follow us

Hebatnya Penerapan Sistem Pendidikan di Argentina

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan argentina
sistem pendidikan argentina

Profil Negara Argentina


Argentina adalah sebuah bangsa Amerika Selatan yang besar dengan Pegunungan Andes mencakup dataran, Danau glasial dan Pampas rumput, tanah tradisional merumput ternak sapi yang terkenal. Negara ini terkenal dengan tari tango dan musik. Modal besar, kosmopolitan, Buenos Aires, berpusat pada Plaza de Mayo, yang dijajari bangunan abad ke-19 yang megah termasuk Casa Rosada, ikon, balconied istana.

Argentina adalah Negara terbesar di Amerika Utara. Luas wilayah dari negara ini adalah 2.87 Milion km 2. Nama Argentina sendiri diambil dari kata latin yang berarti Silfer, karena penduduk asli dari negara itu Spanyol yang beribu- ribu tahun yang lalu menemukan tambang perak di gunung- gunung disana. Bagaimanapun keuangan Argentina yang berasal dari kekayaan tanah jauh lebih bernilai daripada perak atau emas. 

Negara ini juga dikenal dengan nama Republik Argentina (secara sederhana Argentina) dan kadang- kadang juga disebut United States of Argentina. Dari beberapa kota terbesar di Argentina yang paling banyak populasinya adalah di Ibu Kota negara itu yakni Buenos Aires yang populasinya mencapai 4.500.000 jiwa penduduk yang kemudian disusul kota Rosario dengan populasi 761.300 jiwa, kota Cordoba dengan populasi 635.000 jiwa dan yang terakhir adalah di kota Avellaneda dengan populasi sebanyak 380.000 jiwa. Argentina adalah negara Kontitusi Nasional. Kontitusi adalah model yang meniru US (Amerika Serikat) yang diadopsi tahun 1853 dan diundang- undangkan secara luas tahun 1860, 1898 dan 1949

Sistem Pendidikan di Negara Argentina

Sistem pendidikan di Argentina agak berbeda dengan Indonesia yaitu menganut klasifikasi pendidikan dasar (primaria) dari kelas 1 sampai kelas 7 dan dilanjutkan dengan pendidikan lanjutan (secundaria/high school) selama 5 tahun. Seluruh pendidikan dasar adalah 12 tahun, dengan dua kali mendapatkan sertifikat/Tanda Lulus yaitu pada tingkat Primaria dan Secundaria. Setelah pendidikan dasar tersebut adalah pendidikan tingkat universitas. Bagi murid Indonesia yang pada tingkatan tertentu tidak mendapatkan tanda lulus misalnya setara SLTP dari sekolahnya disini, dapat mengurusnya sekembali di Indonesia pada instansi terkait dengan menujukkan Rapor dari kelas yang sejajar ketika di Argentina. Janganlupa bahwa semua sertifikat tanda lulus harus di beri legalisasi di KBRI dan selanjutnya Deplu Yakarta sehingga instansi terkait di Indonesia tidak mempertanyakan lagi.

Jenis sekolah Argentina

Dari kepemilikan dan pengaturannya, sekolah terdiri dari Sekolah Publik/Escuela Publica (negeri) dan Sekolah Swasta. Sekolah Publik tidak memungut bayaran. Dalam satu hari pada satu gedung sekolah Publik/negeri diadakan dua kali sekolah Publik, yaitu sekolah pagi (sejak pagi sampai siang hari) atau sekolah siang (sejak siang sampai sore hari). Pelayanan pendidikan melalui sekolah Publik di Argentina pada umumnya mengikuti kurikulum standar pemerintah (tidak begitu diperhatikan pelajaran bahasa Inggris). Namun di beberapa tempat ada jug yang menerapkan kurikulum lebih

Pendidikan pra-sekolah 

Sementara di sekolah wajib di Argentina dari usia lima tahun, pendidikan pra-sekolah mungkin mulai di 45 hari tua. Selesai ketika anak berubah enam tahun dan telah terdaftar di sekolah dasar. 
 Ada dua tingkat di pra-sekolah: 

  • Jardín ibu – dari 45 hari tua untuk tiga tahun. 
  • Jardín de Infantes – tiga sampai enam tahun. 

Akhir tahun wajib pra-sekolah mempersiapkan anak untuk masuk ke dalam sistem pendidikan nasional.


Pendidikan dasar 

Pendidikan dasar (kebudayaan dan pendidikan milik pemerintah Primaria Básica - EPB) dimulai pada usia enam tahun. Itu berlangsung selama enam atau tujuh tahun, tergantung pada daerah. Tahun sekolah dimulai pada bulan Maret dan orangtua harus menghubungi sekolah sendiri dalam rangka untuk mendaftarkan anak-anak mereka. 

Dianjurkan untuk melakukannya dengan baik sebelum dimulainya istilah sekolah pada bulan Maret. Kurikulum inti yang ditetapkan oleh Dewan Pendidikan. Ini menggabungkan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, teknologi, seni, pendidikan fisik, dan etika dan kewarganegaraan. Anak-anak yang belum mencapai standar yang dibutuhkan pada akhir tahun sekolah mungkin harus mengulangi tahun.


Untuk masuk ke pendidikan dasar, kriteria berikut harus dipenuhi: 

  1. Anak harus berusia enam tahun 
  2. Orang tua harus menyediakan dokumen identitas nasional anak (Documento Nacional de Identidad) atau Fotocopy akte kelahiran 
  3. Anak harus memiliki kesehatan booklet (Libreta Sanitaria Materno-Infantil) bukti yang mengandung up-to-date vaksinasi. 
  4. Dokumentasi tambahan diminta oleh sekolah harus disediakan oleh orang tua


Pendidikan menengah 

Pendidikan menengah terbagi menjadi dua bagian dan mencakup lima atau enam tahun, tergantung pada daerah. Terdiri dari dua siklus: 
  1. Ciclo Básico - dari 12-14 tahun. Ini adalah siklus ketiga EGB, yang wajib, dan terdiri dari dua sampai tiga tahun studi dari silabus umum. 
  2. Ciclo Orientado - 15-17 tahun. Ini tidak wajib dan terdiri dari tiga tahun studi lebih khusus. Siswa dapat fokus studi mereka di bidang tertentu, seperti humaniora dan ilmu sosial; ilmu pengetahuan alam; komunikasi, seni dan desain; dan studi ekonomi dan bisnis.

Pendidikan lanjutan

Pendidikan lanjutan di Argentina terdiri dari pribadi dan dikelola negara Universitas dan lembaga pendidikan lanjutan. Universitas negara dijalankan gratis sampai tingkat pascasarjana.

Memvalidasi studi selesai di luar negeri 

Departemen validitas Nasional derajat adalah mengkonversi dan memvalidasi studi selesai di luar negeri. Untuk sekolah dasar dan menengah dianjurkan untuk menghubungi lembaga individu, karena mereka biasanya memiliki informasi akademis setara.


















sumber : http://dwpbuenosaires.blogspot.co.id /angloinfo.com /






SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar