follow us

Ini 7 Fakta Menarik Kenapa Sistem Pendidikan di Finlandia Terbaik di Dunia

Pilihan Pembaca

7 Fakta Menarik Kenapa  Sistem Pendidikan di Finlandia Terbaik di Dunia



Sistem Pendidikan Finlandia - Finlandia merupakan salah satu negara yang pernah merosot dalam bidang ekonomi. Sehingga penurunan ekonomi di Finlandia, mengakibatkan sistem pendidikan di Finladia tidak semaju negara lainnya. Namun dari keterbelakangan itu, Finlandia tidak pernah putus semangat dalam memajukan perekonomian khususnya dalam pendidikan di Finlandia. Terbukti,  Pendidikan di Finlandia sekarang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Bahkan Finlandia adalah salah satu ikon terbaik dalam sistem pendidikan di dunia hanya dalam 40 tahun.  Apa rahasianya? 

Berikut 7 Rahasia Sistem pendidikan di Finlandia Terbaik di Dunia.

1. Negara yang tidak kaya sumber daya alam, kecuali kayu yang sangat berlimpah. Untuk itu warga sipil memulai reformasi menyeluruh terhadap sistem pendidikan di finlandia pada era 70an abad yang lalu. Dengan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan membangun masyarakat berbasis pengetahuan, mereka berhasil bangkit dari kemiskinan yang terjadi pada abad ke-20.

2. Siswa Finlandia yang pertama pada tahu 2000 dan 2003, sedangkan yang kedua pada tahun 2006 dan 2009 ( dalam hal membaca dan berhitung).

3. Anak-anak Finlandia mulai belajar pada usia 7 tahun dan sebelum mencapai 16 tahun hampir tidak di uji sama sekali. Untuk menjadi seorang guru di Finlandia tidak harus mempunyai title di belakang namanya. Siapa saja bisa menjadi guru.

4. di Finlandia, hampir semua sekolah, termasuk sekolah aalah milik institusi negara. Di beberapa sekolah swasta, murid tidak membayar uang sekolah sepersen pun bahkan tingkat universitas, semuanya di biayai oleh negara. Faktanya, untuk membayar les privat saja dilarang di finlandia, apalagi untuk membayar uang sekolah. Semua pendidikan di biayai oleh negara, sehingga para siswa leluasa dalam belajar. Selain itu siswa mengandalkan transportasi sekolah gratis dan makan di antar ke kelas. dan lebih enakanya lagi siswa menerima peminjaman preferensial yang di danai oleh negara.

5. Guru Finlandia menghabiskan waktu mengajarnya selama 4 jam dalam sehari. Selain itu guru di Finlandia diwajibkan menghabiskan waktu 2 jam dalam seminggu untuk meningkatkan keteramilan dan kompetensinya. Tahun ajaran di Finlandi di mulai pada bulan agustus sampai dengan bulan mei

6. Di Sekolah-sekolah  Finlandia, . tidak ada pembagian murid yang mampu maupun yang lemah, terlepas dari mereka untuk belajar dalam kelompokyang sama sekitar 15 orang. semua sekolah di Finlandia menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi. Mungkin karena itulah perbedaan antara tingkat pengetahuan siswa terkuat dan terlemah adalah yang terkecil di dunia. kursus untuk perorangan di mulai pada siswa menengah dan siswa dapat memilih jalan mereka sendiri.

7. Menurut data survei hampir 66% siswa di Finlandia kuliah/ melanjutkan ke perguruan tinggi. inilah kekuatan proporsi tertinggi di Eropa. hampir 93% telah mendapatkan ijazah unversitas. Dalam hal ini tentu Finlandia tak tertandingi di dunia dalam bidang pendidikan.

Dalam ketujuh fakta menarik tentang finlandia, semoga kedepannya indonesia dapat meniru hal positif yang telah di lakukan pemerinath Finlandia untuk mengedepankan pendidikan.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar