follow us

Pendidkan Benua Afrika : Apakah Sistem Pendidikan Nigeria Efektif?

Pilihan Pembaca

Sistem Pendidikan di Nigeria
Sistem Pendiidkan di Nigeria

Profil Negara Nigeria


Republik Federal Nigeria (Inggris: Federal Republic of Nigeria) merupakan Negara di Afrika yang paling padat penduduknya. Nigeria merdeka dari koloni Inggris pada tanggal 1 Oktober 1960. Setelah hampir 16 tahun dikuasai oleh rejim militer, sebuah konstitusi baru disyahkan pada tahun 1999, dan peralihan pemerintah dari rejim militer ke sipil dilakukan secara damai. Pemilu bulan April 2007 menandai sejarah Nigeria dengan pengalihan kekuasaan sipil ke sipil pertama. Negara kaya minyak Nigeria, yang cukup lama dihambat oleh ketidakstabilan politis, korupsi, kurangnya infrastruktur dan buruknya manajemen makro ekonomi, telah melaksanakan beberapa reformasi selama dekade terakhir. 

Para pemimpin militer Nigeria sebelumnya gagal mendiversifikasikan ekonomi keluar dari ketergantungan pada sektor minyak, yang menghasilkan 95% devisa dan 80% pendapatan anggaran. Setelah penandatanganan kesepakatan stand-by IMF di bulan Agustus 2000, Nigeria menerima rencana restrukturisasi hutang dari Paris Club dan US$ 1 milyar pinjaman dari IMF, yang keduanya didasarkan pada reformasi bidang ekonomi. Nigeria menarik diri dari program IMF bulan April 2002, setelah gagal memenuhi target nilai tukar dan pengeluaran, yang membuatnya tidak layak mendapatkan tambahan penghapusan hutang dari Paris Club. Sejak 2008, pemerintah mulai menunjukkan keinginan politis untuk menerapkan reformasi yang berorientasikan pasar atas saran IMF, seperti modernisasi sistem perbankan, menghambat inflasi dengan membendung permintaan kenaikan upah berlebihan, dan mencari jalan keluar perselisihan regional atas distribusi pendapatan dari industri minyak. Ditahun 2003, pemerintah mulai menderegulasikan harga bahan bakar, mengumumkan privatisasi 4 kilang minyak negara, dan mendirikan National Economic Empowerment Development Strategy, sebuah program yang didesain berdasarkan model Poverty Reduction and Growth Facility –nya IMF untuk manajemen fiscal dan moneter. 

Di bulan November 2005, Abuja berhasil mendapatkan persetujuan Paris Club untuk kesepakatan penghapusan hutang yang menghilangkan US$ 18 milyar hutang dengan membayar US$ 12 milyar – sebuah paket bernilai total US$ 30 milyar dari seluruh hutang eksternal Nigeria yang bernilai US$ 37 milyar. PDB Nigeria naik secara kuat tahun 2007 dan 2008 dan melemah tahun 2009, karena didasarkan oleh peningkatan ekspor minyak dan tingginya harga minyak mentah dunia. Mantan Presiden YAR’ADUA yang meninggal 5 Mei 2010, dan digantikan oleh Wapres Dr. Goodluck JONATHAN, yang telah berjanji untuk melanjutkan reformasi ekonomi terutama peningkatan infrastruktur (seperti jalan dan listrik), yang sampai sekarang menjadi hambatan utama pertumbuhan ekonomi Nigeria. Saat ini pemerintah Nigeria sedang berusaha mengembangkan Public-Private Partnerships yang lebih kuat untuk listrik dan jalan.



Pendidikan Di Negara Nigeria

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu masalah yang dihadapi sektor pendidikan Nigeria adalah kesenjangan gender. Meskipun Kebijakan Nasional tentang Pendidikan dan konstitusi Republik Federal Nigeria tahun 1999 menekankan akses yang sama terhadap pendidikan oleh laki-laki dan perempuan di Nigeria,perbedaan masalah gender dalam akses terhadap pendidikan masih sangat jelas terlihat dari praktek diskriminasi di lapangan pendidikan.

Pemerintah federal Nigeria telah melaporkan pada tahun 2003 bahwa diperkirakan tujuh juta (sekitar 35% dari jumlah total) dari anak-anak Nigeria sekolah dasar usia tidak terdaftar di sekolah dasar. Enam puluh dua persen dari tujuh juta adalah perempuan, yang berarti bahwa sekitar 4,3 juta anak perempuan yang putus sekolah.

Dengan tingkat perempuan yang tidak bisa mengenyam pendidikan dasar bisa berakibat pada tergoyahnya pondasi untuk pembangunan di masa yang akan datang, karena pembelajaran pertama anak adalah dari sosok ibu, namun dengan tingkat akses pendidikan yang minim sekali untuk perempuan maka, pendidikan untuk anak pun terpengaruh. Sehingga pentingnya kebijakan pemerintahan federal untuk menyamaratakan hak pendidikan untuk perempuan dan laki-laki yang telah disahkan dapat berjalan

Sistem Pendidikan di Nigeria


Departemen Pendidikan adalah salah satu yang mengawasi sistem pendidikan di Nigeria. Otoritas pemerintah lokal Nigeria adalah orang-orang yang mengambil tanggung jawab untuk pelaksanaan kebijakan pendidikan untuk sekolah-sekolah yang dikendalikan oleh pemerintah negara bagian. The Nigerian education system is divided into different levels. They are the Kindergarten level, the primary level, secondary level and tertiary level. The students graduate from one level of education to the next after sitting for and passing certain examinations.


Pendidikan dasar di Nigeria

Dalam kebanyakan kasus Nigeria murid mulai pendidikan dasar ketika mereka berusia 4 tahun. Siswa diharapkan untuk menghabiskan hingga 6 tahun di sekolah dasar. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, murid yang dibuat untuk duduk selama sertifikat meninggalkan sekolah dasar. Jika ia melewati ujian, dia kemudian adalah memenuhi syarat untuk melanjutkan ke sekolah menengah. Beberapa mata pelajaran siswa diajarkan di sekolah dasar adalah ilmu, studi pengetahuan Islam, ilmu agama Kristen, bahasa Inggris dan matematika. Selain dari atas, siswa juga diharapkan untuk belajar tentang setidaknya salah satu dari tiga bahasa utama di Nigeria, vis-à-vis Hausa bahasa, bahasa Igbo dan Yoruba bahasa. Beberapa sekolah juga dapat memperkenalkan halus tikus, Perancis, dan ilmu komputer ke dalam kurikulum mereka. untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan tempat di sekolah menengah, murid diharapkan duduk dan lulus ujian masuk umum. Pada lulus ujian mahasiswa kemudian memenuhi syarat untuk masuk ke Federal atau sekolah menengah pemerintah negara bagian. Ia juga dapat menerapkan ke salah satu sekolah menengah swasta di sekitar.

Pendidikan menengah 

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, siswa diharapkan untuk menghabiskan 6 tahun di sekolah menengah sesuai dengan aturan bawah diletakkan pendidikan dasar Universal (UBE). Beberapa siswa mungkin namun memutuskan untuk duduk untuk GCE O'Level ketika mereka berada di SS2. Banyak siswa lain namun memutuskan untuk menunggu sampai mereka mencapai SS3 sebelum mereka duduk selama Sertifikat SMA pemeriksaan, yang wajib. 

Sesuai dengan aturan bawah diletakkan membimbing UBE, mahasiswa berhak untuk gratis pendidikan hingga tingkat sekolah sekolah menengah pertama. Di sekolah menengah Senior, siswa diharapkan untuk menghadiri 6 mata pelajaran inti dan juga menambahkan 2 sampai 3 mata pelajaran pilihan. Subyek inti adalah: satu besar Nigeria bahasa, ekonomi, matematika, bahasa Inggris, satu mata kuliah dari fisika, kimia dan biologi; satu pelajaran yang diharuskan dari agric ilmu, ilmu sosial, geografi, sejarah dan Sastra Inggris.

Pendidikan tersier 

Masalah dari perguruan tinggi adalah lain yang layak dipertimbangkan. Pada tahap awal pendidikan tersier di Nigeria, Nigeria pemuda bisa mendapatkan pendidikan bermutu tinggi. Namun, hal-hal telah berubah hari ini karena banyak tersier intuisi pusat kurang lebih komersial, terutama pemerintah dimiliki perguruan tinggi; siswa harus membayar mereka cara untuk mendapatkan mengakui ke sekolah-sekolah ini dan bukan pada Jasa; mahasiswa membayar untuk kelas dan mungkin mendapatkan nilai tinggi mereka tidak mampu mempertahankan.














sumber: Soji Oni, Revitalizing Nigerian Education in Digital Age (USA: Trafford Publishing, 2012), 424. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar