follow us

Inilah Sistem Pendidikan Swedia Yang Patut di Tiru

Pilihan Pembaca


Profil Negara Swedia

Swedia adalah sebuah negara dengan nama resmi negara yaitu Kerjaan swedia, denan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Ibu Kota Swdia berada di Stockholm. Luas wilayah negar swedia 450.295 km persegi. Jumlah penduduka swedia berdasrkan data world bank yaitu 9.816.666 jiwa. Lagu kebangsan swedia "Du Gamia Du Fria". Matang negara swedia adalah swedish kronor/ krona swedia (SEK).

Biasanya swedia merayakan hari nasional pada tanggal 6 juni. Swedia di kepalai oleh kepala negara Raja Carl XVI Gustaf. Nama kepala pemerintahan swedia bernama Perdana menteri Stefan Löfven.
Juru bicara parlemen wedia bernama Urban Ahlin.Pendapatan swedia dengan total 467.450.US $ dengan estimasi tahun 2015 dengan IDP no 41 di dunia, sedangkan per kapita sekitar 47.319 pada tahun 2015.

Bendera swedia merupakan bendera salib nordik berlatar biru dengan salib kuning. Warna bendera ini diambil dari lambang swedia dari desainnya meniru bendera Denmark. Bendera Swedia resmi di pakai sejak tanggal 22 juni 1906.

Swedia adalah salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara yang berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia dan juga terhubung dengan Denmark lewat sebuah jembatan. Pada tingkat Nasional, kekuasaan legislatif di pegang oelh Riksdag (parlemen pusat).

pemerintah pusat terdiri dari perdana menteri dan kementrian. Selain itu, terdapat sekitar 400 lembaga pemerintah pusat dan lembaga administrasi publik.


Pada tingkat daerah, Swedia terbagi atas 290 pemerintah kota (kommuner) dan 20 pemerintah regional (län). Antara pemerintah kota dan pemerintah regional tidak terdapat hubungan hirarki karena masing-masing memiliki kewenangan untuk memerintah bagi dirinya

Sistem Pendidikan di Negara Swedia

Pendidikan di Swedia merupakan kesempatan yang menarik untuk belajar di negara yang berpikiran maju dan maju. Swedia membentang 1.500 kilometer dari Utara ke Selatan, menawarkan segalanya mulai dari pantai putih hingga pegunungan yang tertutup salju. Swedia dikenal karena keterbukaannya terhadap masyarakat internasional dan memiliki sistem sekolah berkualitas tinggi. Orang Swedia adalah pengadopsi awal tren internasional seperti seni, musik dan desain. Perusahaan yang sukses seperti IKEA, Spotify dan H & M memulai dan masih memiliki kantor pusat mereka di Swedia.

Sistem Bologna 

Sistem sekolah Swedia diatur oleh deklarasi Bologna. Proses Bologna dimulai pada tahun 1999 ketika Menteri Pendidikan dari 29 negara Eropa menandatangani deklarasi Bologna di kota Bologna di Italia. Tujuan dari proses ini adalah untuk menciptakan standar pendidikan untuk derajat akademik dan jaminan kualitas. Hal ini memungkinkan transfer yang mudah antar sekolah di negara-negara Eropa yang berbeda dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Swedia dan negara-negara Eropa lainnya. Kredit universitas diukur dengan European Credit Transfer System (ECTS).

Pendidikan Usia DIni Di Swedia

Swedia memiliki program Pendidikan Anak Usia Dini yang menarik. Anak usia 1-6 tahun yang mengikuti PAUD tidak belajar membaca, menulis dan berhitung. Yang ditekankan dalam pengajaran PAUD adalah nilai-nilai kemandirian, rasa ingin tahu dan kreativitas. Program PAUD di Swedia dimulai dari pukul enam pagi hingga enam petang. Adanya waktu panjang ini membantu orang tua yang bekerja untuk menitipkan anak mereka sejak pagi, sebelum masuk jam kerja. 

Evaluasi dilaksanakan di PAUD untuk menilai proses sekolah menanamkan nilai-nilai kemandirian, rasa ingin tahu dan kreativitas pada anak. Evaluasi tidak menilai kemampuan anak. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, para guru diminta untuk banyak bertanya pada siswa dan membangun semangat siswa untuk mandiri. Suasana ini membuat anak-anak Swedia tumbuh dengan nyaman. Rasa ingin tahu, naluri eksplorasi dan kreativitas pun berkembang.

Pola pendidikan ini tidak akan berhasil tanpa dukungan pemerintah Swedia. Anggaran untuk program PAUD di Swedia sangat besar. Sebagai contoh, satu PAUD dengan 250 orang siswa mendapatkan anggaran setara dengan Rp. 30 milyar per tahun! Ini angka yang sangat besar, bahkan untuk ukuran negara Eropa. Inggris hanya menganggarkan sepertiga dari anggaran pendidikan Swedia. Orang tua pun memberikan dukungan pada sekolah. Orang tua di Swedia terlibat dalam proses pendidikan anak usia dini. Di rumah, orang tua ikut bermain bersama anak, mengajak mereka mengamati alam dan menumbuhkan rasa ingin tahu. Bagi orang tua di Swedia, PAUD adalah sarana untuk anak bersosialisasi.

Pendidikan Dasar dan Menengah

Sekolah dasar dan sekolah menengah adalah wajib bagi anak-anak hingga kelas 9, ketika murid biasanya berusia 16 tahun. Sekolah wajib ketika seorang anak berubah tujuh, meskipun ada kemungkinan untuk memulai sekolah saat anak itu berumur enam tahun. SD bertujuan untuk memberikan akses ke sekolah menengah, tetapi tanpa gelar. Lokal umum dasar dan sekolah menengah adalah gratis dan didanai oleh pajak lokal.


Gimnasium 

Sekolah menengah, yang mengikuti sekolah tinggi, bersifat sukarela, tetapi masing-masing kotamadya bertanggung jawab untuk menindaklanjuti orang-orang muda di bawah 20 yang tidak belajar setelah sekolah menengah. Murid-murid memilih dari 17 Nasional program, sejumlah besar lokal program, dirancang khusus program dan program individu. Tidak seperti banyak negara lain, Swedia kekurangan matrikulasi resmi; Sebaliknya, ada sekolah menengah umum yang ditujukan untuk memberikan akses dasar ke perguruan tinggi.


Pendidikan tinggi di Swedia 

Lembaga pendidikan tinggi di Swedia (lebih 50 Sekolah tinggi) jelas dibagi menjadi universitas, perguruan tinggi universitas, lembaga profesional. Sebagian besar universitas sektor universitas bekerja pada sistem Bologna. perguruan tinggi universitas yang berbeda pada program pelatihan yang diusulkan. Banyak perguruan tinggi mengajarkan hanya untuk tingkat «canggih». spesialisasi, Penelitian perguruan tinggi lain tergantung pada kerjasama dengan industri daerah, yang mempersiapkan frame. 

Banyak perguruan tinggi mengkhususkan diri dalam profesi yang sama - pedagogi, kedokteran hewan, rekayasa khusus tertentu, Bisnis - Manajemen. pelatihan gratis di universitas tidak meniadakan biaya hidup. Tapi setiap siswa di Swedia selama enam tahun mungkin memenuhi persyaratan untuk bantuan keuangan dari negara. 

Pendaftaran pendatang di universitas Swedia rumit oleh pendidikan menengah waktu yang berbeda, pengiriman uji internasional Inggris, Swedia (tes TISUS), mungkin ujian masuk (dalam bentuk wawancara), visa pelajar desain. selain itu, Perbankan harus bukti sarana subsistensi, asuransi kesehatan. pelamar asing tentu menandatangani komitmen untuk meninggalkan Swedia setelah lulus. kerja resmi untuk mahasiswa asing hanya diperbolehkan di liburan musim panas. Cara terbaik untuk masuk pelamar bebas satu tahun kursus persiapan, yang ada di universitas terbaik di Swedia, universitet Gothenburg, Wpsalı, Lund, Stockholm.

Sekolah umum 

Di sekolah-sekolah umum Swedia di Swedia terbuka untuk semua dan mengikuti silabus Nasional Swedia. Sekolah ini dilaksanakan oleh kotamadya setempat di mana mereka berada, didanai oleh wajib pajak dan mungkin tidak membebankan biaya mahasiswa. Ketika anak-anak gilirannya berusia tujuh tahun mereka secara otomatis ditempatkan di sekolah umum terdekat. Kebanyakan anak-anak di Swedia pergi ke sekolah umum, tapi ekspatriat umumnya memilih internasional sekolah swasta untuk anak-anak mereka karena bahasa pengantar adalah biasanya Inggris atau Perancis, dan mereka menjaga standar dan ajaran mirip negara asal mereka.


Sekolah swasta 

Di Swedia tidak ada sejumlah sekolah swasta di Swedia, dikenal sebagai friskolor. Sekolah ini didanai oleh sumbangan lokal dari Kotamadya rumah dan pemberitahuan, biaya antrian atau pendaftaran tidak dikenakan. Sekolah swasta yang, namun, gratis untuk menerima donasi. Swedia sekolah swasta independen dan dikelola oleh individu, Asosiasi atau Yayasan; dalam beberapa kasus ada kelompok yang terbentuk untuk menjalankan beberapa sekolah. Sekolah swasta, pada prinsipnya, tidak diwajibkan untuk mengikuti silabus Nasional Swedia. Namun, sebagian besar sekolah swasta mengikuti kurikulum nasional. 

Lebih dan lebih banyak sekolah swasta yang membuka di Swedia dan tentu saja itu berarti lebih banyak kompetisi, paling tidak karena orang tua sekarang dapat memilih sekolah yang mereka ingin anak-anak mereka untuk menghadiri, dan pendanaan berikut siswa sekolah pilihan mereka. Hal ini baik untuk siswa karena kompetisi memaksa sekolah untuk melakukan lebih baik.


Pesantren 

Meskipun hal ini tidak sangat umum, Swedia masih memiliki beberapa Pesantren meninggalkan dimana siswa dapat memilih untuk tinggal di sekolah atau tinggal di rumah. Sekolah-sekolah asrama yang terkenal termasuk Grammar School Foundation Sigtuna humaniora, Lundberg sekolah dan Grennaskolan.


Sekolah internasional 

di sekolah internasional Swedia di Swedia terutama ditujukan bagi siswa yang tinggal di Swedia sementara atau di bawah keadaan khusus, seperti ikatan Keluarga ke negara lain. Sekolah internasional mengharapkan biaya tahunan dan aplikasi harus dilakukan dengan menghubungi sekolah langsung. Sekolah internasional mungkin memiliki daftar tunggu yang panjang, jadi terbaik bagi orang tua untuk merencanakan ke depan dan berlaku untuk sebuah tempat untuk anak-anak mereka sedini mungkin. Biaya di sekolah internasional dapat biaya lebih dari 100.000 SEK per tahun.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar