follow us

Pendidikan di Belanda : Begini Pemerintahannya Membangun Sistem Pendidikan Di Belanda

Pilihan Pembaca

sistem pendidikan belanda

Pendidikan Di Belanda - Belanda berkomitmen untuk pilihan dalam pendidikan Belanda dan Anda akan menemukan sejumlah besar sekolah di Belanda untuk dipertimbangkan saat mendaftarkan anak Anda ke dalam sistem pendidikan Belanda, termasuk sejumlah sekolah internasional yang beberapa juga subsidi. Wajib belajar di Belanda, oleh hukum, berlaku untuk anak-anak dari semua kebangsaan dari 5 sampai 18 tahun yang tinggal di Belanda. 

Anak-anak yang leerplichtig (di bawah kewajiban belajar atau leerplicht Belanda pendidikan) dari usia lima selama 12 tahun pendidikan penuh waktu (sampai 16), ditambah satu atau dua tahun paruh waktu sampai pencapaian diploma (sampai 18). Di Belanda, namun, kebanyakan anak-anak mulai sekolah dasar (basisschool) hari setelah ulang tahun keempat, dengan banyak anak-anak yang transisi dari pengasuhan anak Belanda atau pusat prasekolah, yang kebanyakan orangtua dapat menerima tunjangan Penitipan anak pemerintah.  

Umumnya, sekolah-sekolah di Belanda menawarkan Belanda pendidikan yang berkualitas tinggi. Dalam terkenal global Pisa/OECD (2012) peringkat untuk 15-year-olds, Nederland pendidikan adalah 'di atas rata-rata' matematika (10), dan peringkat 15 untuk membaca dan ilmu pengetahuan, sementara semua 13 didanai negara Universitas Belanda biasanya Skor baik dalam The Times Peringkat Universitas dunia pendidikan yang lebih tinggi. Sebuah laporan Departemen Pendidikan 2017, namun, menemukan bahwa sekolah standar bervariasi dan pilihan sekolah itu secara signifikan dapat mempengaruhi masa depan anak, dengan murid-murid mencetak beberapa 10 – 20 poin persentase kurang pada kunci tes sebagai akibat dari keterampilan yang sama manajemen sekolah dasar dan mengajar, mempengaruhi siswa untuk memasuki fase pendidikan lanjutan di tingkat yang lebih rendah dan menjadikannya mungkin untuk mengejar ketinggalan.

Sistem sekolah Belanda, namun, ini cukup unik dan pilihan dapat membingungkan bagi orang-tua internasional yang baru. Panduan ini untuk sistem pendidikan Belanda menjelaskan segala sesuatu yang Anda perlu untuk memilih dari banyak sekolah-sekolah di Belanda dan mendaftarkan anak Anda ke dalam sistem sekolah Belanda:

Sistem Pendidikan Di Belanda

Belanda adalah di antara dunia atas negara-negara untuk ekuitas di kesempatan pendidikan, yang berarti siapa pun dapat membuka sekolah berdasarkan keyakinan pribadi mereka, mereka memenuhi standar sistem pendidikan Belanda. Selain itu, sekolah-sekolah swasta yang mengikuti prinsip agama atau dikukuhkan tertentu telah menerima dana negara yang sama sebagai sekolah umum sejak tahun 1917. 

Jumlah sekolah dikelola lebih dari dua kali lipat yang umum di Belanda. Pendidikan internasional juga tersedia di Belanda maupun sekolah swasta di Belanda. Delapan belas sekolah Belanda sedang mengikuti program percontohan untuk dwibahasa (Belanda/Inggris) pendidikan, mana mata pelajaran tertentu seperti sejarah, biologi atau musik mengajar hanya dalam bahasa Inggris. Jika Departemen Pendidikan pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa pilot adalah sebuah sukses, jumlah dwibahasa sekolah di Belanda ini diharapkan tumbuh pesat. 

Ada juga beberapa sekolah Belanda yang baru saja diperkenalkan sesuai tema internasional utama kurikulum (IPC). Pada tahun 2013, ada 965 SD di Belanda yang ditawarkan kelas bahasa Inggris, dan 100 lebih lanjut yang diajarkan Jerman, Perancis dan Spanyol. Banyak sekolah juga menggabungkan kelompok satu dan dua (usia empat dan lima). Anak-anak dalam kelompok ini disebut kleuters, dan kelompok yang dikenal sebagai kleuterklas. Dalam kleuterklas fokus pada belajar melalui bermain, keterampilan sosial, baik dan kotor keterampilan motorik, struktur dan bertahap persiapan untuk membaca dan menulis. Membaca dan menulis secara resmi dimulai dalam kelompok tiga (umur enam). 

Dalam setiap kasus, oleh hukum semua sekolah di Belanda diwajibkan untuk memulai mengajar bahasa Inggris sebagai subjek oleh kelompok tujuh (tentang umur 10) yang terbaru. Peningkatan jumlah sekolah, namun, memutuskan untuk memulai Inggris sebelumnya, kadang-kadang bahkan dari kelompok satu. Anda juga dapat menemukan sekolah yang mengajarkan bahasa Perancis, Jerman atau Spanyol.


Sekolah di Belanda: sekolah lokal atau internasional?

Keuangan Anda, lokasi, kebangsaan, usia anak-anak Anda dan berapa lama Anda akan menginap merupakan faktor utama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah sekolah di Belanda. Banyak perusahaan mengganti biaya sekolah internasional sebagai bagian dari paket relokasi, dan penggantian bisa dibebaskan dari pajak penghasilan (meskipun tidak untuk semua sekolah). Sementara remaja mungkin menghargai kelangsungan pendidikan dan sosial yang disediakan oleh sekolah internasional, anak-anak muda mungkin mendapatkan rasa yang lebih besar milik dengan menghadiri sekolah lokal jika Anda berencana untuk tinggal untuk sementara. Dengan belajar Belanda baik mereka akan terhubung ke dunia baru mereka lebih mudah. Anda pasti tidak akan orangtua hanya non-Belanda di Taman Bermain. 

Jika belajar program kurikulum International Primary Curriculum atau International Baccalaureate, anak Anda dapat transisi ke setiap sekolah global yang menawarkan sistem pendidikan yang sama. Jika Anda memilih sebuah sekolah Belanda, anak-anak asing berusia enam dan lebih tua biasanya diperlukan untuk mengikuti program immersion Belanda (schakelklas atau nieuwkomersklas) sebelum memulai pendidikan biasa di Belanda. 

Anak-anak asing yang muda, namun, dapat biasanya mulai di sekolah dasar Belanda biasa atau prasekolah langsung. Belanda umum sekolah peringkat umumnya Survey internasional, namun, perbaikan telah di belakang negara-negara lain. Sebagai contoh, ada penurunan peringkat atas murid.

Biaya sekolah dan biaya  DI Belanda

Negara bebas primer dan sekunder pendidikan di Belanda tersedia untuk semua orang. Orangtua hanya diminta untuk membayar secara sukarela kontribusi untuk aktivitas khusus tertentu dan acara, yang biasanya di bawah EUR 100 per tahun walaupun ini bervariasi antara sekolah. 

Biaya tambahan meliputi perjalanan sekolah yang lebih panjang, pengawasan makan siang (tussenschoolse opvang/overblijven) dan sekolah setelah perawatan (buitenschoolse opvang), yang sekolah menyediakan atau sub kontrak untuk organisasi eksternal Penitipan anak. Sementara siswa berusia 16 menghadiri sekolah gratis, selain sesekali pasokan biaya, siswa antara usia 16 dan 18 membayar biaya sekolah tahunan. 

Siswa dari keluarga berpenghasilan rendah, namun, dapat mengajukan permohonan hibah atau pinjaman antara usia 16 dan 27 sementara di sistem pendidikan Belanda. Ada juga pribadi sekolah dasar dan menengah di Belanda yang tidak pemerintah didanai atau subsidi. Sekolah tersebut biasanya memiliki kelas yang lebih kecil dibandingkan dengan sekolah-sekolah Belanda yang biasa, dan kadang-kadang menawarkan program-program khusus untuk anak-anak yang memiliki kesulitan belajar kecil, untuk contoh dyslexia atau bahasa kesulitan. Biaya bervariasi meskipun biasanya mulai di sekitar 10.000 EUR per tahun.

Jenis-jenis sekolah di Belanda 

Anda akan menemukan sekolah di Belanda di www.scholenlijst.nl, melalui kota Anda website (onderwijs = pendidikan), atau di Expatica's pendidikan channel. 

Sekolah umum (openbare) di Belanda 

Sekolah dikelola negara (non-denominasi) menyediakan pendidikan Belanda sekuler, tetapi mereka juga dapat memberikan pengajaran sekitar tertentu filosofis atau dikukuhkan prinsip (Montessori, Steiner dll). Sekolah umum diatur oleh dewan kotamadya atau badan hukum publik atau Yayasan yang ditetapkan oleh Dewan, dan tergantung pada kondisi sistem sekolah Belanda. 

Sekolah pribadi khusus (bijzondere) di Belanda 

Sekitar dua-pertiga dari semua anak menghadiri sekolah-sekolah swasta yang khusus atau sekolah independen di Belanda. Finansial mereka memiliki status yang sama sebagai sekolah umum openbare, meskipun kebanyakan dari mereka denominasi (Katolik, Protestan, Islam, Yahudi, Hindu, dll), atau mengikuti prinsip-prinsip filsafat tertentu. Sekolah swasta diatur oleh Dewan (yang sering terdiri dari orang tua) atau Yayasan yang mengaturnya. 

Pendidikan di Belanda disubsidi dan pada dasarnya bebas, meskipun semua sekolah meminta sumbangan untuk hal-hal seperti perjalanan sekolah. Sekolah khusus dapat memutuskan sendiri untuk meminta satu set jumlah kontribusi orangtua, tetapi hal ini jarang lebih tinggi dari EUR 800 per tahun. Beberapa sekolah khusus dasar tingkat kontribusi orangtua pada pendapatan rumah tangga orang tua. 

Sekolah internasional di Belanda 

Sekolah internasional di Belanda menyediakan pendidikan bagi siswa global dari setiap negara. Belanda internasional sekolah dasar (DIPS) dan Belanda internasional sekolah menengah (BÉDA) memberikan pendidikan internasional di biaya yang wajar karena subsidi dari pemerintah Belanda. Mereka dirancang untuk keluarga non-Belanda yang tinggal di Belanda untuk waktu yang terbatas, dan keluarga Belanda kembali dari, atau mempersiapkan, tugas luar negeri. Sekolah ini menawarkan Kurikulum International Primary Curriculum (4 hingga 11 tahun), IGCSE (11 sampai 16 tahun), atau International Baccalaureate program dasar (4 hingga 11 tahun) dan tingkat pertengahan tahun (11 sampai 16 tahun). Semua BÉDA mengajar program IB Diploma (16-19 tahun). Kurikulum baru, IBCC, menawarkan alternatif untuk IB-DP tahun (www.ibo.org/ibcc). Lihat daftar sekolah internasional di Belanda. 

Sekolah internasional pribadi di Belanda 

Sekolah-sekolah di Belanda mengajarkan kurikulum internasional (seperti di atas) atau Kurikulum Nasional negara tertentu (misalnya. Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Indonesia, Polandia), kadang-kadang dalam bahasa asli. Fasilitas (kolam renang, lapangan sepak bola) sering spektakuler dibandingkan sekolah Belanda. Baca tentang sekolah internasional di Belanda. Kebutuhan khusus sekolah di Belanda Khusus sekolah swasta (atas) tidak boleh bingung dengan onderwijs speciaal, yang merupakan kebutuhan khusus sekolah di Belanda yang mengajar murid dengan masalah belajar yang lebih parah. Kebijakan 'Sesuai Education' (Passend Onderwijs) nasional, namun, dirancang untuk mengaktifkan dan mendorong anak-anak sebanyak mungkin dengan kesulitan belajar kecil untuk dididik dalam sekolah mainstream. 

kebutuhan khusus layanan di Belanda. 

 Ada sekolah di Belanda untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, tetapi juga kebutuhan khusus guru di sekolah-sekolah Belanda. Sejak tahun 2014, semua sekolah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan setiap anak di bawah 'All inclusive UU', meskipun partisipasi dalam sekolah-sekolah utama di Belanda telah mendorong melalui kebijakan-kebijakan lain selama beberapa tahun. Pendidikan khusus mercusuar adalah salah satu sekolah yang melayani masyarakat internasional dengan kebutuhan khusus anak-anak, memberikan bantuan yang luas dalam bahasa Inggris. Entri adalah oleh arahan. 

IPad sekolah di Belanda 

Sejak tahun 2014, lebih dari 20 disebut 'sekolah Steve Jobs' telah dibuka di Belanda, dipelopori oleh Belanda pengusaha Maurice de Hond. Sekolah yang dibiayai pemerintah ini memberikan anak-anak dengan iPads dan aplikasi pendidikan, yang menggantikan segalanya dari buku-buku untuk papan tulis. Guru bertindak sebagai 'pelatih' untuk membantu siswa yang mengarahkan pembelajaran mereka sendiri.


Pendidikan Dasar Di Belanda (primair onderwijs atau basisonderwijs) 

Pemerintah menetapkan pencapaian sasaran dalam enam bidang kurikulum untuk sistem pendidikan di Belanda: Belanda, Inggris, aritmatika dan matematika, studi sosial dan lingkungan, ekspresi kreatif dan olahraga dan gerakan. 

Ada delapan tahun pendidikan dasar Belanda. Anak-anak ditempatkan di 'Grup 1' atas entri (pada usia empat atau lima), dan memindahkan grup setiap tahun setelah Belanda sekolah hari libur; kelompok usia yang berbeda mungkin karena itu di kelas yang sama tergantung pada ketika setiap anak mulai. Dalam kelompok 8, tahun terakhir sekolah dasar (basisscholen), Semua siswa mengambil 'pusat akhir Test untuk pendidikan dasar' (Centrale Eindtoets Basisonderwijs, dikenal sebagai tes CITO) pada bulan Februari. Ini adalah ujian standar bakat dengan pertanyaan-pertanyaan yang menguji keterampilan bahasa dan pemahaman Belanda, matematika, kemampuan belajar dan (opsional) dunia orientasi, yang merupakan kombinasi dari agama-agama sejarah, geografi, biologi, dan dunia. Semua sekolah dasar diwajibkan untuk mengambil bagian dalam ujian akhir. Sebelum ujian akhir dilakukan, kelompok delapan guru menilai tingkat pendidikan sekolah menengah akan cocok setiap murid terbaik. Mereka mendasarkan rekomendasi mereka pada berbagai faktor, termasuk murid yang Skor tes dari seluruh sekolah karir mereka, kecerdasan, sikap belajar, semangat untuk belajar, kepentingan dan motivasi. Berdasarkan hasil ujian akhir dan pendapat guru, setiap murid mendapat rekomendasi untuk tingkat pendidikan sekolah menengah. Penilaian guru umumnya adalah faktor yang menentukan.


Pendidikan Menengan Di Belanda (voortgezet onderwijs) 

Dari 12 tahun, murid-murid memilih dari diploma kejuruan atau Pra-Universitas berdasarkan kemampuan mereka di bawah sistem pendidikan Belanda. Dalam tahun pertama semua murid belajar mata pelajaran yang sama (untuk tingkat akademik yang berbeda), dikenal sebagai basisvorming, diikuti dengan tahap kedua (dalam fase untuk masuk tweede) di mana siswa memilih profil spesialis. Biasanya sulit untuk mengubah aliran kejuruan, namun pada 2017 pemerintah Belanda mengumumkan mereka akan mempertimbangkan pengujian lagi pada usia 14 mengkaji ulang kemampuan siswa sebelum memasuki tahun ketiga. Ini akan memberikan kesempatan untuk terlambat celana POF atau siswa bekerja keras untuk mengubah aliran pendidikan tinggi, dan membuat lebih kesetaraan dalam sistem pendidikan Belanda. 

VMBO (a lebih empat tahun sekolah) 

Sekolah persiapan untuk pendidikan Belanda sekolah menengah kejuruan; mereka yang mencapai tingkat tertinggi (theoretische leerweg) bisa masuk HAVO studi. Lulusan VMBO harus terus belajar sampai usia 18 atau sampai mereka mendapatkan kualifikasi dasar (minimal MBO tingkat 2). 
Baca lebih lanjut tentang pendidikan kejuruan Belanda. 

MBO: Belanda pendidikan sekolah menengah kejuruan 

MBO program bervariasi dari satu sampai empat tahun tergantung pada tingkat (1-4). Semua program ini menggabungkan pembelajaran praktis di dalam kelas dengan melalui pelatihan. Jika siswa telah berhasil menyelesaikan VMBO Belanda atau sekolah menengah internasional program IGCSE atau IB-MYP, tetapi tidak dapat diterima ke program IB Diploma, MBO dapat mempersiapkan siswa untuk bekerja atau, jika tingkat 4 adalah dicapai, profesional studi (HBO). Sejumlah program-program bahasa Inggris yang ditawarkan. 

HAVO (lima tahun) 

Penddikan mengenah umum belanda. Menyediakan masuk ke pendidikan tinggi profesional (hoger beroepsonderwijs HBO) di 'kejuruan Universitas'. 

VWO (6 tahun) 

Pendidikan Pra-Universitas Belanda. Mempersiapkan siswa untuk studi akademis di Universitas riset (Wetenschappelijk Onderwijs WO). VWO sekolah dapat menjadi athenaeum, gimnasium atau lyceum (kombinasi dari dua yang pertama), perbedaan adalah bahwa Yunani dan Latin adalah mata pelajaran inti dalam program-program gimnasium. 

Bahasa Inggris adalah subjek yang wajib dalam sistem pendidikan menengah Belanda. VMBO murid belajar satu bahasa modern dan HAVO VWO murid setidaknya dua. Daerah inti lainnya termasuk matematika, sejarah, humaniora, seni dan ilmu pengetahuan. Juga di tingkat sekolah menengah, siswa memiliki pilihan antara negara dijalankan atau khusus sekolah swasta. Hanya di bawah ketiga sekolah menengah 659 dijalankan oleh otoritas publik.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar