follow us

Menelusuri Sistem Pendidikan Di Negara Swiss

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan swiss
sistem pendidikan swiss

Profil Negara Swiss

Swiss atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Switzerland adalah sebuah negara maju yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa Barat. Swiss yang merupakan negara terkurung daratan dan tidak memiliki wilayah laut ini berbatasan dengan Italia di sebelah selatan, Perancis di sebelah barat, Jerman disebelah utara serta Austria dan Liechtenstein disebelah timurnya. Secara astronomis, Swiss berada diantara 45° – 48° LU, dan 5° – 11 °BT. Sebagian besar wilayah Swiss berada di pengunungan Alpen. Negara yang memiliki nama lengkap Konfederasi Swiss (Switzerland Confederation) ini merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Federal yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Swiss dijabat secara bergantian oleh 7 menteri utama dengan masing-masing masa jabatannya selama 1 tahun. Ketujuh menteri utama tersebut dipilih oleh Majelis Federal (Federal Assembly). 

Ibukota negara Swiss adalah Kota Bern. Swiss memiliki luas wilayah sebesar 41.277 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 8.236.303 jiwa (estimasi Juli 2017). Swiss memiliki 4 bahasa resmi yaitu bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Italia dan bahasa Romande. Hal ini dikarenakan Swiss terdiri dari 4 etnis utama yaitu etnis Jerman, Perancis, Italia dan Romande. Penduduk Swiss mayoritas memeluk agama Katolik Roma (37,3%) dan Protestan (24,9%).

Swiss dikenal sebagai negara netral di dunia, namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Swiss adalah negara pertama dan satu – satunya yang menerapkan sistem pemerintahan demokrasi langsung, yang melibatkan inisiatif konstitusional dan referendum. Swiss memiliki 26 Kanton, yang mana masing – masing bertindak sebagai sebuah negara, dengan konstitusi, legislatif, pemerintahan sendiri dan pengadilan. Majelis Fedral Memilih tujuh orang untuk menjadi “pemerintah”. 

Ketujuhnya berstatus menteri, mengepalai departemen, dan salah satunya menjadi presiden selama satu tahun secara bergantian. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen Kota Zurich merupakan kota terbesar di negara Swiss dan dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia pada tahun 2006 dan 2007. Kota Jenewa di negara swiss menjadi lokasi berbagai badan internasional seperti PBB, WHO, ILO, Sn INHCR. 

Nama Swiss dalam bahasa latin, Confoederatio Hevetica yang berarti konfederasi Helvetika. Sebutan Swiss dalam bahasa resminya Confederation Suisse ( bahasa Perancis ), Confederazione Svizzera (bahasa Italia), Schweizerische Eidgenossenschaft (bahasa Jerman) dan Confederaziun svizra (bahasa Romansh). 

Tanggal 1 Agustus 1291 adalah hari kemerdekaan Swiss, mengikuti sejarah negara ini yang merupakan suatu negara gabungan, kemudian menjadi persekutuan sejak tahun 1848. Terdapat Konfederasi Swiss kuno, yang merupakan persekutuan antara komunitas lembah Alpen Tengah. Piagam Federal 1291 yang disetujui di antara komune pedesaan Uri, Schwyz, dan Unterwalden dianggap sebagai dokumen pendirian konfederasi; meskipun persekutuan serupa mungkin sudah ada beberapa dasawarsa sebelumnya. 

Pada tahun 1803, Napoleon, Kaisar Perancis, mengorganisasi pertemuan politikus Swiss dari kedua belah pihak di Paris. Hasilnya adalah UU Mediasi yang banyak memulihkan otonomi Swiss dan memperkenalkan konfederasi atas 19 kanton. Pada tahun 2011, Swiss masuk sebagai golongan negara makmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita. Negara Swiss berada diurutan ke sembilan belas negara dengan penghasilan terbesar dari segi produk domestik Bruto. 

Swiss mendapat rating tertinggi di Eropa untuk indeks kebebasan ekonomi 2010.Swiss tidak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan sebagai mesin pemutar perekonomian mereka. Satu – satunya sumber alam yang cukup berlimpah di Swiss ialah air karena kontur pegunungan yang mendominasi geografi Swiss. 

Swiss menjadi asal beberapa multinasional, seperti Glencore, Nestle, Novartis, Hoffmann – La Rouche dan lainnya. Swiss terkenal akan produk makanannya, seperti Cokelat dan Keju. Negara Swiss terkenal dengan kualitas jam tangannya. Banyak sekali perusahaan – perusahaan jam tangan dunia berasal dari negara ini, sebut saja Rolex, Patek Philippe, Tag Heuer, Omega, Corum, dan Swiss Army.Bank di Swiss terkenal akan keamanan, stabilitas moneter dan hukum serta kualitasnya, yang dapat menjamin kerahasiaan bank. Mata uang negara Swiss adalah Swiss Franc (CHF). 

Swiss adalah tempat kelahiran Palang Merah, itu sebabnya logo Palang Merah identik dengan bendera Nasional Swiss. Swiss merupakan negara dengan tingkat harapan hidup kedua tertinggi di dunia setelah Swedia. Bendera Swiss adalah satu dari dua persegi berdaulat – bendera negara, yang lain menjadi bendera kota vatikan.Swiss memiliki lebih dari 1500 danau. Swiss memiliki konsumsi tertinggi soft drink di dunia.Enam puluh persen dari listrik Swiss diproduksi oleh pembangkit listrik tenaga air. Ganja adalah sesuatu yang legal di Swiss. Pada 2013, Volkswagen dan Audi menjadi produsen mobil terlaris di Swiss. 

Suku pertama yang diketahui adalah anggota budaya Hallstatt dan Latene. Swiss tidak diserang selama kedua perang Dunia. Selama perang dunia I, Swiss menjadi temapt tinggal Vladimir Ilych Ulyanov (Lenin) dan tetap tinggal disana hingga tahun 1917.Swiss menjadi markas penting untuk mata – mata kedua belah pihak selama konflik dan sering menengahi komunikasi antara Blok Poros dan Sekutu selama perang dunia kedua. Sepanjang jalannya perang dunia ke 2, Swiss telah menahan lebih dari 300000 pengungsi, 104000 pasukan asing, diinternir menurut Hak dan Kewajiban Blok Netral yang digarisbawahi dalam Konvensi den Haag. 

Pada tahun 2002, Swiss menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa – bangsa, meninggalkan Vatikan sebagai negara berdaulat terakhir yang tidak ikut PBB. Swiss menjadi satu – satunya negara yang meluncurkan referendum untuk EEA. Sekitar 3,8 juta orang bekerja di Swiss dan 25 % pekerja bergabung dengan suatu serikat kerja pada tahun 2004. Swiss mempunyai pasar kerja yang lebih fleksibel dari negara – negara tetangganya dan tingkat pengangguran negara ini sangat rendah, berkisar 1, 7 % pada bulan Juni 2000 sampai 4,4 % pada bulan Desember 2009. 

Swiss mempunyai pasar kerja yang lebih fleksibel dari negara – negara tetangganya dan tingkat pengangguran negara ini sangat rendah, berkisar 1, 7 % pada bulan Juni 2000 sampai 4,4 % pada bulan Desember 2009. Pertumbuhan populasi akiabt imigram juga cukup tinggi, sekitar 0,52% populasi tahun 2004. Populasi warga asing negara ini berkisar 21, 8 % di tahun 2004. Swiss terletak di antara berbagai kebudayaan Eropa yang kemudian memengaruhi negara itu. 

Pemerintahan Federal diwajibkan menggunakan tiga bahasa resmi negara Swiss, Bahasa Jerman, Perancis dan Italia. Karena banyaknya penduduk dan pekerja Asing, bahasa Inggris juga banyak digunakan. Masakan khas Swiss adalah Gugelhupf, kue busa, dan Sauerkraut


Sistem Pendidikan di Swiss


Sistem pendidikan di Swiss diakui secara internasional untuk keunggulannya. Di samping tempat yang didanai negara, Swiss juga menawarkan beragam pilihan pendidikan berkualitas tinggi di sekolah swasta. Baik perusahaan publik maupun swasta menyediakan rangkaian pendidikan yang komprehensif di semua tingkat. Switzerland membagi sistem pendidikannya menjadi tingkat sekolah dasar, menengah dan tersier. 

Di setiap tingkat ada kemungkinan pendidikan terbuka untuk orang asing. Tahap tersier mencakup universitas dan pelatihan kejuruan yang lebih tinggi. Swiss memiliki universitas yang menyediakan pendidikan umum dan universitas ilmu terapan. Pelatihan kejuruan yang lebih tinggi diberikan oleh sekolah teknik yang lebih tinggi, yang mengarah ke sertifikat kejuruan dan ijazah kejuruan yang lebih tinggi. Kedua jenis lembaga tersebut membentuk jaringan institusi pendidikan yang padat di Swiss yang menawarkan kesempatan berkualitas tinggi kepada siswa Swiss dan non-Swiss.

Swiss mencakup sistem pendidikan sebagian besar terdesentralisasi. Setiap canton memiliki Departemen sendiri Pendidikan. Negara Konferensi metropolis Pendidikan bisa menjadi tubuh bersatu pendidikan Swiss ditujukan terhadap standardisasi sistem.

Ada empat jenis pendidikan: pra-sekolah, primer, sekunder, dan tersier. Dalam sebagian besar wilayah, bahasa Inggris diinstruksikan untuk mulai di tingkat fakultas pertama. Meskipun perguruan tinggi pribadi ada, sebagian besar ulama menghadiri perguruan tinggi yang dikelola negara. pendidikan fakultas di negara Eropa diperlukan sampai usia enam belas.

Pendidikan prasekolah 

Pendidikan Swiss dalam aksi biasanya sukarela, meskipun massa anak-anak menghadiri sebuah lembaga pendidikan selama minimal satu tahun. Anak-anak tidak dibagi menjadi tim aksi di tingkat ini. Aksi kelompok prasekolah publik dibebaskan dari tuduhan, dengan pemerintah menyediakan dukungan keuangan. jenis sekolah membangun siswa pengetahuan dasar.

Tingkat Pendidikan Dasar 

Primer tindakan kelompok sekolah adalah wajib dan dibebaskan dari biaya untuk semua anak-anak. Usia minimum adalah enam tahun ke-kanton mengatakan kecuali Obwalden, di mana pun itu lima tahun dan tiga bulan. sekolah dasar berlangsung enam tahun di dua puluh satu kanton dan 4 atau 5 tahun dalam kanton alternatif. 

Pada tingkat ini, anak-anak tidak dibagi menjadi tim tindakan. Kanton ukuran persegi tanggung jawab untuk menentukan kurikulum perguruan tinggi pertama. Semua kanton mengajar satu bahasa nasional (Jerman, Perancis, Italia, atau Romansh) dan bahasa asing 2, tambahan untuk geografi, sejarah, matematika, serta subjek ilmu pengetahuan. 

Dalam beberapa kanton, siswa bekerja kelas enam ini sangat penting karena menentukan jalur mereka akan mengikuti untuk sisa pendidikan mereka di negara-negara Eropa. Murid ukuran persegi dipisahkan menjadi tim didukung apakah atau tidak mereka berbicara bahasa Perancis, Jerman atau Italia sebagai bahasa alami mereka. Sekolah-sekolah ini memberikan siswa pengetahuan muka dan mengajar mereka bagaimana mereka membangun karir mereka.

Pendidikan menengah yang lebih rendah 

Murid antara dua belas dan enam belas tahun lebih matang menghadiri perguruan tinggi sekunder lebih rendah. Dalam kebanyakan kanton, tingkat ini dibagi per kinerja dan karir niat: perguruan tinggi dengan kursus dasar mempromosikan keterampilan yang masuk akal dan mempersiapkan siswa untuk magang, sedangkan perguruan tinggi dengan program melebar mempersiapkan siswa untuk perguruan tinggi pendidikan umum atau banyak magang ketat.

Pendidikan menengah atas 

Pendidikan Swiss diperlukan setidaknya 19 tahun untuk tingkat menengah yang lebih tinggi, yang dibagi ke dalam bisnis dan pendidikan umum. pendidikan pelatihan dasar berlangsung antara 2 dan 4 tahun dan memberikan pelatihan yang masuk akal dan teknis. 

Pendidikan berlangsung di perusahaan-perusahaan yang memberikan magang, di perguruan tinggi bisnis dan program lintas-perusahaan. General siswa pendidikan menghadiri perguruan tinggi Matura dan perguruan tinggi tengah khusus sekolah .Matura mengatur program mencakup bahasa, ekonomi, humaniora, ilmu pengetahuan, seni visual, matematika, musik, serta Sport. Khusus perguruan tinggi tengah mempersiapkan murid untuk mengajar yang lebih tinggi, komunikasi ditambah juga seni.

sistem pendidikan tersebut di atas pada dasarnya diikuti oleh orang-orang Swiss. Setelah mempertimbangkan sistem pendidikan Swiss mereka  dapat mengatakan bahwa mereka memiliki sistem pendidikan khusus yang membantu anak-anak mereka untuk membangun langkah karir mereka demi langkah.

Sistem Pendidikan Tinggi 

Perkembangan sistem pendidikan tinggi Swiss menawarkan pilihan beragam dan lengkap dari perguruan tinggi daerah, institusi teknologi federal, perguruan tinggi ilmu terapan, dan perguruan tinggi pendidikan guru berkualitas tinggi. Sistem pendidikan negara ini mengikuti sistem berjenjang dari sarjana dan pasca sarjana. Sebagai tambahan perguruan tinggi daerah dan institusi teknologi federal juga menawarkan program PhD. 

Meskipun sebagian besar program sarjana diajarkan dalam bahasa resmi negara (Jerman, Perancis, atau Italia), sebagian besar program pasca sarjana dan doctoral diberikan dalam bahasa Inggris. Walaupun jumlah mata kuliah di tingkat sarjana berbahasa Inggris mulai berkembang, pada baru sebatas pada perguruan tinggi ilmu terapan. Diperkirakan jumlah mahasiswa asing mencapai seperempat jumlah keseluruhan mahasiswa di institusi pendidikan tinggi Swiss. Perguruan tinggi negeri di Swiss terdiri atas 2 Institut Teknologi Federal dan 10 Universitas Daerah , keduanya mendapat banyak bantuan dari pemerintah federal dan pemerintah daerah. Pada umumnya perguruan tinggi negeri di Swiss membebankan biaya pendidikan relatif rendah.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar