follow us

Bagaimana Perkembangan Sistem Pendidikan di Meksiko Saat Ini?

Pilihan Pembaca


Sekilas Tentang Meksiko 

Profil Mexico - Meksiko adalah sebuah negara yang terletak di Benua Amerika Utara dengan sistem pemerintahan Republik Federal Presidensil. Sistem Pemerintahan ini adalah sistem pemerintahan yang terdiri dari persekutuan beberapa negara bagian dengan kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Presiden yang dipilih melalui pemilihan umum langsung setiap 6 tahun sekali. Ibukota Meksiko adalah Mexico City. Negara yang bernama lengkap Persatuan Negara-negara Meksiko atau United Mexican States ini memiliki luas wilayah sebesar 1.964.375 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 123.166.749 jiwa. Meksiko menduduki urutan ke-11 sebagai Negara yang memiliki Penduduk Terbanyak di Dunia. Mayoritas penduduk Meksiko beragama Katolik Roma yaitu sebanyak 82,7% dari seluruh rakyat Meksiko. Bahasa Spanyol yang merupakan bahasa Nasional ini digunakan oleh mayoritas penduduk Meksiko. Secara Astronomis, Meksiko berada diantara 14° – 33° LU dan 86° – 117° BT . Meksiko berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah Utara dan berbatasan dengan Belize dan Guatemala. Disebelah Barat Meksiko adalah Samudera Pasifik sedangkan disebelah Timur adalah Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Sejak tahun 2013, Pertumbuhan Ekonomi Meksiko setiap tahun adalah sekitar 2%. Pada tahun 2016, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Meksiko berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 2,307 triliun dengan pendapat perkapitanya sebesar US$ 18.900,-. Meksiko memiliki perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreements) dengan 46 Negara sehingga 90% perdagangan yang dilakukan oleh Meksiko merupakan perdagangan bebas dalam perjanjian tersebut. Industri-industri penting Meksiko diantaranya adalah Industri Makanan dan Minuman, Produk Kimia, Tembakau, Industri Logam, Perminyakan, Tektil dan Pariwisata.(sumber : ilmupengetahuanumum)

Sistem Pendidikan di Meksiko

Shalaazz - Sistem Pendidikan di Meksiko - Pendidikan di Meksiko dibagi menurut kelas. Para pelajar dari keluarga berada belajar di sekolah swasta yang lengkap dengan pelbagai kemudahan serta bahan Referensi, sedangkan anak dari golongan miskin biasanya tidak mampu untuk pergi ke sekolah atau pergi ke sekolah yang serba kekurangan. 

Kaum yang paling terpinggirkan ialah kaum Indian. Pada 1990, diperkirakan lebih 40% penduduk Indian berusia lima belas tahun ke atas tidak boleh membaca. Ini telah mewujudkan jurang pendidikan yang kentara dikalangan rakyat Meksiko. Namun pemerintah telah mencoba dengan daya upaya untuk menggalakkan perkembangan pendidikan di kalangan remajanya. Antara lain, pemerintah telah menetapkan bahwa pendidikan adalah wajib sampai kelas enam. Malangnya akibat tekanan keuangan, kebanyakan pelajar dari kelas bawah lebih berminat bekerja daripada bersekolah. Di Meksiko, tiada undang-undang yang mewajibkan pendidikan menengah. 

Di sekolah rendah mereka mempelajari matematika, ilmu sosial, "tata bahasa", tulisan, membaca dan olahraga. Sedangkan nilai-nilai moral dan kekeluargaan di pelajari di rumah. Kepentingan menambah pendapatan melalui kanak-kanak yang bekerja dalam sebuah keluarga bermakna pemilihan antara "survival" dan pendidikan. Namun, pada lima tahun belakangan ini kehadiran pelajar ke sekolah semakin bertambah: UNICEF melaporkan 84% kanak-kanak yang memulai sekolah akan mencapai tingkat lima. Tingkat dropout pelajar yang rendah bermakna lebih banyak remaja akan melanjutkan pelajaran yang tinggi, dan ini bisa membantu mengurangkan kemiskinan. Kini, lebih 8 juta remaja telah mendaftar di sekolah menengah, yaitu 2 juta lebih dari tahun 1994. 

Pemerintah di bawah Presiden Ernesto Zedillo telah berusaha untuk mengembangkan pendidikan di negara ini. Malah, ±25% pengeluaran pemerintah telah disalurkan ke arah pendidikan. Antara lain uang ini telah digunakan untuk membangun sekolah-sekolah dasar serta teknik yang baru. Selain itu, uang ini digunakan untuk menyediakan buku-buku teks secara gratis kepada 90% sekolah umum di Meksiko. (sumber : wikipedia)


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar