follow us

Begini Sistem Pendidikan di Negara Yordania, Disebut Sebagai Negara adidaya!

Pilihan Pembaca



Sekilas Tentang Yordania

Yordania merupakan sebuah negara yang berada di tengah-tengah negara timur tengah, karena menurut letaknya, Yordania berbatasan langsung dengan israel, suriah dan arab saudi. Sehingga sampai pada saat ini, letak yordania yang sangat strategis tersebut membuatnya menjadi pusat perhatian dunia.

Yordania berbentang alam dengan laut mati (Laut asin) adalah danau yang membujur diantara israel dan yordania dnegan titik terendah di bumi pada 1300 kaki atau 400 dbl. Laut ini terbentuk 3 juta tahunan yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai yordan. 

Negara yordania menganut ideologi islam, hal ini didukung dengan masyarakat mayoritas yang beragama islam berjumlah 9.00.456 pada tahun 2016 menurut world bank. 

Sistem kepemerintahan di negara tersebut menganut sistem pemerintahan monarki, yang berarti bentuk kenegaraan yordania adlah monarki.

Sistem ekonomi di yordania memliki pendapatan GDP mencapai 38.65 miliar dollar pada tahun 2016.mata uang yordania adlah dinar yordania.

Sistem pendidikan di Yordania

Yordania sebagai negara berpotensi untuk menjadi negara adidaya, dengan pecara penguasaan pendiidkan teknologi (terutama dari sektor nuklir) yang saat ini menjadi sektor utama dalam pendinustrian.

Selain itu, anak kecil ( yang masih bersekolah)sudah diajarkan sejak dini bagaiman cara membangun karakter bangsa menuju ke arah bangsa adidaya dengan cara membudidaykan kebudayaan setempat.

Struktur dari sistem pendidikan yordania terdiri dari sistem formal dan non-formal. Sistem non-formal termasuk pendidikan prasekolah, yang dijalankan oleh sektor swasta dan mendaftarkan anak-anak semuda usia tiga. Kampanye keaksaraan, home schooling, dan pelatihan kejuruan yang dikelola oleh Departemen tenaga kerja, Perindustrian, dan pertahanan juga merupakan bagian dari sistem pendidikan non-formal.


Sistem pendidikan formal yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

  • Tahap yang wajib untuk anak-anak usia 6-15 (kelas 1-10), terdiri dari sekolah dasar (kelas 1-6) dan persiapan sekolah (kelas 7-10).

  • Pendidikan sekunder yang komprehensif (akademik dan kejuruan) dan diterapkan pendidikan menengah (pusat pelatihan dan magang).

  • Pendidikan tinggi, baik dua tahun menengah tingkat kursus yang ditawarkan oleh perguruan atau empat tahun program tingkat Universitas, baik di muka umum maupun lembaga. Prestasi siswa pendidikan sekolah menengah umum Sertifikat pemeriksaan adalah satu-satunya kriteria untuk masuk ke lembaga pendidikan tinggi.


Anak-anak naik kelas di bawah sistem promosi otomatis yang diubah. Dibawah sistem , siswa di kelas 4 hingga 10 mungkin mengulangi nilai dua kali. Setelah itu mereka secara otomatis dipromosikan. Pada tahap persiapan, pengulangan kelas diperbolehkan hanya sekali. Di tingkat sekolah menengah, siswa diperbolehkan untuk mengulangi sekali di sekolah pemerintah yang disediakan mereka lebih muda dari 17; mereka harus mengalihkan ke sekolah swasta.


Sebelum tahun 1975, Semua siswa diharuskan untuk melewati pemeriksaan edukasi persiapan untuk masuk ke sekolah menengah. Dengan eliminasi ujian ini, siswa diperbolehkan ke tahap sekunder hanya melewati akhir kelas mereka kesembilan ujian tahun dan atas dasar kedudukan kelas mereka. Ujian diperkenalkan kembali pada tahun 1985, tapi kemudian dibatalkan pada tahun 1989.


Perguruan dan Universitas bervariasi diperlukan hadir dari dua tahun di perguruan-6 atau lebih di Universitas berdasarkan jenis lembaga dan spesialisasi. Sebagai contoh, Fakultas atau sekolah kedokteran memerlukan enam tahun. Untuk diterima ke dalam lembaga-lembaga post secondary, siswa harus lulus pemeriksaan sertifikat sekolah menengah umum atau GSSCE (al Tawjehy). Siswa dalam program pendidikan kejuruan duduk untuk ujian Sertifikat Kejuruan umum sekunder.

Mayoritas siswa yang terdaftar di sekolah langsung dikontrol oleh MOE. Beberapa sekolah jatuh di bawah yurisdiksi Biro budaya Departemen Pertahanan. Kementerian Kesehatan mengawasi siswa belajar untuk karier medis; itu didirikan sekolah perawat yang pertama pada tahun 1953-54


Instruksi dalam bahasa Arab, tetapi bahasa Inggris diperkenalkan di sekolah umum di angka kelima dan digunakan secara luas. Kebijakan baru baru saja disetujui untuk mulai mengajar bahasa Inggris di awal kelas pertama pada tahun ajaran 2001-02. Tahun sekolah berjalan untuk 210 hari dari September hingga Juni. Ada dua semester di tahun sekolah. Siswa menghadiri sekolah lima hari seminggu, Minggu sampai Kamis. Untuk lulus dari satu kelas ke yang berikutnya, siswa perlu menjaga memadai kelas rata-rata. Nilai akhir masing-masing siswa setiap dikonversi menjadi persentase. Minimum melewati tingkat dalam subjek apapun adalah 50 persen. Universitas atau lembaga lainnya postsecondary juga mempekerjakan ini sistem untuk individu kursus grading. Namun, siswa harus memiliki rata-rata 60 persen di semua program yang dikombinasikan untuk lulus.


Semua sekolah publik dan yang paling pribadi menggunakan buku-buku teks yang sama. Di bawah hukum 16 tahun 1964, kurikulum sekolah dan divisi buku MOE adalah bertanggung jawab untuk memproduksi dan pencetakan buku pelajaran. Mereka didistribusikan secara gratis selama tahap wajib, tapi ada biaya nominal pada tahap sekunder.


Secara umur sekolah di yordania mayoritas dengan pemisahan antara laki-laki dna perempuan. Beberapa sekolah swasta memungkinkan untuk campuran kelas. Kelas Yordania, seperti orang-orang di negara-negara miskin modal,  Deretan kursi untuk siswa diposisikan tabel dari mana pembicaraan guru sementara siswa mendengarkan. Kurangnya fasilitas senyawa masalah pendidikan. Pada tahun 1979-80, misalnya, dengan peningkatan dramatis pendaftaran, MOE dipaksa untuk memperkenalkan program sekolah dua shift di sekitar 41 persen wajib dan sekolah menengah dan untuk menyewa beberapa bangunan. Pada tahun 1997, namun, hanya 16 persen dari siswa yang menghadiri dua shift sekolah dan 11 persen pergi ke gedung-gedung sewaan.

Televisi Pendidikan diperkenalkan pada skala terbatas di Jordan mulai pada tahun 1968. Itu diberikan program untuk sekolah menengah, terutama di berbagai bidang seperti matematika, Sains, dan bahasa Inggris. Pada tahun 1997, MOE menghasilkan 30 program untuk kelas 1-5 dan 36 program untuk kelas 5-7. 

Secara keseluruhan, pendidikan di Yordania dianggap sebagai investasi di masa depan. Warga yang terampil diperlukan. Sebelum Perang Teluk, kebanyakan lulusan dapat menemukan pekerjaan yang baik di negara-negara kaya minyak, dan uang yang mereka dikirim pulang membantu perekonomian Yordania untuk tumbuh. Hal ini tidak biasa bagi keluarga yang tinggal di tingkat subsistensi mampu mengirim anak ke Universitas (Abu-Zeinh).

sumber : prezi.com // stateuniverity.com

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar