan kedua bahasa ini. 3 September 1971 adalah hari kemerdekaan Qatar dan pengusahaan minyak dimulai sejak 1974. 

Tanggal 27 Juni 1995 Sheikh Hamad bin Khalifa Althani mulai memerintah kerajaan dengan konsep modernisasi dan keterbukaan jadi jangan heran Qatar sekarang sudah begitu modern dan terbuka, tidak seketat Saudi. Tapi untuk wanita pribumi diharuskan memakai baju kurung hitam (abaya) dan cadar, meski juga sekarang udah mulai ada polemik untuk melepas cadar.Sumber .

Mata uang yang digunakan adalah Qatari Riyal (QR) dengan nilai nominal 500 QR, 100 QR, 50 QR, 10 QR, 5 QR dan 1 QR. (1QR=100 dirhams) dan 1 US $ = 3.65 QR yang dari tahun ketahun selalu tetap. Fluktuasinya sangat kecil.


Selain pribumi dilarang memiliki tanah, sehingga praktis expatriat hanya bisa menyewa perumahan dalam bentuk flat atau apartemen. Sayangnya tidak ada aturan khusus mengenai tarif ….. sehingga kecendurangan harga sekarang semakin. Yang kasihan jika subsidi perusahaan tidak cukup… maka kita harus nombok. Harga normal perbulan untuk apartemen di kota dengan 2 km tidur, 1 ruang makan, 1 ruang tamu, dapur dan 2 kamar mandi sekitar 5000 QR. Sedangkan untuk flat dalam satu compound (perumahan yang tidak bertingkat) minimal 9000 QR.

Biaya telepon lokal gratis hanya abonemen 30 QR per tiga bulan dan bisa menggunakan mobile phone dengan tarif 70 dirhams untuk SMS dan SLI 50 QR untuk 15 menit (jika ke Indonesia). Biaya internet 3 QR/jam. (sumber : abuafif.wordpress.com)

Latar Belakang Pendidikan Qatar

Departemen Pendidikan dan Dewan Pendidikan tertinggi mengelola sistem pendidikan di Qatar. Sistem pendidikan di Qatar terdiri dari 6-tahun siklus dasar diikuti oleh 3-tahun siklus persiapan dan kemudian 3-tahun siklus sekunder. Setelah menyelesaikan siklus sekunder, siswa dapat pergi untuk belajar di Universitas atau pasar tenaga kerja. Pendidikan dasar/SD di Qatar wajib bagi semua orang dan gratis di sekolah umum. 

Sekolah pertama di Qatar yang religius. Koloni hadir di Qatar, dimana anak-anak remaja digunakan untuk belajar membaca Al-Qur'an, dan memperoleh keterampilan dasar melek huruf Arab. Pada tahun 1952, sekolah dasar sekuler pertama untuk anak laki-laki dimulai dan sejak itu sektor pendidikan di Qatar telah dikembangkan. Pada tahun 1956, pertama pemerintah Departemen-Departemen Pendidikan didirikan.

Sekolah Perempuan di Qatar yang dibuat pada pertengahan 1950-an, dan juga selama periode  pendidikan , sekunder yang sama mulai. Sistem pendidikan di Qatar adalah cukup berkembang dengan baik 1980-an. pelatihan umum akademis, kejuruan, teknis, agama dan komersial kursus studi diperkenalkan. Pada tahun 1973, pendidikan dimulai, yang kemudian pada tahun 1977, menjadi Universitas Qatar. Universitas Qatar menyediakan berbagai macam program di bidang yang beragam. Di abad ke-21, penekanan utama adalah meningkatkan sistem pendidikan Qatar.

Pendidikan di Qatar

Pendidikan di Qatar dibagi menjadi dua tahap: pendidikan dasar yang meliputi pendidikan prasekolah, dasar dan menengah; dan perguruan tinggi. Sistem sekolah umum di Qatar12 tahun , terdiri dari 6-tahun siklus dasar diikuti oleh 3-tahun siklus sekunder dan kemudian 3-tahun siklus lebih tinggi. Tingkat dasar dan persiapan fokus pada keterampilan dasar melek huruf dan melek angka. Tingkat menengah pendidikan menekankan mempersiapkan siswa untuk pendidikan universitas, kejuruan atau teknik pelatihan, atau untuk memasuki pasar tenaga kerja.

Pendidikan dasar 

Pendidikan dasar di Qatar terdiri dari TK, SD, persiapan dan menengah tingkat pendidikan.

Pendidikan pra-sekolah 

Di Qatar, pendidikan prasekolah dioperasikan dan dikelola oleh sektor swasta. Tingkat pendidikan yang ditawarkan oleh pembibitan dan Taman kanak-kanak. Usia: 3-5 tahun

Pendidikan dasar/SD 

Pendidikan dasar di Qatar wajib dan gratis di sekolah umum. Pendidikan dasar di Qatar ditawarkan oleh SD-publik dan Pribadi. Sekolah umum di Qatar mengikuti kurikulum pendidikan Qatar, sementara sekolah-sekolah swasta mengikuti kurikulum yang memenuhi kebutuhan komunitas ekspatriat yang tinggal di negara. Siswa yang menyelesaikan tingkat pendidikan memenuhi syarat untuk mendaftar di tingkat pendidikan menengah dan persiapan

Jenis Sekolah di qatars:
sekolah dasar
Durasi: 6 tahun
Usia: 6-12 tahun
Nilai: 1-6

Persiapan pendidikan Sekolah 

persiapan di Qatar, apakah pribadi atau negara, mengikuti kurikulum akademik standar. Sekolah jenis: sekolah persiapan Durasi: 3 tahun Usia: 13-15 Kelas: 7 sampai 9 tahun

Pendidikan menengah 

Setelah menyelesaikan pendidikan persiapan umum, siswa dapat menghadiri sekolah menengah umum, teknis atau komersial. Persiapan pendidikan agama di Qatar adalah untuk anak laki-laki saja. Durasi: 3 tahun Usia: 15-18 Nilai: 10-12 Pendidikan menengah memiliki dua aliran: Akademik (umum) aliran: aliran ini mempersiapkan siswa untuk pendidikan Universitas Kejuruan teknis aliran: aliran ini mempersiapkan siswa untuk bekerja Di akhir tingkat pendidikan menengah, siswa harus lulus ujian akhir. Siswa yang lulus ujian diberi sertifikat pendidikan menengah umum, komersial atau teknis, tergantung pada aliran yang dipilih

Pendidikan tinggi 

Universitas pertama adalah Universitas Qatar yang menawarkan lebih dari 60 spesialisasi. Program sarjana dan Pascasarjana disediakan. Program sarjana adalah durasi 3 tahun dan mengarah ke gelar Bachelor of Science/Bachelor of Arts. Siswa yang menyelesaikan studi sarjana dapat pergi untuk Program Magister yang 1-2 tahun lamanya. Pendidikan publik di Qatar




sumber : qatareducation.info diterjemahkan oleh shalaazz

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar