follow us

Bagaimana SIstem Pendidikan Di Negara Kolombia? Apakah pendidikan di Kolombia Bebas biaya?

Pilihan Pembaca




Sekilas tentang Kolombia (Colombia )

  Shalaazz - Kolombia adalah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang hutannya lebat. Sekitar 72% merupakan kawasan hutan. Kolombia berbatasan dengan Laut Karibia di sebelah utara, dan barat laut; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudra Pasifik di barat. 

Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini juga penghasil zamrud. Hampir 95% konsumsi zamrud dunia berasal dari negara ini. Luas wilayahnya sekitar 2,5 kali luas pulau Sumatra. Kolombia adalah negara terbesar ke-26 di dunia, dan negara ke-empat terbesar di Amerika Selatan (setelah Brasil, Argentina, dan Peru), dengan area lebih dari dua kali Perancis. Di Amerika Latin, negara ini juga negara ketiga untuk jumlah populasi setelah Brasil and Meksiko. 

Kolombia juga merupakan kekuatan dengan kekuatan menengah[4] dengan populasi kedua terbesar yang berbahasa Spanyol di dunia setelah Meksiko.[5] Dikenal karena kebudayaannya, dan juga merupakan pusat industri manufaktur etrbesar di Amerika Selatan. 

Kolombia juga merupakan negara dengan keragaman etnik yang bervariasi di lintas Selatan, di mana ini merupakan hasil dari migrasi berskala besar pada abad ke-20. Dan sejak saat itu, negara ini mendapatkan penambahan jumlah populasi yang drastis. 

Negara ini juga mengalami konflik intensif berskala kecil dengan grup pemberontak gerilya, mantan militer, perdagangan narkobag dan korupsi di sejumlah kota-kota kecil. Konlfik ini terjadi sekitar tahun 1964-1966, ketika Pasukan Militer Revolusioner Kolombia (FARC) dan Pasukan Liberal Nasional (ELN) didirikan, dan ketika dimulai kampanye melakukan pemberontakan "gerilya" melawan pemerintahan Kolombia.(sumber :wikipedia)




Pendidikan di Negara Kolombia


Sektor pendidikan di Kolombia telah berkembang pesat sejak tahun 1960-an. Antara 1966 dan 1986 pendanaan pemerintah kepada sektor meningkat five-fold. Akibatnya, lebih dari dua kali lipat, pendaftaran sekolah dasar sekolah menengah pendaftaran tumbuh enam lipatan dan pendaftaran Universitas meningkat lima belas kali.


Meskipun telah membuat kemajuan, akses yang sama terhadap pendidikan dan kualitas pendidikan berbeda secara signifikan di seluruh wilayah dan kelas sosial, khususnya melampaui tingkat utama. Inisiatif baru telah diluncurkan di dua dekade untuk mengatasi masalah ini. Pada tahun 2002, pemerintah meluncurkan program peningkatan pendidikan komprehensif yang disebut Libertadora Educativa. Reformasi ini disebut untuk transformasi lengkap dari sistem pendidikan dengan penekanan pada peningkatan kualitas dan meningkatkan cakupan. Upaya tambahan mencakup mandat 2010 oleh Mahkamah Konstitusi Kolombia bahwa semua sekolah dasar umum harus secara gratis. Tahun 2012 mandat yang diberikan ke sekolah-sekolah menengah umum. Pada tahun 2015, Kolombia anggaran pendidikan meningkat 5,75%, mencerminkan Presiden Juan Manuel Santos' tujuan untuk membuat negara paling terdidik Amerika Latin Kolombia 2025. Data terakhir menunjukkan peningkatan secara keseluruhan dalam akses pendidikan dan pencapaian, terutama di penduduk berpenghasilan rendah, menunjukkan bahwa siswa dari semua latar belakang ekonomi diuntungkan dari kesempatan pendidikan meningkat.

Sistem Pendidikan di Kolombia


Kolombia memiliki sistem sebelas tahun pendidikan dasar dan menengah, yang terdiri dari lima tahun sekolah dasar, empat tahun pendidikan menengah rendah dan dua tahun pendidikan sekolah menengah atas. Ada tiga tingkat Universitas: profesional (profesional/sarjana), maestría/magister (S2), dan dokter (doktor/PhD). 

Ada juga Universitas pendidikan tinggi derajat, técnico (teknisi) dan tecnólogo (teknolog), yang ditawarkan di lembaga-lembaga teknis serta lembaga tingkat Universitas. Departemen Pendidikan (The Ministerio de kebudayaan dan pendidikan Nacional) mengatur semua tingkat pendidikan. Serikat 32 (departamentos) di Kolombia dikenakan dengan penyelenggara pendidikan sesuai dengan peraturan Departemen dan pedoman. Otoritas negara pendidikan adalah Sekretariat pendidikan (secretaria de kebudayaan dan pendidikan). 

Departemen Pendidikan menguraikan tujuan pelajaran dan pelajaran untuk setiap tingkat kelas, tetapi sekolah yang diizinkan untuk mengatur rencana studi tertentu mereka sendiri sesuai dengan masyarakat dan kebutuhan daerah. Siklus pendidikan dasar gratis dan wajib bagi semua anak-anak Kolombia usia lima dan 15. Di tingkat Universitas, biaya yang ditentukan sesuai dengan latar belakang sosial ekonomi masing-masing siswa. Universitas umum biaya biasanya berjumlah sekitar US$ 970 setiap semester dan Universitas swasta biasanya biaya antara $970-5,330 setiap semester.


Bahasa  yang digunakan negara kolombia adalah bahasa Spanyol, tapi bilingualisme mulai mengambil peran baru di Kolombia. Pada tahun 2004, Departemen Pendidikan meluncurkan Program Bilingual nasional, menambahkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk agenda pendidikan secara keseluruhan. 

Melalui keterampilan bahasa Inggris yang meningkat, Kolombia bertujuan untuk meningkatkan akademik dan mobilitas tenaga kerja orang-orang dan juga diyakini menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing global negara. Bahasa Inggris sekarang merupakan bagian dari kurikulum negara dan bilingualisme adalah kriteria untuk akreditasi program pendidikan tinggi. 

Departemen Nasional Pendidikan menawarkan dua pilihan untuk kalender sekolah: "A" dan "B" Kebanyakan Departemen menggunakan kalender A, yang terdiri dari dua semester yang berjalan dari Februari hingga November. Kalender B juga dibagi menjadi dua semester tetapi berjalan dari September hingga Juni. Kedua kalender mengikuti sekolah 198-hari dalam setahun.

Pendidikan dasar 

Pendidikan dasar (kebudayaan dan pendidikan milik pemerintah Primaria) di Kolombia lima tahun kurang lebih, dan membentang dari kelas satu-  lima, dengan kebanyakan anak-anak mulai dari usia 6 tahun. Kurikulum pendidikan dasar diatur oleh Menteri Pendidikan, dan terdiri dari sembilan pendidikan daerah:


  • Ilmu pengetahuan alam dan pendidikan lingkungan 
  • Ilmu sosial, sejarah, geografi, 
  • Konstitusi politik dan demokrasi 
  • Pendidikan seni 
  • Etika dan nilai-nilai kemanusiaan 
  • Pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga 
  • Pendidikan agama 
  • Humaniora, bahasa Spanyol dan luar negeri 
  • Matematika 
  • Teknologi dan teknologi informasi

Siswa akan menerima sertifikat milik pemerintah Primaria Certificado de kebudayaan dan pendidikan setelah selesai menamatkan sekolah.

Pendidikan menengah 

Pendidikan menengah berlangsung 6 tahun dan dibagi menjadi dua siklus; sekolah menengah yang lebih rendah (kebudayaan dan pendidikan Secundaria Básica) dan sekolah menengah atas (kebudayaan dan pendidikan Media).

Pendidikan dasar 

Sekolah menengah (kebudayaan dan pendidikan Básica Secundaria) yang lebih rendah, 4 tahun lamanya dan berjalan dari kelas enam melalui sembilan. Kebanyakan siswa mulai di usia 11 tahun. Semua siswa menerima instruksi akademik mendasar sama di sekolah menengah yang lebih rendah, dan kurikulum mirip dengan yang di sekolah dasar, dengan subyek teknis tambahan dan bahasa asing. Menyelesaikan siklus ini mengarah pada sertifikat dari dasar Baccalaureate penelitian (Certificado de Estudios de Bachillerato Básico atau Certificado de Básico Conclusión del Ciclo).

Pendidikan sekolah menengah atas 

Pendidikan sekolah menengah atas (kebudayaan dan pendidikan Media) berlangsung dua tahun, membentang dari nilai 10 sampai 11 tahun, dan ditujukan bagi mahasiswa antara usia 15-16 tahun. Pada tingkat ini, siswa memilih antara program khusus yang berbeda atau "trek." Ada dua trek yang berbeda: akademik (Bachillerato Académico) dan teknis (Bachillerato en Tecnología o Aplicado). Jalur akademik memberikan siswa dengan pendidikan umum dalam seni, ilmu dan humaniora. Jalur teknis lebih kejuruan di alam dan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki angkatan kerja. Jalur teknis dibagi lagi menjadi:


  • Teknis Track (Bachiller en Tecnología o Aplicado) 
  • Industri trek (Bachillerato industri) 
  • Jalur bisnis (Bachillerato Comercial) 
  • Pedagogis Track (Bachillerato Pedagógico) 
  • Pertanian Track (Bachillerato Agropecuario) 
  • Promosi sosial Track (Bachillerato de Promoción sosial)

Pendidikan tinggi 

Pendidikan tinggi tersedia dari lembaga swasta dan publik. Pendidikan tinggi di Kolombia sedikit lebih diprivatisasi daripada pendidikan tinggi di Amerika Serikat:

wenr.wes.org


Pendidikan tinggi (kebudayaan dan pendidikan superior) di Kolombia mengikuti struktur tiga tingkat sarjana-sarjana, pasca sarjana dan doktor tingkat


Sumber : wenr.wes.org 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar