follow us

Begini Gambaran Sistem Pendidikan di Portugal Lengkap

Pilihan Pembaca

sistem pendiidkan  di portugal
sistem pendiidkan  di portugal

Profil Negara Portugal 

Portugal adalah negara di tepi barat daya Eropa yang terletak di Semenanjung Iberia, langsung menghadap Samudera Atlantik. Di tahun 1400-an dan 1500-an, navigator Portugal berlayar dari lokasi ini. Mereka pergi untuk memetakan pantai Afrika, Asia, dan Amerika Selatan dan membuka rute perdagangan baru dengan benua ini. Penemuan para penjelajah pemberani ini membantu membuat Portugal menjadi pusat kerajaan besar dan kaya, jauh lebih besar dari negara itu sendiri. Daerah besar bekas kerajaan itu tetap berada di bawah kekuasaan Portugal sampai saat ini.

Orang Portugal adalah campuran dari banyak bangsa berbeda yang menduduki Semenanjung Iberia. Bangsa-bangsa itu antara lain Iberia kuno, Celtic, Fenisia, Yunani, Carthage, Roma, suku-suku Jermanik, dan Moor dari Afrika Utara. Dari segi penampilan, sebagian orang Portugal saat ini tinggi sedang dengan rambut dan mata gelap. Beberapa di antaranya, khususnya di utara, memiliki rambut pirang dan mata biru warisan nenek moyang Jerman mereka
Bahasa Portugal dan Mirandese adalah bahasa resmi Portugal. Bahasa Portugal termasuk ke dalam kelompok bahasa Romance, seperti halnya bahasa Spanyol, Italia, dan Perancis. Bahasa ini erat kaitannya dengan dialek Galician utara Spanyol. Mirandese adalah bahasa Romance yang diucapkan di bagian timur laut Portugal. Dalam hal agama, orang Portugal sebagian besar memeluk Katolik Roma

Madeira dan Azores merupakan daerah pemerintahan sendiri dari Portugal. Masing-masing memiliki badan legislatif terpilih sendiri. Kepulauan Madeira mencakup lahan seluas sekitar 790 kilometer persegi. Wilayah ini terletak di Samudra Atlantik di lepas pantai barat laut Afrika. Madeira adalah pulau terbesar dari kelompok ini. Madeira juga merupakan sebuah resor populer yang terkenal karena tanaman semi tropik yang subur dan iklimnya yang nyaman. Produknya yang paling terkenal adalah anggur Madeira. Azores adalah rantai sembilan pulau kecil di Samudera Atlantik. Letaknya sekitar 1.600 kilometer di barat Lisbon, ibukota Portugal. Areanya mencakup luas sekitar 2.305 kilometer persegi.

Selama berabad-abad, pulau-pulau ini berfungsi sebagai tempat perhentian kapal dan pesawat terbang yang menyeberangi Atlantik. Pertanian dan perikanan adalah kegiatan ekonomi yang paling penting. Portugal utara memiliki iklim yang umumnya lebih dingin dari selatan, dengan curah hujan lebih besar. Sekitar 1.500 mm hujan turun di pegunungan utara setiap tahun. Hal ini kontras dengan sekitar 500 milimeter hujan yang turun di selatan. Suhu ringan di sebagian besar wilayah Portugal selama musim dingin. Pengecualian adalah di pegunungan pedalaman utara, di mana suhu dingin dan bersalju. Musim panas terasa hangat di lembah utara dan distrik pesisir, dan panas di dataran kering selatan.

Portugal adalah rumah bagi salah satu Universitas tertua di Eropa, Universitas Coimbra, didirikan pada 1290. Di Portugal, sebelum tahun 1960 kehadiran Institusi Pendidikan Tinggi sangat rendah dan biasanya terbatas pada anggota keluarga kelas menengah dan atas. Namun, selama dasawarsa terakhir rezim Estado Novo, pendidikan menengah dan universitas mengalami pertumbuhan sejarah Portugis yang paling cepat. Hari ini Pendidikan Tinggi digeneralisasikan dan banyak siswa pendidikan menengah mendaftar di Pendidikan Tinggi.


Sistem Pendidikan di Portugal

Sistem pendidikan portugis terdiri dari tiga tingkatan: pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pendidikan pra sekolah bersifat opsional dan untuk anak-anak berusia antara tiga dan usia memasuki pendidikan dasar. Pendidikan Dasar bersifat universal, wajib dan gratis dan terdiri dari tiga siklus, siklus pertama berlangsung selama empat tahun, yang kedua berlangsung selama dua tahun dan yang ketiga berlangsung selama tiga tahun. Pendidikan menengah adalah wajib dan ini terdiri dari siklus tiga tahun (sesuai dengan tahun ke 10, 11 dan 12 tahun sekolah).

Pendidikan Pra Sekolah

TK Portugis menerima anak-anak dari tiga tahun. Proses pendidikan gratis (didanai publik, pemerintah daerah), tapi biaya lainnya (anak, makanan) membayar orang tua. pendidikan pra-sekolah tidak menyediakan untuk pengajaran menulis, bacaan. Dalam dasarnya - mengembangkan kelas, bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik individu, kemampuan anak untuk berkomunikasi, pengembangan kemampuan kreatif. Di TK swasta, cukup mahal (untuk 400 Euro per bulan), program pendidikan meningkat dengan belajar bahasa Inggris, pelajaran renang, tarian, nyanyian. Guru melakukan kelas dengan kelompok-kelompok kecil (tidak lebih dari empat anak).

Pendidikan Dasar Menengah

Sekolah dasar di Portugal, sebagai bagian dari pendidikan dasar, gratis, Ia menerima anak-anak dari enam tahun. siklus pelatihan awal dirancang untuk empat tahun, setelah itu siswa tanpa ujian diterjemahkan ke sekolah dasar. program lima tahun pendidikan menengah dasar didasarkan pada standar Eropa, tetapi tidak memberikan spesialisasi awal, penelitian secara mendalam mata pelajaran tertentu. Satu set item inti umum, Ini termasuk bahasa asli, awal matematika, ilmu alam. Banyak perhatian dibayar untuk keselamatan siswa, hampir semua sekolah - lembaga ditutup. Masuk ke bangunan dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis atau penjaga pos. 

Pendidikan untuk menyelesaikan tingkat menengah terus menurunkan bagian dari lulusan sekolah dasar. Untuk beberapa keluarga, Portugal adalah karena pengenalan biaya kuliah. Jumlah pembayaran tergantung pada total pendapatan keluarga, tapi bagi banyak tidak tersedia. lengkap tentu saja pendidikan menengah berlangsung tiga tahun. 

Di dalamnya ada spesialisasi yang kuat, ditujukan untuk pendidikan tinggi, persiapan untuk kegiatan profesional. Hal ini tercermin dalam ijazah, berisi informasi tentang akuisisi pengetahuan teoritis, kualifikasi profesional, spesialisasi yang dipilih.


Spesialisasi utama dari sekolah menengah di Portugal:

  • Sekunder (empat arah: ilmu alam, karya seni, ekonomi, ilmu kemasyarakatan); 
  • Thnologicheskaya (arah: konstruksi, elektro, elektronik, informatika, peralatan, disain, pemasaran, perlindungan lingkungan, zemleustroystvo, olahraga); 
  • profesional (dengan banyak pelajaran praktis tentang keterampilan hidup untuk profesi tertentu). 
Untuk lulusan, melanjutkan pendidikan berorientasi, Ada dua ujian akhir yang berbeda. Untuk masuk ke perguruan tinggi swasta harus Ujian Regional. Masuk ke sekolah menengah umum hanya mungkin setelah melewati ujian negara nasional.

Pendidikan Tinggi di Portugal

Pendidikan tinggi di Portugal adalah level pendidikan setelah pendidikan dasar dan sekunder (12 tahun). Sistem pendidikan tinggi di Portugal telah mengalami reformasi untuk mengadaptasi strategi pendidikan tinggi Eropa yaitu pengetahuan berdasarkan ekonomi dan sosial. Sistem pendidikan tinggi di Portugal dibagi menjadi dua sub sistem yaitu: politeknik dan universitas. Pendidikan politeknik ditujukan untuk pendidikan keahlian yang lebih spesifik mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karir yang lebih spesifik sedangkan universitas lebih ke arah riset akademis. Skema pendidikan di Portugal secara umum diperlihatkan pada gambar ini



Sistem pendidikan tinggi dibagi menjadi tiga tahapan, berdasarkan interval ECTS yang harus diselesaikan, yaitu: 
a. Licenciatura (setara Strata 1) dengan rentang ECTS yang harus diselesaikan adalah 180-240 ECTS dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 3 hingga 4 tahun; 
b. Mestrado (setara Strata 2) dengan 90-120 ECTS dan biasa ditempuh dalam waktu 1 hingga 2 tahun, Mestrado Integrato (Intagrated Master) dengan 300-360 ECTS; 
c. Doktoramento (Strata 3) dengan 180-240 ECTS termasuk mata kuliah dan desertasi. Namun ada beberapa program studi tanpa mata kuliah (ECTS full desertasi). Mahasiswa program doktoral terdiri dari 2 kategori yakni full time dan part time student. 

Yang membedakan antara keduanya adalah tuition fee dan jumlah ECTS dimana untuk part time student akan lebih rendah. Masa studi program doktoral adalah 3 tahun sesuai dengan program yang ditetapkan oleh universitas pada umumnya. Pendidikan tinggi negeri di Portugal terdiri dari 14 universitas, 20 institut politeknik, dan 6 institusi militer dan polisi. Sedangkan pendidikan tinggi swasta terdiri dari 36 universitas dan 64 politeknik. Kalender Akademik. Perkuliahan dilakukan dalam tahun akademik yang terbagi menjadi dua semester dimana semester pertama dimulai pada bulan September hingga Januari. Sedangkan semester kedua dimulai pada bulan Februari hingga Juni. Grading System. Skala penilaian di Portugal didasarkan pada skala 0-20. Untuk bisa lulus mata kuliah, kalian harus memperoleh nilai minimal 10. 
Berikut adala skala penilaian yang digunakan: 

0-9 Kurang
10-13 Cukup
14-15 Baik
16-17 Sangat Baik
18-20 Sempurna

Universitas klasik melatih staf ilmiah, memberikan pendidikan umum yang lebih tinggi untuk budaya yang berbeda. Politeknik yang berorientasi pada pelatihan insinyur, peneliti, praktisi. Kebanyakan perguruan tinggi negeri yang bekerja pada sistem Bologna. pelatihan pascasarjana politeknik pada tahap sarjana, yang untuk profesi praktis tidak berarti pendidikan lebih lanjut. Mayoritas universitas Portugis terkonsentrasi di Lisbon. Perguruan Tinggi Swasta di Portugal yang diperlukan untuk lulus akreditasi negara. 

Melanjutkan pendidikan di sekolah pascasarjana, Gelar doktor hanya mungkin dengan Universitas Guru (Diploma Universitas Politeknik yang tepat tidak). Yang paling dikenal di Eropa adalah universitas Portugal: Koimʙru, New Lisbon, Katolik (universitas tertua dari negara non-state), Graduate School of Management (pelabuhan), Aveiro. Sekarang terutama di Portugal, negara dianggap University of Lisbon. Jumlah siswa mencapai dua puluh ribu. Mengajar di University of tiga ribu guru. Universitas menawarkan program fleksibel studi, termasuk program interdisipliner, arah uzkonauchnye, keahlian internasional. riset ilmiah, melakukan di lembaga, laboratorium, pusat penelitian Universitas, Ini mencakup banyak daerah negara produksi, melaksanakan perintah dari sektor swasta. 

Departemen utama dari University of Lisbon: legal, medis, arsip, Ilmu alam, farmasi. Untuk yang tidak biasa untuk universitas termasuk Fakultas Seni. University of Coimbra terletak di bekas ibukota Portugal (1139-1260 GG). Ketiga di Eropa dalam hal basis waktu (1290 kota) Universitas ini dikenal untuk perpustakaan yang kaya (dinyatakan sebagai monumen nasional), kesetiaan kepada tradisi abad pertengahan. status universitas - otonomi, dilindungi oleh undang-undang. 

Dua puluh dua ribu siswa terdaftar di delapan fakultas, kebanyakan adalah tradisional: legal, medis, kemanusiaan, Ilmu alam, ekonomis, farmasi. Konvensional fakultas hanya individu Psikologi, olahraga. Sebuah contoh dari Polytechnic University Portugis dapat bertindak Polytechnic Institute of Lisbon - universitas negeri baru, didirikan tiga puluh tahun yang lalu. Dalam satu unit telah dikurangi beberapa lembaga dengan sejarah panjang. Sekitar tiga belas ribu siswa terlibat dalam fakultas, yang terus disebut sekolah tinggi (sekolah). Teknik yang paling otoritatif, arah administrasi dan pedagogis sekolah. Struktur universitas terdiri dari departemen pers, teknologi medis, bioskop dan teater, musik, tari. persediaan aturan sendiri masuk berkembang setiap universitas Portugis. 

Sebagian besar sekolah tinggi (Programm licenciatskih, bujangan) ijazah sekolah yang cukup. Sertifikat bahasa internasional diperlukan, tapi tanpa pengetahuan tentang bahasa Portugis tidak mungkin untuk lulus ujian masuk. Beberapa lembaga Portugis tidak bisa membiarkan ujian pemohon sebagai hasil dari sertifikat kompetisi. 

Cara terbaik untuk penerimaan kursus bahasa di universitas yang dipilih di muka. Selain biaya kuliah perlu mempertimbangkan biaya hidup minimum, yang benar-benar di negara sekitar 500 euro. Sebagian besar pengeluaran adalah untuk perumahan. beasiswa (dalam bentuk bantuan negara, beasiswa), yang digunakan oleh banyak warga negara Portugis, mahasiswa asing sulit untuk menghitung. Siswa diperbolehkan untuk bekerja dua puluh jam setiap minggu, Liburan di waktu kerja tidak terbatas. Pendidikan tinggi tidak menjamin mudah mendapatkan pekerjaan di Portugal, negara merasa kurangnya pekerjaan. Tapi ijazah Portugis sangat dinilai di Amerika Selatan. Anda dapat menemukan pekerjaan bergengsi di negara-negara Asia, bekas koloni Portugis.


























sumber: studyinportugal.edu.pt / kembangpete.com / ppiportugal / college-hq.com

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar