follow us

Sistem Pendidikan DI Polandia

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan polandia

Sistem pendidikan 

Polandia - negara Eropa Timur ini, yang berbatasan dengan Rusia, Belarus, Lithuania, Jerman, Ukraina, Slowakia dan Republik Ceko. Pendidikan di Polandia, dalam keadaan seperti itu, yang merupakan anggota penuh Uni Eropa, memenuhi standar yang tinggi. diploma Polandia dianggap pan-Eropa. Mengapa mendapatkan pendidikan menengah atau lebih tinggi Polandia saat ini cenderung penduduk banyak negara lainnya?

  • Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah perguruan tinggi telah meningkat di sini 4 melipat, dan siswa sendiri menjadi lebih dari lima kali. Hal ini di negeri ini, itu adalah universitas tertua di Eropa - Jagiellonian, terletak di kota Krakow. Saat ini di Polandia ada sekitar 138 negara dan 310 sekolah biaya; 
  • Semua lembaga ini sekarang menawarkan siswa menjalani program pelatihan di Polandia, dan bahasa Inggris. Peserta menawarkan pilihan spesialisasi; 
  • Persyaratan, yang akan dilakukan untuk masuk, tidak terlalu sulit. Untuk orang asing, skema beasiswa yang tersedia dan diskon, Memiliki kesempatan untuk menerima hibah untuk sebagian dibayar atau pendidikan gratis di Polandia. Pemerintah sedang mengembangkan program untuk menarik siswa dari negara lain, menawarkan hari ini salah satu nilai terbaik untuk biaya dan kualitas pembelajaran atas dasar kesetaraan dengan negara-negara lain, terletak di wilayah Eropa Timur.

Pendidikan di Polandia

Sistem pendidikan negara ini membutuhkan perkembangan anak prasekolah, akuisisi wajib pengetahuan di sekolah (Ada dua jenis - awal enam tahun untuk semua anak 7 untuk 13 tahun, dan tiga tahun memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan di sekolah tinggi - untuk remaja dengan 13 untuk 16 tahun), dengan opsi untuk pendidikan tinggi.


Sistem pendidikan Polandia dibagi menjadi tahapan sebagai berikut:


  • Prasekolah - untuk anak-anak dari 3 untuk 6 tahun. Anak-anak dapat diberikan untuk taman kanak-kanak gratis, jika anak tinggal di fasilitas tersebut tidak akan melebihi lima jam per hari. Jika tidak, Anda akan harus melakukan pembayaran untuk tenaga dan waktu, yang akan memberinya pendidik (untuk warga negara dan orang asing harus menjadi tahun terakhir di TK). Untuk semua anak-anak, mencapai usia 6 tahun, adopsi dari pelatihan tahunan di TK atau di sebuah sekolah dasar untuk lebih belajar di sekolah;
  • Rata-rata - SD, di mana anak-anak belajar 7 untuk 13 tahun. sekolah kemudian tinggi - dari usia 13, atau sekolah tinggi - pendidikan SMA, SMK dan Perguruan Tinggi (periode studi di tiga lembaga pertama adalah tiga tahun, di kedua - empat); 
  • Pendidikan tinggi di Polandia melibatkan pelatihan, yang melewati 3 - 3, 5 tahun (di profesi teknis, periode ini meningkat untuk tahun ini). Memperoleh gelar master berlangsung sekitar 2 - 2, 5 tahun. Tahun ajaran di shkolePolshi SD , dan di sekolah tinggi dibagi menjadi dua semester, mengadopsi sistem evaluasi enam poin (di sekolah menengah) dan lima-titik (lebih tinggi). 
  • Pada akhir lulusan sekolah menengah mengikuti ujian dan menerima matrikulasi, yang akan memberikan hak untuk masuk universitas; setelah dapat mengandalkan sarjana muda, master atau insinyur (tunduk pada pengembangan spesialisasi teknis dan pertanian).

pendidikan lanjutan 

Setelah lulus dari TK dan wajib untuk semua pra-sekolah, Setiap anak di Polandia pergi untuk belajar di sekolah dasar, dan kemudian di sekolah tinggi.



  1. sekolah melibatkan akuisisi pengetahuan tentang tahap-tahap ini: 
  • 1-3 kelas sekolah di semua disiplin melakukan satu guru, pada saat yang sama mendapatkan pengetahuan Pendidikan Jasmani, musik atau bahasa asing sering bisa menjadi guru - predmetnika; tidak ada kerangka waktu yang jelas dari pelajaran, dan mahasiswa juga dapat mengikuti kelas tentang etika dan agama (meskipun tertarik seperti, umumnya, tidak begitu banyak); 
  •  4-6 anak-anak sekolah muncul guru kelas dan guru, yang akan mengajarkan mata pelajaran seperti, a Polandia, serta bahasa asing (sering berarti Inggris), informatika, sejarah, Sifat-studi, matematika, gambar, musik, budaya fisik, pelajaran tentang teknik (mereka juga tenaga kerja), fitur opsional dapat belajar agama atau etika. Di kelas 6 harus lulus akhir ujian, yang melakukan komite pemeriksaan khusus;
  1. Setelah lulus dari sekolah dasar, siswa, Usia yang 13 - 16 tahun, datang ke sekolah (Belajar itu2 termasuk dalam sistem wajib sebagai konsekuensi dari reformasi, diselenggarakan di 1999 tahun). Sistem pendidikan menengah di Polandia pada tahap ini melibatkan pengembangan mata pelajaran berikut - bahasa asing (Inggris, serta Jerman atau Rusia) dan mata pelajaran umum lainnya, mirip dengan, yang diajarkan di sekolah-sekolah lain. Biasa bagi disiplin ilmu seperti mungkin tampak, sebagai "pengetahuan Artistik" dan "Pengetahuan teknis" (muncul di program sekolah 2009 tahun). Dengan rilis gimnasium harus lulus ujian, yang dapat dibagi menjadi empat bagian:
  • kemanusiaan; 
  • Ilmu alam; 
  • matematika;
  • bahasa.
  1. Memperoleh pengetahuan di perguruan tinggi dan lyceums. Yang paling populer di kalangan siswa sekolah umum dan tinggi dengan kelas khusus, namun banyak siswa lebih memilih sebagai pendidikan tinggi empat tahun dalam sebuah studi di sekolah kejuruan (istilah untuk dua tahun) dan pemahaman dari dasar-dasar ilmu di sekunder bacaan pendidikan umum (2 tahun).

Jika pelamar di negara-negara lain pada saat masuk ke perguruan tinggi yang telah mencapai usia 18 tahun, kemudian bagi rakyat Polandia, angka ini bisa mencapai 19 atau 20 tahun

Pada akhir sekolah menengah lulusan diterima untuk memeriksa sistem pemeriksaan pengetahuan, disebut Matura (mereka tindak lanjut, dalam kasus berhasil menyelesaikan, Anda dapat mengandalkan studi gratis di perguruan tinggi negeri), yang meliputi:

  • tes lisan di Polandia dan bahasa asing; 
  • ujian tertulis di mata kuliah wajib, yang Polandia, bahasa asing, dan matematika

Sistem pendidikan tinggi polandia

Pada waktu kita, untuk mendapatkan kualitas dan pendidikan bergengsi memiliki kesempatan sebagai warga negara ini, dan orang asing, lebih, dari 450 lembaga pendidikan.

Terlepas dari Universitas Jagiellonian, Diploma Pendidikan Tinggi sekarang dapat diterbitkan di Lublin, Warsaw, Poznan, Szczecin dan kota-kota lain negara.
Studi di Polandia melibatkan tidak hanya ijazah dari sampel Eropa, tetapi pengetahuan juga besar dalam banyak disiplin ilmu. Hampir semua universitas menawarkan calon siswa belajar penuh waktu dan kursus korespondensi, serta studi pascasarjana dan doktoral. Dua kali setahun, sekolah negara terus hari terbuka khusus, yang menjelaskan fitur masuk ke lembaga ini. 

Untuk mendaftar di salah satu universitas di negara itu, Anda harus menyerahkan dokumen-dokumen berikut ke kantor penerimaan:
  • sertifikat, diperoleh setelah lulus bersama dengan salinan notaris; 
  • Mencetak formulir dengan data pribadi Anda (IRK); 
  • Bantuan dari lembaga kesehatan; 
  • Salinan dokumen, identitas peserta yang (paspor); tiga foto (juga secara elektronik).

Dalam rangka untuk mendapatkan pendidikan tinggi di salah satu fakultas yang paling populer, harus melewati sejumlah ujian, dan lembaga olahraga diperkenalkan peraturan tambahan. Daerah-daerah saat ini bisa disebut paling populer di kalangan mahasiswa Polandia:

  • informatika; 
  • ekonomi;
  • obat; 
  • budaya fisik (melatih pelatih dan guru masa depan - subjek).

Bentuk pengajaran dan organisasi proses pendidikan 

Dapatkan gelar sarjana adalah mungkin setelah hanya tiga tahun pelatihan (6 - 7 terminal, durasi masing-masing 4 bulan), siswa gelar Master menerima, yang belajar selama satu tahun lebih (dari 4 untuk 5 terminal), dan setelah melewati program lima tahun sesuai dengan fokus tematik ini dianugerahi gelar bergengsi Guru-Insinyur. 
 Sistem Polandia kontemporer menawarkan siswa penuh waktu, zaochnuyu, malam dan pembelajaran jarak jauh, dan externship. Untuk belajar di rumah sakit menerima lima hari jadwal, dimana satu hari (kebanyakan dari Jumat) ditugaskan untuk pekerjaan siswa individu; siswa korespondensi datang ke sekolah sekitar dua kali sebulan; pada malam hari berupa dibuat untuk menghadiri kuliah lima kali seminggu, mulai dari 16 jam; terjemahan externship jenis dilakukan dengan mengirimkan dokumen yang relevan, di mana Anda harus menentukan alasan, menurut yang siswa ingin belajar secara eksternal.
Proses pendidikan dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip, sistem Bologna. sama, seperti di negara-negara Eropa lainnya, awal tahun akademik di universitas-universitas di Polandia memiliki dua istilah - penerimaan pertama dokumen untuk masuk berlangsung pada periode sampai dengan 30 September, kedua - up 26 Februari (bukan sekali setahun). 
Proses pendidikan terdiri dari bentuk-bentuk berikut aktivitas:

  • mengunjungi kuliah; 
  • lokakarya; 
  • Praktis dan laboratorium kelas
Dalam kasus ini, jika seorang siswa tidak lulus ujian dalam waktu (sesi diadakan dua kali setahun), dengan alasan yang baik, ia dapat mengandalkan kemungkinan mengulangi pada sesi berikutnya. Jika Anda tidak memasukkan seluruh sesi, itu menimbulkan pertanyaan tentang pemberhentian dari institusi pendidikan tinggi dengan hak pemulihan selanjutnya. Polandia agak mirip dengan Rusia dan Ukraina, siswa sehingga internasional dapat, Hal ini langsung antara penutur asli, cepat belajar pada tingkat awal atau menengah. Biaya berlalunya program pendidikan dalam bahasa Polandia jauh lebih rendah, daripada bahasa Inggris program pelatihan arah yang tepat. Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, pendidikan di universitas Polandia adalah kenikmatan relatif murah.

Sumber: college-hq.com


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar