follow us

Ini yang menyebabkan Sistem Pendidikan Vietnam Sukses, Coba Bandingkan!

Pilihan Pembaca


Sekilas Tentang Vietnam


Shalaazz - Vietnam adalah negara ke-14 yang paling padat penduduknya di dunia, ke-8 di Asia, dan ke-3 di Asia Tenggara dengan populasi lebih dari 93 juta dan masih bertumbuh. Penduduk perkotaan adalah sekitar 30 juta dan penduduk pedesaan sekitar 60 juta. Sekitar 40% dari populasi adalah antara usia 10-25, yang berarti populasi muda dan tumbuh akan terus menuntut peningkatan akses ke pendidikan tinggi. 

Bahasa resmi Vietnam adalah Bahasa Vietnam, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua semakin populer. Hal ini diterima secara luas bahwa kefasihan dalam bahasa Inggris mengarah ke karir yang lebih sejahtera di Vietnam. Menurut PBB, tingkat kemampuan membaca adalah 94% per 2013. Agama tidak pernah dianggap sebagai faktor penting untuk pembangunan ekonomi dan pendidikan; Namun, Buddhisme adalah agama dominan di seluruh negeri (Kantor Statistik Umum Vietnam, 2015). 

Penerimaan Vietnam ke dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada tahun 2007 merupakan langkah fundamental dalam proses pembangunan bangsa. Meskipun perlambatan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, negara berorientasi ekspor masih tumbuh kuat, melaporkan tingkat pertumbuhan PDB 5,5% pada tahun 2014, laju terkuat sejak 2011, dan memprediksi pertumbuhan lebih lanjut dari 6,1% untuk 2015. 

Sebuah masuknya investasi asing langsung dan peningkatan organisasi multinasional mulai operasi di Vietnam sebagian besar bertanggung jawab (ADB, 2014). Pabrik, informasi dan teknologi, serta industri yang maju merupakan alasan dari pesatnya perkembangan ekonomi nasional di negara ini. Meskipun terdapat banyak pertumbuhan industri, namun tidak banyak terdapat manajer maupun insunyir yang kompeten. Banyak insinyur lokal yang tidak paham mengenai informasi dan teknologi serta bahasa asing, dan banyak juga manajer yang tidak paham mengenai bahasan finansial maupun bagaimana cara mengelola manajemen dengan baik. 

Sebagai hasilnya, pemerintah Vietnam telah mengimplementasikan pelatihan-pelatihan bagi para tenaga kerja di Vietnam. Bagian pariwisata juga merupakan satu hal yang cukup berkembang di Vietnam belakangan ini. Banyaknya hotel-hotel besar dan resort di sepanjang pantai Timur Vietnam telah menghasilkan permintaan yang tinggi untuk disediakannya tenaga kerja berpendidkan yang dapat menjalani pekerjaan di bidang pariwisata. 

Sistem Pendidikan di Vietnam

Sejak tahun 1990 Kementerian Pendidikan dan Pelatihan telah mengawasi hampir seluruh aspek dari sistema pendidikan di Vietnam, termasuk peraturan mengenai institusi baru, pembuatan buku ajaran dan kurikulum, persyaratan masuk, serta pemberian sertifikas dan ijazah. Beberapa lembaga tertentu berada di bawah pengawasan kementerian lain, namun sebagian besar berada di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Pelatihan. 

Pendidikan di Vietnam diatur pada tingkat nasional oleh Departemen Pendidikan dan pelatihan. 
Pra-sekolah atau taman kanak-kanak (yang ini opsional) ditawarkan dari usia sekitar 18 bulan, di Vietnam, dengan pendidikan wajib dari usia 6. Hanya lima tahun pendidikan dasar dianggap wajib. Setelah selesai SMP, anak-anak melanjutkan ke pendidikan menengah (Trung học cơ sở) dan pendidikan sekolah menengah atas (Trung học phổ thông) yang lebih rendah.

Pra-sekolah : opsional untuk anak-anak yang berusia antara 18 bulan dan lima tahun oldFees mungkin harus dibayarkan, dan Taman kanak-kanak yang lebih umum ditemukan di kota besar 
Sekolah dasar : wajib dari usia enam sampai 11 untuk semua childrenEducation tingkat SD gratis
Trung học cơ sở / Trung học phổ thông (sekolah menengah) : Pendidikan menengah terbagi atas dan bawah programmesNot wajib

Pra-sekolah 

Pra-sekolah di Vietnam tidak wajib, jadi jika  ingin anak-anak hadir untuk belajar dini, harus mendaftar langsung sekolah yang telah pilih. Daftar sekolah-sekolah di daerah dapat ditemukan di kantor pendidikan setempat. Tempat-tempat tersedia di Taman kanak-kanak yang terutama di kota-kota besar, untuk anak-anak yang berusia antara sekitar 18 bulan dan lima tahun, dengan biaya yang biasanya harus dibayar. Banyak sekolah internasional juga menawarkan pendidikan pra-K, untuk anak-anak yang sangat muda, dengan biaya untuk masuk ke pra sekolah..

Sekolah dasar 

Dari usia enam tahun,  wajib untuk menghadiri sekolah dasar di Vietnam. Walaupun pendidikan wajib berlangsung hanya lima tahun, juga dihadiri lebih dari 95% dari anak-anak yang mendaftar untuk setidaknya beberapa tahun utama. Tahap ini sekolah disediakan secara gratis.
Sekolah dasar berlangsung selama lima nilai, dan kurikulum luas, meliputi keterampilan dasar, pendidikan jasmani dan bahasa Vietnam. Studi moral juga termasuk dalam silabus utama. Biasanya bahasa asing tidak mulai sampai tingkat menengah.

Sekolah menengah (Trung học cơ sở / Trung học phổ thông) 

Pendidikan menengah di Vietnam dibagi menjadi dua program - rendah menengah (Trung học cơ sở) berjalan untuk siswa berusia 11-15 tahun, dan menengah atas (Trung học phổ thông) melayani mahasiswa yang telah lulus program lebih rendah dan ingin tinggal di pendidikan sampai usia 18 tahun. Siswa dapat memilih untuk belajar ilmu pengetahuan berbasis program atau program seni dan humaniora. Pada usia ini, biasanya ada pilihan untuk belajar bahasa kedua, yang mungkin bahasa Inggris, Perancis atau Cina.

Serta sekolah menengah biasa, ada tertentu sekolah bagi siswa berbakat. Persaingan untuk sekolah-sekolah sangat sengit.
Tingkat pendidikan tidak dianggap wajib di Vietnam, dan siswa harus mengambil ujian masuk untuk mendapatkan tempat. Kurikulum ini menuntut dan reformasi telah diusulkan untuk membuatnya kurang pressurised bagi siswa.

Bagaimana sistem libur di vietnam?

Setiap tahun Sekolah di Vietnam sistem negara berjalan dari bulan Agustus atau September sampai Mei atau Juni, meskipun tanggal tepatnya sedikit berbeda sesuai dengan preferensi sekolah tertentu. Tahun dibagi menjadi dua semester. Biasanya sekolah menjalankan Senin sampai Sabtu, dengan siswa yang menghadiri enam hari seminggu, tetapi hanya setengah dari setiap hari. 

Hal sebagian untuk mengurangi berkerumun, sebagai sekolah secara efektif dapat menjalankan sistem shift, dengan beberapa anak yang bersekolah di pagi hari, dan siswa berbeda yang datang untuk sore hari. It's worth dicatat bahwa kalender ini berlaku hanya untuk sekolah negeri  - di sekolah-sekolah swasta dan internasional standar kalendar Barat, dengan istirahat panjang musim panas dan beberapa minggu liburan Natal, jauh lebih mungkin untuk diterapkan.

Berapa Biaya Pendidikan di Vietnam? 

 Ada beberapa  biaya pendidikan yang cukup rendah  di bawah sistem negara, buku dan kontribusi untuk peralatan sekolah, serta biaya tambahan untuk seragam, bahan transportasi dan sekolah. Jika  tidak memilih sistem negara dan memutuskan untuk menemukan sebuah sekolah internasional swasta, biayanya tinggi. 

Vietnam memiliki sejumlah sekolah internasional, terutama di kota besar, mengajar dalam bahasa Inggris dan bahasa utama dunia lain. Sekolah internasional sering menggunakan baik International Baccalaureate silabus, varian dari kurikulum standar Amerika Serikat atau menggunakan kurikulum dan ujian jadwal dari negara lain seperti Inggris atau Australia. 

Sekolah internasional yang umumnya standar yang tinggi, dan karena itu biasanya kompetitif. mungkin menemukan bahwa pengujian dan wawancara yang diperlukan untuk mengamankan penerimaan atau ditempatkan pada daftar tunggu untuk sekolah populer. Biaya bervariasi tergantung pada sekolah tertentu dan program yang mereka tawarkan. 

Biaya apapun dari USD 10.000 USD 20,000 setahun tidak lazim, mencakup biaya kuliah, tetapi biasanya tidak sekolah transportasi atau makan siang. Hal ini juga diperhatikan bahwa sekolah internasional biasanya memungut biaya lain seperti biaya pendaftaran dan admin, yang pembayaran satu kali atau tahunan samping biaya kuliah dan uang jaminan. Dalam kebanyakan kasus, pendidikan di negara dan sektor swasta akan datang pada biaya, jadi apapun rutenya, memutuskan yang terbaik untuk keluarga ,jika ingin menyimpan sebagai banyak uang sebanyak mungkin. Jika sedang pendanaan pendidikan anak dari akun anda  kembali ke rumah, pertimbangkan untuk menggunakan TransferWise untuk mendapatkan nilai tukar yang nyata dan memotong biaya transfer bank internasional yang mahal.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar