follow us

Irlandia : Salah Satu Negara Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia, Cek Ulasannya!

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan di irlandia
sistem pendidikan di irlandia

Sekilas Tentang Irlandia

Irlandia (Bahasa Irlandia: Poblacht na hÉireann) merupakan sebuah negara yang mencakup lima perenam Pulau Irlandia yang terletak di bagian barat laut Eropa. Nama resmi negaranya adalah Irlandia (Éire), yang digunakan oleh organisasi-organisasi internasional untuk menunjuk ke negara ini. Populasi Irlandia berjumlah lebih dari 4 juta jiwa dan termasuk anggota Uni Eropa. 

Wilayah Pulau Irlandia yang tidak termasuk republik ini dimiliki oleh Irlandia Utara, bagian dari Britania Raya. Irlandia mencakup 70.273 km² atau 83% dari luas Pulau Irlandia di bagian selatan, dengan sisanya merupakan wilayah Irlandia Utara. Batas baratnya adalah Samudra Atlantik, sedangkan di timur terdapat Laut Irlandia yang berhubungan dengan samudra lewat Selat St. George dan Laut Keltik. Pesisir barat Irlandia terdiri dari tebing, bukit, dan gunung kecil. Bagian dalamnya dilewati berbagai sungai, salah satunya adalah Sungai Shannon. 

Kota-kota di Irlandia antara lain Dublin, Cork, Galway, dan Limerick. Iklim di Irlandia adalah sedang dan dipengaruhi oleh arus Atlantik Utara. Musim panasnya tidak begitu panas dan musim dinginnya juga tidak terlalu dingin. Beberapa bagian Irlandia mendapatkan 275 hari dengan hujan dalam setahun. Penduduk Irlandia meningkat pesat dari sekitar 2,5 juta pada tahun 1767 menjadi lebih dari 4 juta pada 1781. Berdasarkan sensus bulan April tahun 2006 Jumlah Penduduk Irlandia adalah sebanyak 4.234.945 juta orang . Sensus agama sama sekali tidak dapat diandalkan, namun pada tahun 1834 diperkirakan bahwa hampir 81% dari penduduk Irlandia menganut agama Katolik, 10% Anglikan, dan 9% Presbiterian (http://www.oup.co.uk/vsi/history). 

Mayoritas agama yang di anut oleh Irlandia adalah Kristen. Kekristenan Irlandia didominasi oleh Gereja Katolik Roma. Secara historis, sebelum kedatangan agama Kristen, Celtic politeisme merupakan agama yang dominan di Irlandia. Konstitusi Irlandia, saat ini, menyetujui undang-undang yang melarang penistaan agama, dan menyatakan bahwa negara tidak boleh memberkati agama tertentu, akan tetapi jaminan kepada warganya dalam menjalankan kebebasan beragama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing; orang yang melanggarnya akan dikenai denda sampai 25 ribu euro

Sistem Pendidikan di Irlandia

Shalaazz - Sistem Pendidikan di Irlandia Pendidikan wajib untuk anak-anak di Irlandia dari usia enam sampai 16 tahun  atau sampai mahasiswa menyelesaikan tiga tahun pendidikan tingkat kedua. Sistem pendidikan Irlandia terdiri dari primer, kedua, ketiga-tingkat dan pendidikan lanjutan. Pendidikan didanai negara juga tersedia di semua tingkat, kecuali jika  memilih untuk mengirim anak  ke sebuah lembaga swasta. 
Pendidikan pra-sekolah biasanya disediakan oleh fasilitas penitipan anak yang didanai swasta atau penyedia. Awal masa kanak-kanak perawatan dan pendidikan (ECCE) skema menyediakan satu tahun gratis perawatan anak usia dini dan pendidikan untuk anak-anak usia pra-sekolah. Beberapa inisiatif pra-sekolah yang difokuskan pada anak-anak beresiko didanai oleh Departemen Pendidikan dan keterampilan.

Pendidikan Pertama 

Di irlandia, Anak-anak tidak harus menghadiri sekolah sampai usia enam tahun, tetapi biasanya untuk anak-anak untuk memulai sekolah pada bulan September setelah ulang tahun keempat. Empat tahun dan lima tahun terdaftar di SMP atau senior kelas bayi. 

Kurikulum pendidikan utama meliputi bidang-bidang utama berikut: Bahasa, matematika, sosial, lingkungan dan ilmiah pendidikan, pendidikan seni termasuk seni visual musik dan drama, integrasi fisik, sosial pribadi pendidikan dan kesehatan. Sekolah dasar umumnya milik pribadi oleh komunitas religius (atau Dewan Gubernur) tetapi didanai negara.

Pendidikan Sekunder( Menengah)

Pendidikan tingkat kedua disediakan oleh berbagai jenis sekolah setelah sekolah dasar adalah, sekolah menengah, vocational, komunitas dan sekolah-sekolah komprehensif. Sekolah menengah swasta yang dimiliki dan dikelola. Dalam kebanyakan kasus Pengawas adalah komunitas religius atau Dewan Gubernur. 

Sekolah kejuruan didirikan oleh negara dan dikelola oleh Komite pendidikan kejuruan. Komunitas dan sekolah-sekolah komprehensif yang dikelola oleh Dewan Pengurus komposisi berbeda. Pendidikan tingkat kedua terdiri dari sebuah siklus tiga tahun junior yang diikuti oleh dua tahun atau tiga tahun siklus senior tergantung pada apakah tahun transisi opsional diambil setelah pemeriksaan Junior sertifikat. Siswa umumnya memulai siklus SMP di usia 12. 

Junior sertifikat diambil setelah tiga tahun. Transisi tahun berikut Junior Sertifikat pemeriksaan. Tahun ini bebas dari ujian-ujian formal dan memungkinkan siswa untuk mengalami berbagai masukan pendidikan, termasuk pengalaman kerja. Selama masa dua akhir dalam siklus senior, siswa mengambil salah satu dari tiga program, setiap terkemuka untuk pemeriksaan negara - sertifikat meninggalkan didirikan, meninggalkan sertifikat program kejuruan atau diterapkan sertifikat meninggalkan. 

Sertifikat meninggalkan didirikan adalah dasar utama berdasarkan tempat di Universitas, Institut Teknologi dan perguruan tinggi pendidikan yang dialokasikan. Meninggalkan sertifikat program kejuruan berbeda dari sertifikat meninggalkan didirikan di menempatkan konsentrasi pada subyek teknis dan termasuk modul tambahan yang memiliki fokus kejuruan. 

Program diterapkan sertifikat meninggalkan memiliki sebagai tujuan utamanya persiapan peserta untuk dewasa dan kehidupan kerja melalui pengalaman belajar yang relevan. Ini bertujuan untuk mengembangkan bidang usaha: estetika spiritual, intelektual, sosial, emosional, dan fisik. Diterapkan sertifikat meninggalkan tidak diakui untuk langsung masuk ke kursus tingkat ketiga tetapi hal ini dapat memungkinkan siswa untuk mengambil kursus sertifikat Post-Leaving.

Pendidikan level ketiga 

Pendidikan ketiga di irlanida terdiri dari sejumlah sektor. Sektor Universitas, sektor teknologi dan perguruan tinggi pendidikan secara substansial didanai oleh negara. Selain itu ada beberapa perguruan tinggi swasta yang independen. 

Ada tujuh Universitas yang otonom dan pemerintahan sendiri. Mereka menawarkan program gelar sarjana, Master, dan doktor tingkat. Sektor teknologi termasuk Institut Teknologi yang menyediakan program-program pendidikan dan pelatihan di bidang bisnis, ilmu pengetahuan, teknik, linguistik dan musik untuk tingkat sertifikat, diploma dan gelar. 

Departemen Pendidikan dan keterampilan memiliki tanggung jawab keseluruhan untuk sektor. Perguruan tinggi pendidikan mengkhususkan diri dalam pelatihan untuk guru tingkat pertama. Mereka menawarkan gelar sarjana tiga tahun pendidikan sarjana dan diploma pascasarjana. 

Pelatihan tingkat dua guru biasanya melibatkan menyelesaikan gelar utama di Universitas atau institusi tingkat ketiga lainnya yang diikuti oleh satu tahun lebih tinggi diploma dalam pendidikan. Selain itu, ada perguruan tinggi pendidikan yang mengkhususkan diri dalam pelatihan guru tingkat kedua rumah ekonomi, guru-guru agama dan pendidikan jasmani.

Pendidikan lebih lanjut dan dewasa

Pendidikan lanjutan terdiri pendidikan dan pelatihan yang terjadi setelah tingkat kedua sekolah tetapi yang bukan merupakan bagian dari sistem tingkat ketiga. Ini termasuk program-program seperti Post-Leaving Sertifikat kursus; Skema kesempatan pelatihan kejuruan (kedua-kesempatan pendidikan bagi menganggur); program-program di Youthreach untuk lulus sekolah awal; lain melek huruf dan pendidikan dasar; dan orang dewasa diri didanai malam program di sekolah-sekolah tingkat kedua.

Pendidikan kebutuhan khusus untuk siswa Penyandang Disabilitas

Penyediaan pendidikan untuk siswa dengan kebutuhan pendidikan khusus berkisar dari dukungan tambahan dalam sekolah mainstream dukungan spesialis di sekolah-sekolah khusus. Seorang pelajar dengan cacat akan terdaftar dalam a: Kelas utama dengan dukungan tambahan Kelas khusus di sekolah umum atau Sekolah khusus yang melayani siswa dengan kategori nya disabilitas.




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar