follow us

Begini Penerapan Sistem Pendidikan di Belarus

Pilihan Pembaca


Sistem Pendidikan di Belarus
Sistem Pendidikan di Belarus


Profil Negara Belarus

Republik Belarus adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah (28-32 ° Bujur Timur, 51-55 ° Lintang Utara) dengan wilayah 207,6 ribu km persegi. Berbatasan dengan Polandia, Lithuania, Latvia, Rusia dan Ukraina. Panjang total perbatasan negara adalah 2.969 km.

Belarus ialah negara pedalaman, relatif datar, dan memiliki bidang berawa yang besar. Danau dan sungai membentuk negeri ini. Daerah rawa terbesar ialah Polesia, yang merupakan salah satu rawa terbesar di Eropa. Ada 11.000 danau di Belarus, namun sebagian besar danau itu lebih kecil daripada 0,5 kilometer persegi (124 hektar). 3 sungai utama mengalir mengalir melalui negeri ini, Sungai Neman, Sungai Pripyat, dan Sungai Dnepr. 

Titik tertinggi Belarus ialah Dzyarzhynskaya Hara (Bukit Dzyarzhynsk), 345 meter (1,132 kaki), dan titik terendahnya ada di Sungai Neman, 90 meter (295 kaki). Iklimnya berkisar dari musim dingin yang ganas (rata-rata suhu Januari berada pada kisaran −8 °C(18 °F) hingga −2 °C (28 °F)) hingga musim panas yang dingin dan basah (suhu rata-rata 15 °C (59 °F) hingga 20 °C(68 °F)). Waktu setempat belarus adalah + 2 jam dari Greenwich time (GMT +02.00). Mata uang belarus adalah rubel belarus (Br). Bahasa yang digunakan negara belarus adalah Belarusia dan dan Rusia. Kode tepelon belarus adalah +375 Nama domain.BY


Sistem Pendidikan di Belarus

Belarus memiliki sistem pendidikan yang dianggap baik, termasuk Universitas dan lembaga pendidikan lanjutan yang menarik banyak pelajar-pelajar asingSistem pendidikan Belarus menggabungkan struktur diwarisi dari Uni Soviet dengan konten baru yang dikembangkan sebagai sebuah negara merdeka. 

Pendidikan preprimary, yang mencakup pembibitan sekolah dan Taman kanak-kanak, opsional. Pendidikan dasar (tiga atau empat tahun instruksi), dasar pendidikan menengah (lima tahun instruksi) dan pendidikan sekolah menengah atas (dua tahun instruksi) biasanya hidup berdampingan dalam satu sekolah. Awal atau sekolah menengah kejuruan memerlukan dari satu sampai empat tahun pelatihan. Pendidikan tinggi diwakili oleh lembaga, Akademi dan Universitas.

Pendidikan pra-sekolah 

Pendidikan pra-sekolah tidak wajib di Belarus tetapi sekitar 70% dari anak-anak menghadiri pembibitan atau TK sebelum mereka mulai bersekolah.

Pendidikan Dasar dan Menengah 


Pendidikan di sekolah dasar dan menengah diperlukan untuk anak-anak berusia enam sampai lima belas tahun dan berlangsung selama 9 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, setiap siswa harus lulus dari kurikulum pendidikan dasar dan diberi sertifikat oleh negara. Kemudian mereka bisa memasuki perguruan tinggi atau institusi teknis profesional di mana mereka dapat fokus menyelesaikan pendidikan dan belajar di SMA mereka untuk mendapatkan sertifikat profesional. Penyelesaian 11 tahun sekolah atau sertifikat profesional memungkinkan siswa memasuki tempat pendidikan tinggi atau melatih di sekolah kejuruan; Panjang sekolah tergantung pada apa yang telah dipilih siswa.

Pendidikan sekolah di Belarus 

Kebanyakan anak-anak di Belarus mulai sekolah pada usia 6 tahun. Semua siswa harus mengikuti kurikulum pendidikan dasar sampai usia 15, dan sebagian besar murid tinggal di sekolah sampai mereka menyelesaikan pendidikan SMA mereka di 18. Pada usia 15, murid-murid yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dasar dapat menghadiri perguruan tinggi atau lembaga teknis profesional di mana mereka dapat fokus pada menyelesaikan pendidikan SMA mereka dan bekerja menuju sertifikat profesional. 

Menyelesaikan sekolah menengah atau sertifikat profesional memungkinkan siswa untuk menerapkan untuk melanjutkan pendidikan mereka di tingkat Universitas. Ada dua bahasa resmi dalam sistem pendidikan di Belarus, Rusia dan Belarusia.


Belarus memiliki salah satu rasio untuk-populasi siswa yang tertinggi di Eropa. Sistem pendidikan tinggi di Belarus dipandang sebagai bergengsi karena kualitas tinggi dan keterjangkauan. Ada empat jenis utama dari pendirian pendidikan tinggi untuk memilih dari, yang dapat menjadi pribadi atau negara dioperasikan: 
  • Universitas klasik 
  • Profil Universitas atau Akademi 
  • Institut 
  • Perguruan tinggi 

Kebanyakan kursus dijalankan untuk 4-6 tahun dan siswa dapat memilih untuk studi penuh waktu, di kelas malam atau melalui korespondensi. Hibah tersedia untuk para siswa full-time dan Beasiswa diberikan kepada siswa yang sangat berbakat. Semua instansi pendidikan tinggi diatur oleh Departemen Pendidikan di Belarus. Pada tahun 2015 Mei Belarus resmi bergabung proses Bologna-daerah pendidikan tinggi Eropa.


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar