follow us

Menelusuri Sistem Pendidikan di Ukraina, Intip Keunikannya

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan di ukraina
sistem pendidikan di ukraina

Sekilas tentang Ukraina

Shalaazz - Ukraina adalah sebuah negara yang terletak di tenggara Eropa. Memiliki area seluas 603,628 km² menjadikan Ukraina negara perbatasan terbesar di benua Eropa. Ukraina berbatasan dengan Polandia, Slowakia, Hungaria, Rumania, Moldova, Belarus dan Rusia Secara ekonomi, Ukraina merupakan negara industri dan negara penghasil pertanian. Ukraina diberkahi oleh sumber daya alam dan dikenal sebagai keranjang roti Eropa. Hampir secara keseluruhan Ukraina terdiri dari dataran dan menghabiskan sebagian besar Dataran Eropa Timur. 

Bagian tengah Ukraina terdiri dari dataran rendah Dnepr, yang dialiri sungai Dnepr yang mengalir dari Utara ke Selatan. Dataran rendah lainnya membentang sepanjang pantai di laut Hitam dan Azov di selatan Ukraina, sementara semenanjung Crimean, di ujung selatan, memiliki dataran rendah dan pegunungan rendah. Ukraina Barat memiliki sejumlah dataran tinggi, dan pegunungan Carpathian membentang sepanjang lebih dari 240 km (150 mil). Ukraina berada dalam zona iklim sedang dan menerima 16 hingga 24 inci (400 hingga 600 mm) pengendapan per tahun. Musim dingin sedikit ringan, tidak ada rasa dingin yang parah tetapi salju biasa turun kecuali di wilayah selatan. Sungai dan danau membeku di musim dingin. 

Musim panas agak panas dan kering, dengan hujan yang sekali-kali turun. Tanah hitam yang subur mendapat cukup air selama musim semi dan musim gugur dan disoroti banyak sinar matahari selama musim panas. Karena kondisi iklim yang baik, secara tradisional Ukraina merupakan area pertanian. Di sini bertumbuh gandum, jagung, soba, sayuran merah dan hijau, beragam jenis buah, melon dan beri. Ukraina adalah salah satu sumber utama penghasil gula dunia. 

Ukraina menghasilkan gula bagi kebutuhan domestik dan internasional. Negara ini kaya akan sumber daya alam, seperti bijih besi, batu bara, logam warna, minyak, gas, garam, tanah liat dan tenaga air potensial. Ukraina telah mengembangkan industri yang bervariasi, terkonsentrasi sebagian besar di dan sekitar kota-kota besar, seperti Kiev, Kharkiv, Odessa, Dnepropetrovsk, Donetsk, Zaporozhe, Dneprodzerzhinsk, Lvov, Nikolayev dan lainnya. 

Ukraina memproduksi pesawat dan kapal laut, truk dan bis, mobil dan lokomotif, komputer dan peralatan elektronik, peralatan presisi dan mesin pertanian, TV dan radio, zat kimia dan tekstil, dan beragam barang-barang keperluan. Odessa, Sevastopol, Nikolayev, Kherson dan Kerch adalah pelabuhan-pelabuhan utama Ukraina. 

Ukraina adalah negara republik demokratis. Rakyat memilih presiden, parlemen (Verkhovna Rada), walikota dan utusan daerah serta dewan kota melalui pemungutan suara langsung. Undang-undang Dasar Ukraina menetapkan 40 jam kerja selama 1 minggu, dan juga menjamin hak berlibur tahunan bagi warga negaranya. Undang-undang Dasar dan hukum di Ukraina menjamin bahwa warga negara Ukraina tidak bisa didiskriminasi atau dituntut atas pandangan politik dan kewarganegaraan mereka. Sistem pendidikan Ukraina dianggap yang paling maju di dunia; sistem ini menawarkan beragam kesempatan belajar bagi siswa lokal dan internasional. Terdapat hampir 400 bangunan sekolah tinggi (universitas) di Ukraina. Di antaranya terdapat 220 institusi negeri, dan 93 swasta, dan sejumlah institusi kotamadya. 

Seseorang dapat memperoleh pendidikan lanjutan di universitas, sekolah tinggi, atau lembaga yang setara dengan universitas, yang secara tradisional disebut “institut” yang terakreditasi tingkat 3 atau 4. Akhir-akhir ini, Ukraina telah menjadi tujuan terkemuka bagi siswa dikarenakan biaya pendidikan yang murah, pengakuan global, kesempatan belajar dalam bahasa Inggris dan pengalaman menjadi siswa internasional yang bisa didapat setelah menyelesaikan sekolah mereka.  

Sistem Pendidikan di Ukraina


Pendidikan Prasekolah. 

untuk Ukraina, seperti banyak orang Eropa, pendidikan dimulai dengan lembaga pendidikan pra-sekolah, biasanya – dari TK. Di 2 (kadang-kadang dengan 1.5), anak mendapat di dalam palungan, dengan 3 – pada kelompok yang lebih muda. Terkadang, keluarga memutuskan untuk mengajar anak di rumah, tapi karena 2001, wajib pendidikan prasekolah untuk anak-anak 5 tahun. Orang tua dapat memilih TK atau kelompok tinggal pendek, sekarang lebih dari 1,000 kelompok-kelompok seperti beroperasi di Ukraina. Di sekolah menengah kelompok kerja untuk mempersiapkan anak-anak untuk sekolah. siswa masa depan ada menerima pengetahuan dasar, serta berkenalan dengan cara sekolah, guru dan teman sekelas. Dengan 6 tahun anak bisa pergi ke sekolah.

Pelajaran kedua 

Pendidkan kedua ini wajib dan diperoleh dalam berbagai jenis sekolah, kebanyakan – di sekolah menengah. Ini memiliki tiga tingkat: saya – sekolah dasar (nilai 1-4), memberikan pendidikan umum utama, II – sekolah dasar (nilai 5-9), memberikan pendidikan umum dasar; AKU AKU AKU – SMA (nilai 10-11), menyediakan pendidikan menengah lengkap. pengaturan sekolah – pengembangan serba anak, memberinya pengetahuan bahwa, yang mengharuskan untuk masyarakat. sekolah harus mempromosikan profesional penentuan nasib sendiri, perkembangan fisik dan pembentukan standar moral dan etika dasar. pengembangan tambahan dari kemampuan dan bakat dicapai dalam pendidikan non-formal. Sekolah-sekolah ini termasuk klub olahraga, sekolah seni, berbagai klub mahasiswa dan organisasi serupa, publik atau swasta

Pendidikan Teknis dan Kejuruan 

Berfokus pada memperoleh spesialisasi tertentu. Karena itu, bagi mereka untuk dikirim ke lembaga-lembaga pendidikan yang melatih profesi bekerja. Ini sekolah kejuruan dan sekolah tinggi (artistik, teknis, lebih tinggi), perusahaan sekolah-pertanian dan pabrik-pabrik, pusat pelatihan dan tempat-tempat serupa. Mereka juga meliputi pusat pelatihan kejuruan, pelatihan dan pelatihan ulang pekerja. SMK sering bekerja sama dengan perusahaan – pelatihan bagi pelanggan. Untuk mendapatkan profesi mahasiswa bekerja secara umum tidak diperlukan untuk bersekolah, karena Anda dapat dilatih langsung dalam pembuatan.

Pendidikan  Tinggi 

Pendidikan tinggi di Ukraina terstruktur sesuai dengan sistem pendidikan negara-negara maju, yang diawasi oleh UNESCO, PBB dan organisasi internasional lainnya. Ini menyediakan ilmiah mendasar, pelatihan profesional dan praktis, pelatihan ulang dan kualifikasi siswa. Bentuk studi di perguruan tinggi yang beragam: waktu penuh, paruh waktu, jarak atau gabungan, yang menggabungkan beberapa bentuk-bentuk. untuk universitas, ada empat tingkat akreditasi: saya – sekolah teknis dan lembaga pendidikan tinggi yang setara; II – Perguruan tinggi dan disamakan dia lembaga pendidikan tinggi; III dan IV (tergantung pada hasil akreditasi) – lembaga, konservatori, akademi, Universitas. Sejak 2008, prasyarat untuk masuk ke pendidikan tinggi adalah lulus dari evaluasi independen eksternal (PDU). Di 2016, siswa akan mengambil tes dalam mata pelajaran seperti: bahasa dan sastra Ukraina, sejarah Ukraina (dari zaman kuno sampai hari ini), kimia, fisika, biologi, matematika, geografi, sebaik – Inggris, Spanyol, Jerman, Rusia dan Prancis. Setelah lulus Anda bisa mendapatkan gelar – di pasca sarjana dan doktor studi. Ini termasuk penulisan dan pertahanan dari tesis – PhD atau doktor masing-masing – serta akuisisi penelitian dan pengalaman mengajar.

Pendidikan pasca sarjana 

Pendidikan pascasarjana memungkinkan untuk memperoleh kualifikasi baru, profesi atau pekerjaan. Sering, ini terjadi atas dasar pendidikan yang sudah diperoleh di sekolah sebelumnya, meskipun Anda bisa mendapatkan merek baru dan khusus. Untuk lulus perguruan yang lembaga (pusat), pelatihan lebih lanjut atau pelatihan ulang, unit terkait dari lembaga pendidikan tinggi, lembaga pendidikan kejuruan, pusat ilmiah dan metodologis pendidikan kejuruan dan subdivisi dalam organisasi dan perusahaan.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar